Headphone Sennheiser HE 1 Ini Berharga Spektakuler Rp 730 Juta, Seperti Apa Kelebihannya?

Sennheiser HE 1

Image dari Sennheiser.com

Headphone sejatinya memang merupakan sebuah perangkat tambahan atau pelengkap dari perangkat utama yaitu PC atau ponsel. Maka dari itu tak ayal bila headphone ini memiliki harga yang lebih  murah dari perangkat utamanya. Tapi bagaimana jika ada headphone yang notabene merupakan perangkat tambahan ini memiliki harga jual yang lebih mahal dari perangkat utamanya? Memang ada? Tentu saja ada.

Saya sendiri merasa sangat kaget melihat kabar tentang adanya headphone yang harganya selangit. Ya, saat ini Anda memang bisa mendapatkan headphone dengan harga yang mencapai Rp730 juta. Harga ini tentu saja sangat luar biasa untuk ukuran sebuah headphone yang merupakan perangkat tambahan. Lalu seperti apakah headphone mahal luar biasa yang diketahui bernama Sennheiser HE 1 ini? Berikut ulasannya.

Sejarah Munculnya Sennheiser HE 1

Sennheiser HE 1 memang bukan headphone biasa. Harga selangit yang dimiliki handphone ini tentu saja ada alasan di baliknya. Dari proses pembuatannya,  headphone Sennheiser HE 1 ini sangatlah lama yang mencapai waktu lebih dari satu dekade.

Menurut CEO Sennheiser, Andreas Sennheiser proses produksi Sennheiser HE 1 ini memang beberapa kali mengalami hambatan teknis. Dan salah satu hambatannya adalah karena adanya riset dan diskusi panjang untuk memilih materialnya dan juga penerapan #teknologi tahun lalu yang tidak secanggih zaman sekarang. Sennheiser HE 1 menurut Andreas memang diciptakan dengan sangat cermat dan detail bahkan setiap setiap komponen kecil yang ada pada HE 1 memiliki tujuan yang spesifik.

Artikel lain: Inilah 5 Gadget yang Memiliki Pengaruh Besar Versi Majalah Time




Spesifikasi Sennheiser HE 1

Headphone Sennheiser HE 1 yang diluncurkan pada hari kamis (3 Juli 2016) di Marina Bay Sands, Singapura ini memang memiliki detail spesifikasi yang yang mumupuni. Setidaknya secara keseluruhan ada 6.000 komponen yang menyusun HE 1. Dengan hal ini maka Sennheiser HE 1  dikalim bisa merespons frekuensi yang berkisar dari 8 Hz hingga 100 kHz. Padahal, kemampuan pendengaran manusia hanya bisa merespon frekuensi dari 20 Hz hingga 20 kHZ saja.

Tidak hanya itu Sennheiser HE 1 ini juga dianggap bisa meminimalisir distorsi hingga ke titik pengukuran terendah. Dari sini maka pengguna dianggap akan mampu menikmati suara high-fidelity atau suara yang seakan asli dan natural. Dari sinilah kemudian Sennheiser HE 1 diyakini akan menjadi sebuah perangkat yang mampu menghasilkan output audio terbaik dan sempurna.

Suksesor Orpheus H90 yang Dijual Terbatas

HE 1 sendiri sebenarnya adalah penerus dan suksesor dari Orpheus H90 yang diluncurkan tahun 1991 silam. Dari sini maka bisa dikatakan bahwa Sennheiser memebutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa menghasilkan produk lainnya. Jika dulu Orpheus H90 memiliki harga 16.000 dollar AS atau setara Rp200 juta maka suksesornya yaitu HE 1 dibanderol dengan harga yang lebih mahal yaitu 50.000 euro atau setara Rp730 jutaan.

Untuk persediaan HE 1 sendiri cukup terbatas, sebab setiap tahunnya hanya diproduksi 200 unit. Menurut Andres jumlah HE 1 yang diproduksi terbatas ini dikarenakan pasarnya yang sangat tersegmentasi dan juga karena komponen HE 1 yang dibuat secara handmade dengan kreasi tangan. Dari sinilah maka HE 1 hanya dibuat satu unit per hari dan tidak bisa diproduksi secara besar-besaran.

Baca juga: Inilah 5 Gadget Gahar Sahabat Petualang Alam Liar




Seperti Benar-benar Berada Di Tengah Panggung Konser

Saat dicoba oleh beberapa jurnalis pada waktu peluncuran saat itu, banyak yang menyatakan bahwa HE 1 benar-benar spektakuler. Sebab mereka bisa merasakan suara serti menonton konser di tengah-tengah panggung. Bahkan mereka merasakan seperti ada penyanyi yang melantunkan lagu tepat di depannya yang diiringi dentuman instrumen lainnya dari segala penjuru.

Perangkat yang dilengkapi amplifier tabung dan transistor ini sendiri memiliki penutup telinga (ear cups) yang lebar dan memberikan kesan nyaman. Ketika lagu pertama muncul maka akan ada bunyi yang terdengar natural seakan tanpa perantara headphone. Dan menariknya walau volume diset tinggi, maka tak ada suara yang muncul dengan kesan menusuk telinga.

Bunyi-bunyi dari sebuah lagu yang muncul dari HE 1 ini sendiri terdengar begitu jelas dari setiap alat musiknya. Tak hanya itu pengguna juga bisa merasakan ada suara backing vocal yang terasa seperti berbisik di leher yang membuat merinding.




1 comment on this postSubmit yours
  1. Wah… keren tapi mahal… hehe…
    Saya nyimak dulu…
    Salam,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud