idEA ~ Mengenal Asosiasi yang Mewadahi E-commerce di Indonesia

idEA ~ Mengenal Asosiasi yang Mewadahi E-commerce di Indonesia

idea

Indonesia adalah salah satu surga bagi perkembangan bisnis e-commerce. Jumlah penduduk yang banyak dan pemanfaatan teknologi #internet yang semakin meluas adalah faktor yang mendukung perkembangan bisnis e-commerce. Jadi, tidak mengherankan kalau bisnis e-commerce tumbuh subur dengan inovasi dan ide-ide orisinal yang sangat inovatif.

Untuk mendukung perkembangan bisnis #e-commerce di Indonesia, dibutuhkan suatu organisasi untuk mewadahi hubungan antar para pelaku bisnis e-commerce. Alasan inilah yang kemudian melandasi dibentuknya idEA.

Apa Itu idEA?

idEA adalah singkatan dari Indonesia E-commerce Association atau Asosiasi E-commerce Indonesia. idEA didirikan dengan tujuan untuk mewadahi hubungan dan komunikasi yang efektfi bagi para pelaku bisnis e-commerce di Indonesia. Selain itu, idEA juga menjadi salah satu organisasi yang mendukung komunikasi dengan pihak pemerintah dalam hal regulasi terkait dengan kepentingan industri. Sehingga diharapkan kondisi bisnis e-commerce di Indonesia bisa berkembang secara maksimal dan mendapat dukungan dari pemerintah.

Resmi didirikan pada Mei 2012, ada 10 bisnis e-commerce besar yang menjadi tim penggagas idEA, diantaranya yaitu Blibli.com, Berniaga.com, Bhinneka.com, DealGoing.com, Kaskus.co.id, Multiply.com, Gramedia.com, Plasa.com, TokoBagus.com (Olx) dan Tokopedia.com.

Artikel lain: 3 Isu Yang Harus Dihadapi Bisnis eCommerce Indonesia di Tahun 2015

Tujuan dan Cita-cita yang Diusung idEA

Melalui idEA¸ para pelaku bisnis e-commerce diajak untuk memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomis negara secara efektif melalui bidang e-commerce. Sebagai rencana jangka panjang, idEA bercita-cita menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi berbasis digital terbesar di Asia Tenggara.

Meskipun keberadaan ahli e-commerce di Indonesia masih sangat sedikit, namun hal tersebut berupaya diwujudkan melalui serangkaian kegiatan dan proses edukasi tentang bisnis e-commerce bagi masyarakat.

Mengapa Pelaku Bisnis E-commerce Harus Menjadi Anggota idEA?

Dengan sejumlah cita-cita yang berusaha diwujudkan oleh idEA, maka tentu tidak ada alasan lagi bagi para pelaku bisnis e-commerce di Indonesia untuk tidak bergabung menjadi anggota idEA. Melalui idEA, maka para pelaku bisnis e-commerce akan memperoleh sejumlah manfaat berikut ini :

  • Menjadi prioritas dalam hal akselerasi keputusan tentang regulasi pengembangan industri
  • Mendapatkan update informasi terbaru tentang perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia
  • Memperoleh informasi mengenai asosiasi baik di tingkat regional maupun internasional
  • Anggota idEA berhak mengikuti seluruh acara seputar edukasi, pelatihan atau pameran yang diadakan oleh idEA serta mitra idEAlainnya
  • Berkesempatan untuk menjalin hubungan dan memperluas jaringan kerjasama dengan sejumlah pelaku bisnis e-commerce lainnya di Indonesia

Sejumlah kegiatan yang Digagas oleh idEA

Demi mewujudkan perkembangan bisnis e-commerce secara kondusif di Indonesia, sejak tahun 2012 idEA mulai mengadakan sejumlah event yang berkaitan dengan dunia e-commerce maupun ketenagakerjaan. Sejumlah event pameran, workshop, seminar UKM, Job Fair, studi kasus serta event besar lainnya diadakan untuk memajukan bisnis e-commerce dari berbagai sektor pendukung.

idEA menyadari bahwa perkembangan bisnis e-commerce bukan hanya sekedar bertumpu pada inovasi digital, namun juga harus memperhatikan faktor penting lainnya seperti kualitas SDM dan dukungan dari sejumlah sektor bisnis kecil lainnya. Dengan demikian, kerjasama dan proses edukasi yang efektif harus terus dilakukan untuk mendukung kemajuan bisnis e-commerce di Indonesia.

Baca juga: Pemerintah Segera Rilis Roadmap E-commerce Guna Mendukung Jual Beli Online Tanah Air

idEA Mendapat Dukungan dari Banyak Pihak

Didirikannya idEA sebagai salah satu sarana komunikasi antar para pelaku bisnis e-commerce di Indonesia rupanya mendapat dukungan dari banyak pihak. Organisasi yang didirikan dengan sejumlah pertimbangan matang ini diharapkan menjadi salah satu kekuatan yang mampu membawa sektor bisnis e-commerce Indonesia untuk bersaing hingga ke sektor e-commerce tingkat dunia.

Proses pengenalan dan edukasi mengenai bisnis ­e-commerce kepada seluruh masyarakat Indonesia memang menjadi hal penting yang melatarbelakangi perkembangan bisnis ­e-commerce. Setelah sebagian besar masyarakat Indonesia mengenal dan memahami konsep bisnis e-commerce, maka peluang untuk berinovasi dan diterima oleh masyarakat akan menjadi lebih besar. Dukungan tersebut yang nantinya menggerakkan kreativitas bisnis e-commerce asli Indonesia.

Bangsa sebesar dan sekuat Indonesia tentu mampu memenangkan pertandingan dengan negara lain, termasuk dalam sektor bisnis e-commerce Indonesia. Tidak hanya bisa menjadi pelanggan yang memanfaatkan bisnis e-commerce, kontribusi ide dan kreativitas yang kita berikan juga bisa memajukan bisnis ­e-commerce dan meningkatkan kesejahteraan  semua pihak-pihak yang terlibat didalamnya.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan