Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya

Pernahkah anda berfikir untuk mencari Ide Usaha rumahan yang tidak ada matinya ?, jika anda memikirkan hal tersebut berarti anda sudah memulai untuk berbisnis.

Memiliki usaha dirumah tentunya akan sangat membantu perekonomian, apalagi kita sambil berkerja diluar.

Bisnis dari rumah jangan anda anggap sepele, bisa saja bisnis yang dijalankan di rumah namun pendapatannya jauh lebih besar dibandingkan berkerja di kantor.

Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya Dan Banyak Pelanggan

Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya

Saya sendiri ketika baru merintis usaha dirumah, banyak ejekan dan banyak yang menyepelehkan, tapi sekarang orang-orang yang menyepelehkan tersebut malah mendirikan usaha yang sama dengan usaha saya, hal itu dikarenakan mereka melihat usaha saya semakin berkembang.

Selagi kita mau berusaha, dimanapun tempatnya dan apapun usahanya jika dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti akan berhasil.

Modal Usaha Rumahan

Jangan beranggapan bahwa untuk memulai usaha rumahan itu harus memiliki modal yang besar, karena jika anda beranggapan seperti itu maka sama saja anda menunda-nunda untuk memulai.

Berapapun modal yang anda miliki sekarang ini sudah cukup untuk mulai membangun usaha dirumah, asalkan anda tidak gengsi jika dilihat tetangga barang dagangan anda hanya sedikit.

Saya rasa untuk memulai mendirikan usaha tidak perlu menghabiskan semua uang untuk usaha tersebut, karena pastinya usaha yang baru di jalankan tentunya belum memiliki pelanggan, jadi sediakan sedikit uang ditabungan anda untuk berjaga-jaga jika usaha yang dijalankan masih sepi pelanggan.

Setidaknya walaupun sepi pelanggan namun kita tidak menggunakan modal usaha untuk biaya hidup.

Faktor Keberhasilan Usaha

Semua jenis usaha pasti memiliki resiko, namun kita bisa meminimalisir resiko dari usaha yang kita jalankan.

Ada beberapa faktor penting yang bisa menunjang keberhasilan sebuah usaha, terutama usaha rumahan.

  1. Ramah Terhadap Pelanggan – Hal yang paling utama yang harus anda lakukan adalah bersikap baik kepada pelanggan. Pelanggan adalah Raja, meski ada pelanggan yang tidak kita sukai,tetaplah ramah dan sopan kepadanya.
  2. Perhatikan Pesaing – Perhatikan pesaing yang saya maksut bukan selalu memantau aktifitas pesaing, melainkan anda harus mengetahui harga jual dari pesaing, jangan sampai harga jual anda lebih tinggi dari pesaing anda.
  3. Tegas Dan Tidak Pandang Bulu – Buat ketentuan yang tegas dan ketentuan tersebut berlaku untuk siapapun, misalnya tidak boleh Kasbon. Salah satu yang membuat usaha rumahan sulit berkembang adalah karena tetangga-tetangga yang suka Kasbon atau ambil barang dulu bayarnya belakangan.
  4. Jual Produk Lengkap – Pastikan anda menjual produk yang lengkap, misalnya anda menjual produk sembako, pastikan semua produk sembako lengkap, tidak perlu stock banyak produk yang sama.

Faktor Kegagalan Usaha

Seperti yang sudah saya singgung di atas, bahwa semua usaha itu meliki resiko untuk gagal, berikut adalah beberapa faktor atau penyebab yang akan membuat usaha anda gagal.

  1. Tidak Pandai Mengatur Keuangan – Pertama yang harus anda pelajari adalah mengatur keuangan, jangan sampai uang yang keluar lebih besar dari pada pemasukan harian.
  2. Tetangga Yang Suka Kasbon – Tidak bisa dipungkiri bahwa yang namanya usaha berjualan pastinya tidak bisa di hindari dari orang-orang yang suka hutang, oleh sebab itu buatlah aturan tidak boleh hutang dan di tempel di depan usaha anda, awal-awalnya anda akan di anggap jahat, namun lama kelamaan pasti sudah menjadi biasa-biasa saja.
  3. Tidak Punya Tabungan – Jika ingin membuka usaha, pastikan anda masih punya tabungan setelah semua kebutuhan usaha anda terpenuhi, karena biasanya usaha yang dijalankan di awal-awal akan kesulitan, dan bahkan tidak ada uang masuk sama sekali.

Ide Usaha Rumahan Yang Tidak Ada Matinya

Saya sendiri awalnya adalah pekerja kantoran dimana gajinya adalah gaji UMK atau UMR.

Lama kelamaan saya berfikir, jika saya terus berkerja, saya sudah bisa menentukan berapa gaji yang akan saya terima dalam 10 tahun berikutnya, karena kenaikan gaji hanya 1 kali dalam 1 tahun, itupun karena adanya perubahan gaji minimum dari pamerintah.

Biasanya kenaikan gaji hanya kisaran Rp. 100.00 hingga Rp. 300.000 saja, dan tentunya kita sudah dapat menganalisa kehidupan kita beberapa tahun berikutnya.

Hingga pada akhirnya saya memutuskan untuk memulai usaha rumahan. Meski uang yang saya dapat belum sebesar gaji di waktu saya berkerja dulu, tapi setiap bulannya ada peningkatan.

Berdasarkan hal tersebut, saya ingin berbagi kepada anda semua tentang beberapa usaha rumahan yang tidak ada matinya dari dulu hingga sekarang.

1. Jual Sembako

Usaha yang pertama saya rekomendasikan adalah menjual produk sembako.

Semua orang pastinya membutuhkan sembako atau keperluan dapur, karena sembako adalah kebutuhan pokok yang wajib, maka sudah dipastikan orang-orang akan selalu membelinya.

Menjual sembako adalah salah satu usaha rumahan yang tidak ada matinya, karena semua orang membutuhkannya.

Tips Menjual Sembako

Sebelum anda mulai mendirikan usaha jual sembako dirumah, pastikan anda sudah paham beberapa tips menjual sembako di bawah ini.

  1. Jaga Stock Produk – Anda harus bisa menjaga stock produk, terutama untuk produk yang bisa rusak karena masalah waktu, seperti sayur-sayuran.
  2. Sediakan Produk Yang Lengkap – Usahakan semua kebutuhan sembako ada di toko anda, karena biasanya orang akan malas berbelanja jika produk yang mereka cari sering tidak ada, biar sedikit stock asalkan banyak macam produk.
  3. Sediakan Media Pengawet – Kita semua pastinya mengetahui bahwa bahan-bahan sembako pasti tidak tahan lama, oleh sebab itu anda harus menyediakan media pengawet, misalnya Kulkas.

2. Menjual Pulsa, Paket Internet Dan Token PLN

Usaha jual pulsa sekarang ini paling banyak dijalankan, terutama bagi pengusaha rumahan.

Agar bisa membuka usaha Konter Pulsa, anda tidak perlu modal yang besar, yang perlu dipersiapkan adalah tempatnya saja dan hanya modal untuk mengisi saldo di Aplikasi Jual Pulsa.

Karena usaha jual pulsa mudah dijalankan, mungkin saja anda memiliki banyak pesaing, namun anda tidak perlu kuatir, karena disini kami juga akan memberikan beberapa tips untuk usaha jual Pulsa, Paket Internet dan Token PLN.

  1. Gunakan Lebih Dari Satu Aplikasi Jual Pulsa – Aplikasi jual pulsa banyak sekali di Google Playstore, untuk harga mungkin beda-beda tipis, tapi ada beberapa aplikasi yang sering melakukan Promo, jadi gunakan aplikasi jual Pulsa yang sering promo dan gunakan banyak aplikasi sekaligus, karena biasanya jika Promo hanya bisa digunakan beberapa kali saja.
  2. Sering-Sering Mengadakan Event Promo – Apabila di aplikasi ada Promo, anda juga harus memberikan Promo kepada pelanggan, agar pelanggan tertarik berbelanja di Konter Pulsa anda dari pada Konter Pulsa pesaing.

3. Menjual Jasa Atau Keahlian Melalui Online

Apabila anda ingin membangun usaha rumahan yang tidak ada matinya dan anda juga memiliki keahlian yang bisa dikerjakan secara online, maka anda bisa menggunakan keahlian anda tersebut untuk mendapatkan uang.

Misalnya anda ahli dalam Berbahasa Inggris, maka anda bisa menjual jasa Translate dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris atau sebaliknya.

Menjual jasa melalui online sangat menguntungkan, apalagi anda sudah mendapat feedback yang baik dari pelanggan, maka anda akan kebanjiran orderan.

Sebenarnya masih banyak lagi contoh usaha rumahan yang tidak ada matinya ini, seperti yang sudah kami bahas pada artikel Ide Bisnis Online.

Dari ketiga usaha rumahan tersebut, anda bisa saja mencoba ketiganya sekaligus, karena tentunya kita tidak memiliki waktu yang terikat oleh perusahaan, jadi lebih banyak waktu untuk dirumah.

 

Contact Us Maxmanroe

News & Publisher Maxmanroe

Tinggalkan Balasan