Grafitalk ~ Aplikasi Messenger Pencari Lokasi Besutan Anak Negeri

grafitalk

Image dari Techinasia.com

Ketika kita sedang mengunjungi suatu lokasi baru yang sebelumnya belum pernah kita kunjungi, salah satu masalah yang kerap kali menghantui adalah tersesat di tengah jalan. Masalah ini sangat sering dialami utamanya bagi mereka yang memang tidak terbiasa berpergian. Solusinya bisa dengan bertanya pada orang sekitar, namun tak jarang pulang kita tidak bisa mendapatkan informasi yang benar-benar tepat jika hanya mengandalkan bertanya pada orang.

Dari permasalahan tersebut sekelompok anak muda asal kota Malang mencoba mengembangkan sebuah #aplikasi mobile bernama Grafitalk yang bisa membantu memberikan informasi terkait suatu lokasi ataupun posisi dari teman yang berada di sebuah area tertentu. Dengan adaptasi teknologi GPS, para penggunanya bisa dengan mudah menemukan suatu titik lokasi tertentu tanpa harus tersesat.

Lebih lengkap mengenai pembahasan aplikasi Grafitalk, telah kami rangkum pada artikel di bawah ini.

Sekilas Tentang Tim Grafitalk

Ide pembuatan aplikasi mobile yang dapat membantu dalam pencarian lokasi berbasis GPS ini, diprakarsai oleh 4 pemuda yakni Lutfi Solihin, Syaifurrahman, Maskahfi Angshorullah dan Sulistiono. Dari sebuah ide sederhana yang ingin membuat aplikasi yang menawarkan fitur gabungan antara chatting, memo dan tracking, keempat pemuda tersebut lantas mulai bekerja sama untuk membuat aplikasi Grafitalk.

Mengusung tagline “life to share”, tim Grafitalk mempunyai misi untuk selalu berbagi dengan apa yang bisa mereka perbuat. Salah satunya tentu dengan membuat aplikasi yang dapat memberikan informasi bermanfaat bagi semua orang.




Artikel lain: KeMana ~ Layanan Informasi Jalur Trans Jakarta Yang Berbasis Aplikasi Mobile

Fitur Dan Fungsi Aplikasi Grafitalk

Terkait tentang fitur dan fungsi aplikasi messenger Grafitalk, Luthfi Solihin sebagai CEO menyampaikan bahwa pada dasarnya saat ini telah banyak aplikasi yang menawarkan tiga kegunaan yakni untuk chatting, memo dan tracking atau pencarian lokasi. Namun masalahnya kebanyakan dari aplikasi yang ada hanya berfokus pada satu atau dua fitur saja. Inilah peluang yang ingin dimanfaatkan oleh tim Grafitalk.

Dengan menggabungkan tiga fungsi dan fitur tersebut dalam satu aplikasi, diharapkan Grafitalk bisa menjadi solusi praktis bagi pengguna yang ingin mendapatkan semua fungsi tersebut tanpa harus menggunakan banyak aplikasi.

Sesuai dengan fungsi yang ingin diangkat kelebihan yang ditawarkan dari aplikasi creative yang satu ini adalah Simple Chat (kemudahan chatting), Real-Time GPS Tracking (pencarian lokasi dengan teknologi GPS) and Memo Based on Location (catatan berdasarkan lokasi).

Lutfi melanjutkan, sebagai contoh salah satunya yakni adanya fungsi Graf Room yang dapat digunakan untuk berbagi informasi serta mengajukan pertanyaan dalam bentuk pesan singkat atau memo yang ditempelkan di area tertentu dalam peta. Nantinya bagi pengguna lain yang masuk pada area jangkauan 5 km dari lokasi tersebut, agar mendapatkan notifikasi khusus yang berisi memo pengguna sebelumnya.




Teknologi semacam ini nantinya bisa dikembangkan bagi mereka yang mungkin gemar melakukan touring, atau petualangan alam. Nantinya dengan adanya catatan-catatan tersebut, setiap pengguna bisa saling berkomunikasi dan mendapatkan lokasi satu sama lain dengan tepat.

Baca juga: BuzzBuddies, Social Media Lokal Yang Mencoba Berbeda

Perkembangan Aplikasi Grafitalk

Aplikasi Grafitalk mulai dilempar ke pasaran pada tanggal 21 mei 2015 lalu. Sejak resmi diluncurkan, Grafitalk mencatat tak kurang ada 1000 pengguna yang telah tergabung dalam layanan aplikasi tersebut. Meski terbilang belum terlalu ramai pengguna, developer yang berasal dari kota apel tersebut masih terus mengupayakan untuk memperkenalkan dan meningkatkan brand awareness dari para pengguna. Metode promosi yang dipilih selain dengan memperkenalkan secara offline namun juga menyebarkan lewat #media sosial atau media online yang lain.

Harapan kedepan aplikasi Grafitalk tak bisa mengakomodir lebih banyak fungsi lain dalam satu aplikasi. Dengan keunggulan fitur all-in-one tersebut, gerakan bisa menjadi daya tarik pengguna aplikasi mobile wilayah lokal Malang hingga ke seluruh Indonesia.

“Nantinya akan kami kembangkan agar mampu untuk menampung ratusan aplikasi media sosial dalam satu aplikasi yaitu GrafiTalk. Dengan kata lain, cukup dengan aplikasi GrafiTalk, anda sudah bisa chatting, berbagi informasi, mengetahui posisi kerabat dengan menggunakan teknologi GPS dan lain sebagainya tanpa harus meng-installpuluhan bahkan ratusan aplikasi untuk mengakomodir berbagai kebutuhan pengguna.” jelas Lutfi.

Bagi rekan-rekan yang ingin mencoba aplikasi Grafitalk bisa mengunduh untuk  versi Androidnya disini.




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud