Ide Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Paling Menjanjikan

Apakah sedang mencari usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang benar-benar menjanjikan, tetapi belum memiliki gambaran tentang profesinya? Tenang, Maxmanroe.com memiliki beberapa sindiran nih. Jadi sobat tidak perlu bingung lagi, cukup pilih salah satu dari daftar kemungkinan yang sudah saya sajikan.

Sebagai orang yang sudah menikah, mencari sumber penghasilan baru memang sangat penting. Terutama bagi ibu-ibu yang memiliki cita-cita untuk meningkatkan ekonomi namun tidak ingin keluar rumah.

Keputusan ini adalah ide terbaik yang harus sobat adopsi ya, karena selain menjalankan usaha, tugas rumah pun tidak akan terbengkalai.

Menanggapi hal ini, ada berbagai kemungkinan yang dapat sobat pilih—misalnya, dimulai dengan usaha kecil untuk mengurangi kerugian.

Tetapi apakah Sobat sudah mengidentifikasi opsi bisnis rumahan yang tepat dan prospektif untuk dikejar? Jika Sobat tidak memiliki referensi untuk jenis usaha yang ingin Sobat pilih, coba pertimbangkan referensi berikut!

Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

 

Saat mencari peluang usaha, Sobat harus mengidentifikasinya dengan kriteria jenisnya terlebih dahulu. Termasuk, “Apakah bisnis yang Sobat cari adalah bisnis sampingan atau mungkin bisnis pokok”. Jika sudah menentukannya, sobat bisa memilih salah satu usaha rumahan berikut:

1. Penjahit

1. Penjahit
ilustrasi gambar: Hipwe.com

Pernahkah berpikir untuk membuka usaha Tailor sebelumnya? Jika sobat memiliki kompetensi dalam hal ini, tentu tidak ada salahnya untuk mencobanya, lho. Kenyataannya, usaha semacam ini cukup menjanjikan jika tidak ada orang lain di sekitarnya yang membuka bisnis ini.

Apalagi modal yang akan sobat butuhkan tidak terlalu besar. Hanya dengan 1 mesin jahit dan aksesorisnya saja, sobat sudah bisa mulai menjalankan bisnis ini lho.

Memang, bisnis menjadi penjahit tidak terlalu menguntungkan, tetapi ini hanya berlaku untuk hari-hari biasa. Solusinya, sobat bisa menutupnya dengan mengubahnya menjadi tukang permak baju.

Meski terlihat cukup rendahan, keuntungan profesi ini sangat besar lho dan bahkan banyak orang sekitar yang membutuhkannya. Hal ini akibat ukuran baju baru yang terkadang tidak sesuai dengan ukuran fisik seseorang, sehingga membutuhkan penjahit.

Sementara itu, puncak keuntungan terbesar dari binis penjahit ini sering terjadi menjelang lebaran atau bahkan tahun ajaran baru. Jadi, sobat harus siap menghadapi permintaan besar dari klien untuk karir ini.

2. Katering

2. Katering
ilustrasi gambar: Bandungcatering.com

Orang yang terus disibukkan dengan pekerjaan, seringkali membuat pola makannya tidak menentu. Hal ini tidak terlepas dari waktu luang yang mereka miliki, sehingga tak bisa membuat makanan sendiri. Akibatnya, untuk memperbaiki kebiasaan pola makan mereka yang tidak konsisten, mereka memilih untuk memesannya melalui katering.

Jika Sobat saat ini berdomisili di kota besar, tak ada salahnya memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka usaha catering, lho. Sobat dapat menargetkan pasar untuk siswa tertentu dan bahkan pekerja, karyawan misalnya.

Berbekal skill kuliner dan modal yang bisa Sobat cicil, maka bisa memulainya dari sekarang. Rekomendasi saya, cobalah untuk menciptakan masakan yang inspiratif dan tentunya memiliki kualitas rasa yang baik.

Selanjutnya, untuk meningkatkan omzet penjualan, Sobat dapat menggunakan pendekatan soft selling dengan memanfaatkan banyak media sosial.

Jika uang yang Sobat miliki terlalu sedikit, maka Sobat tidak perlu berpromosi ke Google Adwords, tetapi hanya mempromosikannya melalui beberapa grup saja sudah cukup.

3. Laundry

3. Laundry
ilustrasi gambar: news.ralali.com

Punya mesin cuci sendiri di rumah? Jangan biarkan menganggur terlalu lama ya Sob. Gadget ini bisa Sobat manfaatkan untuk mendirikan bisnis baru lho, yang tentunya bisa menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Namun, sobat harus sadar bahwa usaha rumahan untuk ibu rumah tangga ini tidak dapat dikesampingkan dengan pekerjaan lain. Pasalnya, ada berbagai penyelesaian yang harus Sobat kerjakan.

Tidak hanya mencuci dan mengeringkannya saja, pakaian juga perlu digosok kemudian dikemas dengan melengkapi label sesuai nama pelanggan.

Jika bisnis Sobat masih tergolong skala kecil, maka modal yang Sobat butuhkan tidak terlalu signifikan. Justru suatu saat bisa berkembang lebih besar lagi jika Sobat berhasil mengidentifikasi pasar untuk jenis usaha satu ini.

Mulailah dengan menargetkan usaha ini ke tetangga. Jika Sobat tinggal di kota, seringkali banyak tetangga yang membutuhkan layanan jasa laundry ini lho. Jadi, manfaatkan peluang ini semaksimal mungkin.

Sementara itu, Sobat juga dapat menyediakan berbagai bundel yang berbeda termasuk:

  • Cuci + kering.
  • Cuci + Kering.
  • Cuci + Rapi dan Wangi.

Tentu saja Sobat boleh memberikan harga yang bervariasi, tetapi jangan berlebihan atau mahal. Sementara itu, untuk membangun usaha ini agar lebih dikenal orang, sobat dapat mempelajari Tips Memulai Usaha Laundry Kiloan Dari Awal Hingga Sukses ini. Kuncinya yaitu, sobat perlu berusaha memberikan layanan terbaik untuk setiap klien.

4. Toko Kelontong

4. Toko Kelontong
ilustrasi gambar: siapbisnis.net

Usaha toko kelontong, salah satu ide bisnis yang sampai detik ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap ibu rumah tangga. Mereka menganggap bahwa usaha satu ini masuk dalam daftar usaha sampingan yang tak pernah ada matinya lho.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Sobat bisa menjalankan usaha ini sembari menyelesaikan berbagai tugas pokok di rumah.

Misalkan, ketika pembeli datang, sobat bisa melayani mereka. Mungkin butuh waktu beberapa menit saja untuk melayani customers, terkecuali banyak yang membelinya.

Ketika tidak ada pembeli di waktu tertentu, maka sobat bisa mencuci piring, atau bahkan bisa pula memasak. Atau jika punya anak kecil, sobat bisa sembari mengasuh si kecil.

Dikatakan sebagai tidak ada matinya karena memang toko kelontong ini menjual beragam kebutuhan sehari-hari. Misalkan: Telut, beras, bumbu sachet dan produk siap saji dan jajanan anak-anak lainnya.

Namun sebelum memulai usaha toko kelontong, sebaiknya kenali terlebih dahulu kebutuhan pokok orang-orang sekitar. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi terjadinya pengendapan produk dan membuatnya Expired.

5. Potong rambut

5. Potong rambut Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga
ilustrasi gambar: seputarsemarang.com

Jasa potong rambut seringkali menjadi solusi bagi kebanyakan orang yang tidak memiliki cukup uang untuk pergi ke salon. Biasanya didominasi oleh sebagian besar laki-laki. Baik itu di pedesaan atau di kota metropolitan. Mereka masih membutuhkan layanan potong rambut yang biayanya lebih murah.

Jika Sobat memiliki skill, tidak ada salahnya mencoba profesi ini. Sobat dapat menjadikannya sebagai bisnis rumahan yang benar-benar dibutuhkan oleh banyak orang.

Bukan hanya orang dewasa yang akan menjadi klien. Ketika Sobat memilih untuk membukanya, orang-orang dari segala usia akan dengan cepat menjadi pelanggan. Apalagi jika hasilnya memuaskan, maka mereka tidak akan ragu untuk kembali lagi.

Dengan begitu, usaha rumahan untuk ibu rumah tangga ini menjadi salah satu bisnis yang benar-benar menjanjikan. Tidak hanya untuk sementara waktu saja, tetapi untuk saat ini dan juga untuk masa depan.

Kesimpulan

Jika Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga yang sobat cari berkriteria sampingan, tentu membuka toko kelontong adalah solusinya. Namun apabila usaha tersebut berkriteria mencakup semua usia dan dicari banyak orang, potong rambut merupakan salah satunya. Silahkan tentukan sendiri.

Larry Max

Media Bisnis Online

Leave a Comment