Hub Keyboard ~ Aplikasi Keyboard Multitasking Dengan Sejumlah Kemampuan Menarik

Hub Keyboard

Image dari Techloy.com

Mungkin rekan-rekan pernah mengalami pengalaman di mana kita diminta untuk mengirimkan sebuah kontak ketika kita sedang asyik membuka aplikasi tertentu. Meski kadang dengan terpaksa, kita harus keluar dari #aplikasi tersebut dan masuk pada halaman kontak. Baru setelah itu kita bisa menyalin informasi kontak yang diminta, lalu mengirimkannya lewat SMS ataupun aplikasi chatting.

Dari masalah yang terkesan sederhana seperti ini, justru timbul sebuah ide menarik yakni pembuatan aplikasi khusus yang bisa membantu mempermudah proses penyalinan teks secara cepat tanpa harus keluar dari aplikasi yang sedang berjalan. Ide ini ditangkap oleh perusahaan perangkat lunak Microsoft dengan menghadirkan aplikasi terbaru besutannya bernama Hub Keyboard.

Aplikasi yang telah dirilis sejak beberapa waktu yang lalu ini nyatanya mempunyai beberapa kegunaan yang sangat bermanfaat. Selengkapnya tentang aplikasi Hub Keyboard, bisa rekan-rekan simak pada artikel di bawah ini.

Sekilas Tentang Aplikasi Hub Keyboard

Dalam beberapa waktu terakhir, Microsoft memang cukup besar mengeluarkan beberapa aplikasi untuk sistem operasi #Android. Hal ini tidak terlepas dari salah satu sayap perusahaan, Microsoft Garage yang memang mempunyai fokus dalam pengembangan aplikasi-aplikasi mobile.

Dan yang terbaru, Microsoft Garage merilis sebuah aplikasi untuk sistem operasi Android berkonsep keyboard multifungsi bernama Hub Keyboard. Awalnya aplikasi ini diciptakan dari ide dalam event teknologi Hackathon yang digelar beberapa waktu sebelumnya. Dari event tersebut, muncul sebuah gagasan  pembuatan aplikasi untuk menyelesaikan sejumlah masalah sederhana seperti dalam hal copy paste teks, pengiriman informasi kontak serta fitur alih bahasa.

Yang menarik sebelumnya sempat dikabarkan bahwa peluncuran aplikasi Hub Keyboard ini masih berhubungan dengan akuisisi perusahaan yang baru saja dilakukan Microsoft terhadap startup SwiftKey. SwiftKey sendiri memang mempunyai fokus dalam pengembangan teknologi aplikasi pengetikan. Namun dari pihak #Microsoft mengkonfirmasi bahwa hal tersebut sama sekali tidak berhubungan.

Artikel lain: Inilah 5 Aplikasi Android Terpopuler Buatan Anak Negeri Versi Google

Proyek Hub Keyboard murni merupakan ide dan pengembangan dari Microsoft Garage. Dalam proses pengembangannya pun, semua ditangani langsung oleh tim Microsoft Garage tanpa ada campur tangan dari pihak SwiftKey. Namun spekulasi masih bermunculan akan adanya penggabungan teknologi SwiftKey dengan Hub Keyboard nantinya.

Fungsi Aplikasi Hub Keyboard

Secara umum ada empat fungsi utama dari aplikasi Android Hub Keyboard, yakni clipboard, dokumen, kontak dan translate. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya tentang ide penciptaan aplikasi Hub Keyboard, pada dasarnya semua fungsi tersebut difokuskan untuk menyelesaikan beberapa masalah kecil namun seringkali mengganggu para pengguna Android.

1. Fitur Clipboard

Untuk fungsi yang pertama dari aplikasi Hub Keyboard adalah fitur clipboard. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa melakukan copy paste pada teks tertentu dengan lebih mudah dan cepat. Fungsi ini tentunya sangat berguna utamanya untuk menyalin informasi singkat yang terkadang kita butuhkan setiap saat, seperti contohnya alamat, email, memo hingga catatan kecil lain pada perangkat Android kita.




Prosesnya cukup mudah, sebelumnya kita bisa mengkopi catatan tersebut lalu memasukkannya pada aplikasi Hub Keyboard. Dan ketika kita ingin mengambil potongan catatan tersebut, kita bisa langsung masuk pada aplikasi Hub Keyboard tanpa harus keluar dari aplikasi yang sedang berjalan.

2. Fitur dokumen

Fungsi kedua dari aplikasi ini adalah untuk menyalin atau membagikan URL yang tersimpan pada akun OneDrive milik kita secara cepat dan mudah. Bagi rekan-rekan yang sering mengunggah dokumen di akun OneDrive atau SharePoint, terkadang memerlukan untuk mengambil kembali dokumen atau file tersebut. Dengan adanya aplikasi ini, kita bisa mempersingkat waktu pengambilan dokumen hanya melalui beberapa tab saja.

3. Fitur Salin Kontak

Fungsi berikutnya yakni untuk menyalin kontak dan membagikannya lewat SMS atau aplikasi chatting. Seperti yang telah disampaikan di atas, kebutuhan untuk membagikan informasi kontak terkadang bisa datang kapan saja. Saat kita sedang mengakses aplikasi chatting, terkadang ada teman atau saudara yang membutuhkan informasi kontak dari seseorang. Tentu akan cukup merepotkan jika kita harus keluar dari aplikasi chatting, meng-copy informasi kontak lalu baru menyalin dan mengirimkan informasi tersebut.

Dengan Hub Keyboard, tugas tersebut bisa dijalankan dengan lebih mudah. Karena aplikasi ini bisa dibuka tanpa keluar terlebih dahulu dari aplikasi yang sedang berjalan. Selain mempersingkat waktu, tentunya kita bisa lebih mudah membagikan berbagai informasi.

Baca juga: Tips Cara Membeli Aplikasi Android Berbayar dari Google Play Store

4. Fitur Translate

Dan kegunaan yang terakhir dari aplikasi ini adalah untuk menyalin pesan atau catatan ke dalam bahasa lain. Melengkapi beberapa fungsi sebelumnya, kita juga bisa melakukan alih bahasa terhadap catatan yang kita salin dan kita bagikan. Bagi kita yang mempunyai banyak rekan dari berbagai negara, tentunya ini bisa sangat bermanfaat. Selebihnya ada juga fitur autocorrect yang bisa membantu jika ada kesalahan ketika mengetik.

Aplikasi Hub Keyboard saat ini masih hanya berlaku untuk pengguna Android yang ada di kawasan Amerika Serikat. Namun pihak Microsoft menyampaikan bahwa pembukaan aplikasi untuk konsumen global diusahakan dapat dicapai sesegera mungkin.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud