Ide Usaha Rumahan Modal Kecil, Kreatif & Ideal untuk di Desa

Ide usaha Rumahan terdiri dari banyak kriteria lho, ada yang kreatif dan ada yang bersandingan dengan modal kecil tapi menghasilkan jutaan. Nah jika sobat sedang mencari ide untuk memulai career baru, tentu bisnis adalah pilihan terbaik.

Memilih ide usaha rumahan di desa atau di kota pada dasarnya sama saja. Keduanya saling menguntungkan, dan ini sangat baik untuk sobat yang tidak lagi bekerja di kantor.

Bahkan usaha rumahan yang tidak ada matinya dapat sobat pilih sebagai pendapatan pasif income alternatif yang dapat bermanfaat untuk mengembangkan keuangan tanpa batasan waktu. Dengan begitu, semua tuntutan ekonomi akan terpenuhi.

Justru yang perlu sobat pahami adalah “Bagaimana menerapkan strategi yang tepat agar bisnis yang sobat pilih sanggup menghasilkan banyak keuntungan”.

Meskipun menguasai strategi bisnis adalah bagian terpenting yang tidak boleh terlewatkan, memahami semua ide bisnis rumahan modal kecil juga merupakan proses awal sebelum sobat beralih ke pekerjaan baru. Jadi, sebaiknya evaluasi kembali semua saran dari Maxmanroe.com berikut ini!

Kriteria Ide Usaha Rumahan Terbaik

usaha rumahan terbaik

Konsep mereka adalah, menjalankan bisnis tentu saja membutuhkan modal dan strategi semata. Mereka melupakan standar kriteria bisnis tertentu yang ada saat ini.

Padahal mengetahui kebutuhan bisnis secara efektif akan mengurangi resik0 di masa depan. Dan bahkan modal untuk membuka usaha pun akan lebih teroptimasi dengan baik.

Untuk menjawab dilema ini, saya harap sobat tidak terlalu berambisi meskipun memiliki kekayaan yang banyak. Namun cermati juga kriteria ​bisnis berikut sebelum memilih ide usaha rumahan yang sebenarnya bagus untuk dikejar!

Usaha Rumahan Modal Kecil

Usaha Rumahan Modal Kecil

Berbicara tentang bisnis, tidak hanya orang kaya yang dapat memulai career ini. Tetapi bahkan orang-orang berpenghasilan rendah dapat mengoperasikannya kapan saja.

Saat ini banyak sekali jenis usaha yang tidak membutuhkan banyak modal, lho. Beberapa jenis usaha tersebut masuk dalam kategori kuliner dan budidaya, termasuk:

1. Jualan Cemilan atau makanan Ringan

Makanan ringan umumnya merupakan salah satu usaha yang biasa dilakukan oleh individu yang sudah berkeluarga, misalnya ibu-ibu. Alhasil, bisnis ini pun masuk dalam daftar usaha rumahan ibu rumah tangga yang sangat menjanjikan.

Hal ini dikarenakan setiap orang tidak lepas dari aktivitasnya yang selalu mengkonsumsi jajanan setiap saat. Jadi, sobat sukses dapat memilih untuk mengawali career sebagai penjual makanan ringan ini jika modal yang sobat miliki terbilang sangat minim.

2. Warung Kopi

Saat ini, kopi sudah menjadi minuman yang biasa tersaji setiap hari dan banyak pria yang menyukai-nya, terutama mereka yang sering begadang hingga larut malam. Sekalipun keberadaan kafe relatif luas, Warung kopi tetap menjadi andalan bagi banyak orang.

Alasan utama mengapa banyak orang tertarik untuk membeli di Warung kopi adalah karena harganya yang lebih terjangkau, dan lokasinya dapat ditemukan di setiap sudut kota atau desa.

Berbicara mengenai profitabilitas, sektor warung kopi jelas cukup menjanjikan. Untuk setiap 1 cangkir kopi, sobat dapat mengambil keuntungan sebesar Rp.2.000,00 bahkan sampai Rp.4.000,00 Sangat menjanjikan bukan.

3. Budidaya Kroto

Kroto merupakan pakan burung kicau yang setiap tahun permintaannya terus meningkat. Sementara jumlah budidaya di Indonesia hingga saat ini masih relatif terbatas sehingga harganya selangit.

Satu kilogram (kg) kroto bersih dipasarkan mulai dari Rp.300.000,00 hingga Rp.350.000,00 dan diprediksi harganya akan terus naik karena budidaya masih rendah.

Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan dengan meluncurkan usaha rumahan budidaya kroto ini lho. Berbekal gudang kosong dan sepuluh (10) toples koloni semut rangrang, Sobat sudah bisa memulai usaha ini dengan modal yang bisa dibilang hanya satu juta rupiahan saja.

4. Fried Chicken

Ayam Goreng ala Kentucky (Fried Chicken), adalah salah satu ide bisnis terbaik yang dapat sobat pilih dengan mengandalkan modal kecil. Meskipun usaha ini tampak sepele, imbalan dari bisnis ini juga sangat menjanjikan lho.

Berawal dari penggunaan gerobak, sobat bisa mulai menjajakan Ayam goreng ala Kentucky ini di teras rumah atau di dekat Alfamaret atau bisa juga di tempat yang sebenarnya dianggap menguntungkan.

Jika Sobat termasuk dalam daftar orang yang beruntung, dagangan Sobat akan menjadi langganan pesanan banyak orang, lho. Hal ini tidak terlepas dari sajian ayam goreng yang bisa disajikan kapan saja.

Beberapa perayaan ulang tahun misalnya. Banyak orang menggunakan Fried Chicken sebagai makanan khusus untuk acara tersebut. Di satu sisi, rasanya yang gurih membuat Ayam Goreng satu ini menarik banyak peminat.

Agar usaha ini lebih mengundang minat, berikan nama yang unik, Chicken Day misalnya. Manfaat lain dari pemberian nama ini yaitu, bisnis sobat akan lebih di kenal.

Usaha Rumahan yang lagi trend 2022

Usaha Rumahan yang lagi trend 2022
ilustrasi gambar: Mokapos.com

Jika memilih konsep bisnis yang merupakan impian para pengusaha di tahun 2022 ini, maka ada banyak jenis bidang usaha yang bisa sobat tentukan sendiri, antara lain:

1. Bisnis Dropship

Dropship saat ini menjadi satu-satunya bisnis alternatif bagi banyak individu di era digital. Mengingat COVID-19 yang masih menjamur di banyak lokasi, tentunya bisnis ini cukup potensial.

Tidak memandang dari usia atau kaum elit, idealnya usaha Dropship dapat dijalankan oleh siapa saja, termasuk pelajar, karyawan, atau bahkan Ibu rumah tangga.

Dropship sendiri merupakan upaya menjual suatu produk yang hampir tidak membutuhkan modal besar. Dengan berfokus pada pendekatan soft selling, semua orang bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Caranya, sobat perlu mencari agen atau rekanan penjual yang benar-benar bisa dipercaya. Kemudian manfaatkan semua akun media sosial sendiri.

Selanjutnya, gunakan smartphone atau perangkat lain untuk mengiklankannya sebagai salah satu strategi soft selling yang paling dapat diandalkan.

Fokus utama dalam mengoperasikan usaha rumahan Dropship adalah:

  • Berkolaborasi dengan merchant atau agen produk.
  • Memiliki koneksi internet yang handal.
  • Terhubung dengan berbagai akun media sosial.
  • Menuangkan taktik copywriting untuk untuk mengembangkan item yang dapat menghasilkan leading.

2. Marketing Afiliasi

Baru-baru ini, netiz3n mengklaim bahwa dirinya melihat tautan afiliasi yang merujuk ke platform Shopee. Sekalipun tidak ada pihak yang dirugikan dengan adanya embedding link afiliasi di situs tersebut, Facebook misalnya, banyak yang mempermasalahkan hal ini.

Namun bagi Sobat yang ingin mengelola bisnis ini, jangan berkecil hati dengan banyaknya hujat4n di berbagai media sosial. Tetaplah berpikir optimis dan jalankan metode pemasaran agar bisa menciptakan transaksi pembelian.

Dari transaksi melalui link afiliasi, sobat akan mendapatkan komisi sesuai dengan kriteria program yang sobat ikuti. Besarnya komisi biasanya di hitung dalam persentase (%) dan komisi tambahan.

Modal yang sobat perlukan sama seperti halnya bisnis Dropship. Hanya saja, Afiliasi lebih mudah dipahami dan dioperasikan dari pada Dropship.

Usaha rumahan modal Lima Puluh Ribuan (Rp.50.000,00)

Usaha rumahan modal 50 ribu

Siapa sangka jumlah uang yang hanya Rp.50.000,00 bisa menghasilkan banyak keuntungan. Saya yakin, sobat belum mengetahui keberadaan usaha rumahan yang bisa diawali dengan modal minim ini. Bukankah itu benar? Lalu apa saja macam-macam Ide Usaha Rumahan modal 50 ribu tersebut?

1. Jual Pulsa dan Paket Data

Jika sobat memiliki uang sebesar Rp.50.000,00 coba investasikan ke aplikasi Dana. Dari sini, sobat bisa membuka usaha jualan berbagai kebutuhan pulsa, termasuk:

  • Paket SMS.
  • Paket Data.
  • dan bahkan Kuota Internet yang memiliki banyak varian.

Bicara soal keuntungan, tentu sangat rendah. Tapi tunggu dulu, “Dikatakan rendah jika di hitung per transaksi”. Sekarang coba kalikan dengan beberapa transaksi! Maka keuntungannya akan menjadi lebih besar.

Ketika usaha ini sudah berjalan, sobat bisa menyisihkan keuntungan untuk membuatnya agar lebih besar lagi. Syukur-syukur bisa membuka konter pulsa.

2. Jual Gorengan

Jika sobat adalah golongan Ibu rumah tangga yang gemar mengolah tempe, tahu dan bakwan, tidak ada salahnya jika menjajalkan hasil gorengan tersebut kepada tetangga.

Sebagai awalan bisnis kecil-kecilan, sobat bisa menginvestasikan uang 50 ribu untuk menjalankan bisnis rumahan satu ini. Keuntungan yang akan sobat peroleh tentu berlipat terhitung per produk dan dikalikan secara keseluruhan.

3. Jual Sosis Bakar

Selain gorengan, membuka usaha sosis bakar juga bisa menjadi alternatif bisnis yang tak membutuhkan banyak modal lho. Hanya dengan berbekal 50 ribu saja, sobat bisa membukanya di teras rumah.

Target pelanggan untuk bisnis ini adalah anak-anak dan remaja. Selanjutnya, apabila sobat sudah memiliki cukup modal, kembangkan usaha rumahan satu ini untuk meningkatkan potensialnya.

Ide Usaha Rumahan Kreatif

Ide Usaha Rumahan Kreatif
ilustrasi gambar: Merchant.id

Pernahkah sobat memikirkan tentang ide usaha rumahan yang benar-benar dapat mengisnpirasi banyak orang? Saya yakin, sobat tak pernah memikirkan hal ini sebelumnya bahkan tak mengetahui apa saja jenisnya.

Padahal jika sobat mengetahui adanya usaha yang berkriteria kreatif ini, maka usaha yang sobat pilih akan minim kompetitor. Dengan begitu, potensial keuntungan pun akan lebih terarah.

Rekomendasi maxmamroe, pilihlah salah satu bisnis berikut ini! Walaupun membutuhkan modal besar, keuntungan-nya lebih menjanjikan daripada jenis usaha yang sifatnya pasaran.

1. Produksi Kerajinan

Contoh paling sederhana yang merujuk dalam bisnis rumahan yaitu, “Kerajinan Stik Eskrim“. Hasil kerajinan ini sudah mulai di jual ke berbagai marketplace lho, termasuk: Tokopedia, Shopee, dan bahkan Lazada.

Modalnya tidak terlalu besar. Selain itu, konsep usaha ini tergolong masih minim sehingga menuai banyak keuntungan.

2. Catering Sehat

Maksud dari ide usaha rumahan ini yaitu, bisnis yang menawarkan pilihan menu untuk orang-orang yang mengikuti program diet. Meski terdengar biasa, masyarakat terutama ibu-ibu dan pekerja kantoran sangat membutuhkan sajian dari Catering (katering) sehat lho. Jadi, silahkan awali career mu dengan menekuni usaha ini.

Ide Usaha Rumahan Modal kecil, Kreatif, Omset Jutaan Yang lagi Trend 2022

Ide Usaha Rumahan Modal kecil, Kreatif, Omset Jutaan Yang lagi Trend 2022

Dari banyaknya kriteria bisnis di atas, maka sobat bisa memilih salah satu ide usaha rumahan berikut:

  1. Jualan Cemilan atau makanan Ringan. Sobat bisa menjajakan keripik, dan aneka jajanan lainnya.
  2. Warung Kopi. Coba sediakan berbagai jenis minuman khas dengan kopi dan gorengan.
  3. Budidaya Kroto. Jika lokasi sekitar terdapat beberapa orang yang memelihara burung kicau, coba jalankan bisnis kroto ini.
  4. Fried Chicken. Lebih cocok jika sobat tinggal di dekat jalan atau di wilayah strategis.
  5. Bisnis Dropship. Usaha ini saling membutuhkan kepercayaan.
  6. Marketing Afiliasi. Ini adalah ide usaha rumahan yang benar-benar tidak membutuhkan modal.
  7. Jual Pulsa dan Paket Data. Manfaatkan aplikasi Dana untuk memulainya.
  8. Jual Sosis bakar. Targetkan dagangan ini ke anak-anak atau remaja.
  9. Produksi Kerajinan. Contoh sederhan yang laku keras yaitu Kerajinan dari Stik eskrim.
Larry Max

Media Bisnis Online

Leave a Comment