Harapan yang Ingin Diwujudkan Twitter di Tahun 2015

Twitter-di-Tahun-2015

Banyaknya media sosial yang muncul dan menjadi populer di kalangan pengguna internet membuat persaingan semakin ketat. Setiap media sosial harus berlomba-lomba untuk melakukan inovasi dan memperbaharui fitur-fiturnya demi mempertahankan eksistensi dan ketertarikan para pengguna. Salah satu media sosial yang sudah pasti harus berusaha keras mencapai kesuksesan dan mempertahankan eksistensi adalah #Twitter.

Twitter sempat menikmati masa-masa keemasan bersama Wall Street pada 3 bulan pertama setelah go public, dengan nilai saham mencapai US$ 70. Namun hal tersebut tampaknya mulai berakhir sejak Twitter merilis informasi labanya pada Februari 2014. Keadaan saham Twitter turun sebanyak 20% dalam hitungan waktu yang singkat. Agar bisa mempertahankan eksistensi dan popularitasnya, Twitter berharap bisa mewujudkan beberapa hal ini di tahun 2015:

1. Menampilkan The New Twitter

Setelah melakukan berbagai analisis, pihak eksekutif perusahaan Twitter berencana untuk mempercepat peluncuran pengembangan produk dan peluncuran berbagai fitur baru. Twitter juga berencana meluncurkan fitur curated timeline untuk mempermudah para pengguna baru yang ingin mulai mempelajari penggunaan Twitter dan mencari pengguna lainnya untuk di follow.

Tak hanya soal curated timeline, Twitter juga akan mulai memperkenalkan fitur baru lainnya yakni fitur video editing dan sharing. Peningkatan fitur untuk file berformat video ini diharapkan dapat kembali meningkatkan eksistensi Twitter. Karena Twitter juga merasa cukup khawatir dengan perkembangan aplikasi chat yang cukup pesat. Perkembangan aplikasi chat membuat fitur direct messages dari twitter semakin ditinggalkan. Sehingga butuh strategi untuk kembali meningkatkan animo para pengguna internet terhadap Twitter.

Artikel lain: Jenis Konten yang Banyak di Retweet di Twitter

2. Membuat Aplikasi yang Berdiri Sendiri

Belajar dari #Facebook yang berusaha merilis aplikasi secara mandiri untuk memenuhi berbagai case dari kebutuhan para pengguna internet, kini Twitter juga berencana untuk melakukan hal yang sama. Dick Costolo selaku CEO Twitter menyatakan bahwa Twitter berencana untuk merilis aplikasi secara mandiri

Selain belajar dari Facebook, Twitter juga ingin mengadaptasi konsep Vine untuk menghadirkan aplikasi mandiri yang mampu memperbesar animo masyarakat modern terhadap penggunaan Twitter. Untuk menyiapkan inovasi di bidang aplikasi mandiri ini, Twitter masih berusaha menganalisis seperti apa pola kebutuhan masyarakat terhadap media sosial.

3. Executive Shuffles (Perubahan Kepemimpinan)

Perubahan jabatan dan posisi kepemimpinan dipercaya Twitter dapat memberikan nuansa baru dan pengaruh yang positif bagi pergerakan saham maupun perkembangan inovasi dari Twitter. Penempatan CFO baru juga diharapkan mampu memberi angin segar dan menjalin komunikasi yang efektif dengan para investor.

Sedikit berbeda dengan Facebook dan Google, Dick Costolo yang bertindak sebagai CEO Twitter bukanlah pendiri atau pemilik saham besar di Twitter. Keberadaa Dick Costolo yang menjabat sebagai CEO lebih dikarenakan oleh keinginan Wall Street agar Twitter bisa memperoleh suasana kepemimpinan yang baru dan dapat meningkatkan produktivitas dan popularitasnya.

4. Akuisisi

Twitter juga berusaha memperluas jaringannya dengan berbagai langkah akusisi. Beberapa perusahaan yang sudah diakuisisi Twitter antara lain sebuah aplikasi screen lock di Android, perusahaan analisis TV serta beberapa startup bisnis lainnya. Pada periode September 2014, Twitter berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 1.8 milyar yang diperoleh dari utang konversi.

Nilai modal tersebut tentu memberikan Twitter banyak kesempatan untuk melakukan akuisisi di tahun 2015. Meskipun nilai tersebut tentu masih sangat kecil bila dibandingkan dengan nilai modal Facebook dan #Google, namun Twitter tetap optimis untuk bisa mengakuisisi beberapa perusahaan lainnya dan mulai melakukan ekspansi bisnis.




Baca juga: Kunci Optimasi Twitter untuk Bisnis Adalah Bersenang-senang!

Keberhasilan Twitter dalam berinovasi dan mengekspansi bisnisnya tentu akan memberikan kejutan bagi para pengguna Twitter dan pengguna internet lainnya. Semoga inovasi yang dilakukan Twitter bisa menjadi bagian konkret dari perkembangan teknologi  internet secara signifikan. Dan sebagai pengguna, tugas kita adalah memanfaatkan beragam fitur dan inovasi Twitter untuk mewujudkan kehidupan modern yang lebih baik.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud