Kunci Optimasi Twitter untuk Bisnis Adalah Bersenang-senang!

Optimasi-Twitter-untuk-Bisnis

Saya pernah membahas tentang bagaimana cara menggunakan #Twitter untuk kepentingan bisnis Anda, namun kali ini saya senang membahas sedikit lebih dalam lagi. Fokus pada bagaimana kita berinteraksi di Twitter. Ya, fokus di Twitter. Berikut beberapa fungsi penting dari Twitter untuk bisnis Anda:

  • Meningkatkan engagement dengan pelanggan.
  • Membangun personal branding pada produk / jasa Anda.
  • Tentu saja menghasilkan penjualan.
  • Mencapai tujuan dari bisnis kecil yang sedang Anda bangun.

Jadi, mulai dari mana untuk mencapai semua fungsi penting di atas? Mari kita membahas bagaimana berfokus pada Twitter untuk mengembangkan bisnis kecil. Yap! Optimasi Twitter untuk bisnis kecil dengan beberapa saran berikut:

Artikel lain: Cara Mudah Mengintegrasikan Blog Dengan Twitter



Apa yang Bisa Anda Lakukan di Twitland?

1. Memilih Nama Yang Tepat

Hal pertama dan terpenting ketika melakukan optimasi Twitter untuk bisnis adalah pemilihan nama. Inilah yang menjadi cikal bakal bisnis Anda akan diingat – di Twitter. Jika memang Anda memang sudah punya bisnis sebelumnya namun belum melakukan optimasi di Twitter, atau katakanlah belum bergabung, Anda bisa memilih nama brand sesuai dengan bisnis Anda tersebut. Namun, jika masih baru memulai maka pikirkan pemilihan nama yang “catchy” dan mudah diingat – bisa sesuai dengan nama brand Anda ataupun nama yang gampang diingat.

Bagaimana jika username Twitter yang sesuai dengan nama bisnis Anda ternyata sudah tidak available? Anda bisa memilih nama (username) yang gampang diingat.

2. Profil Yang Sesuai

Ini adalah hal mendasar yang bisa dikatakan sangat menarik perhatian (calon) customer Anda. Fitur avatar, bio dan background memang difungsikan untuk mengenalkan bisnis Anda dan sering kali menarik perhatian user untuk mem-follow. Namun, ingat bahwa profik Anda memang sesuai atau relevan dengan brand bisnis Anda. Tidak lucu kan kalau brand Anda ditujukan untuk pria, misalnya, namn konsep profil Anda di Twitter terlihat terlalu ‘feminin’.

3. Jangan Terlalu Serius Men-tweet

Bukan berarti Anda tidak punya strategi untuk tweet-tweet yang akan Anda share namun sebaiknya tidak men-tweet terlalu formal. Sekali-kali cobalah untuk menyisipkan humor di tweet Anda. Jadi, kita tidak terkesan ‘menguliahi’ para follower tetapi membangkitkan minat mereka.

Begitu juga ketika berinteraksi dengan para follower, berusaha untuk bersikap lebih akrab akan semakin meningkatkan keakraban di antara Anda dan follower. Terima dan balas tanggapan para follower, baik itu yang bersifat positif dan negatif dengan cara yang akrab namun elegan.

Artikel lain: Cara Menambah Followers Twitter Dengan Cepat

4. Interaksi Dengan Para Followers

Ya, ketika melakukan optimasi Twitter untuk bisnis, itu artinya Anda siap untuk berinteraksi dengan lebih intens dengan pelanggan Anda. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, menjawab setiap mention (baca: pertanyaan dan pernyataan) dari customer itu penting. Kemudian, bagaimana Anda bisa berinteraksi lagi?

  • Mengajukan pertanyaan pada follower, bisa dengan tujuan untuk berinteraksi maupun mengetahui apa yang mereka minati.
  • Retweet dan mention. Tidak salah untuk me-retweet mention dari customer yang telah masuk. Ini berguna untuk membangun engagement, tidak hanya di antara Anda dan customer tetapi customer dengan customer. Yang pasti citra Anda jadi lebih “ramah”.
  • Favorite Tweet. Gunakan Favorite Tweet dari pernyataan customer yang memuji produk / jasa Anda untuk menyimpan dan semacam jadi testimoni bagi (calon) customer Anda mengenai brand Anda.
  • Bagikan promo-promo terbaru di Twitter agar follower senantiasa memantau Anda, jika memungkinkan promo tersebut hanya untuk followers Anda saja. Apresiasi yang pantas, bukan?

5. Konsisten

Ibaratnya tidak “hangat-hangat di awal” saja. Kita yang ingin optimasi Twitter untuk bisnis berarti siap pula untuk konsisten 7 dikali 24 jam. Anda tahu sendiri bahwa timeline Twitter bergerak cepat maka kitapun bergerak cepat dan sering “memunculkan diri”. Jangan pernah bosan! Sedikit tips ketika melakukan optimasi Twitter untuk bisnis: bersenang-senanglah!

6. Lakukan Evaluasi Berkala

Ketika kita terjun ke sosial media sebagai media bisnis kita maka belajar untuk mendengarkan. Sebenarnya pernyataan ini bukanlah hal yang baru. Ketika Anda berbisnis offline-pun, Anda harus siap untuk mendengar dan mengevaluasi. Dengan mendengarkan, Anda bisa tahu minat para follower Anda, kemudian evaluasi menjadi acuan untuk menjadi lebih baik lagi. Anda bisa mengevaluasi pertumbuhan follower, seberapa banyak interaksi dan tentunya konversi – berapa banyak yang melakukan deal.

Baca juga: Cara Membuat Akun Twitter Baru Dengan Cepat

Sudah siap melakukan optimasi Twitter untuk bisnis kecil Anda? Ingat satu kata yang telah saya sebutkan tadi, bersenang-senanglah! Semoga tips-tips di atas membantu Anda yang sedang membangun brand lewat media berlogo burung berwarna biru ini!





2 total comments on this postSubmit yours
  1. Iya min, akun bot sekarang itu semakin merajalela. Yang paling membuat kesal adalah ketika mereka mention ke akun kita secara membabi buta, berulang-ulang kali. Dan kebanyakan itu berupa promo produk yang belum tentu kevalitannya.

  2. interaksi yang baik dengan follower di twitter bisa membantu membangun kepercayaan
    trims atas ulasan ini

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud