BuzzBuddies, Social Media Lokal Yang Mencoba Berbeda

Buzzfeed

Di Indonesia, media sosial bisa dibilang produk mainstream yang terus menjamur, hal tersebut disebabkan oleh pengguna sosmed di Indonesia terus mengalami peningkatan. BuzzBuddies hadir dengan segala tantangan yang mereka hadapi, dan mereka menyebut diri mereka sebagai #media sosial penyempurna dari social media yang telah ada. Secara tidak langsung mereka akan bersaing dengan beberapa social media lokal seperti Sebangsa dan Kwikku.

Namun apakah kita tahu apa itu Media sosial? jika Anda belum tahu silahkan simak penjelasan berikut. Menurut Wikipedia, “Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia”.

Sekilas Mengenai BuzzBuddies

BuzzBuddies adalah media sosial dengan fitur yang mengutamakan perhubungan antara teman dan orang-orang yang memiliki hobi atau minat yang sama. BuzzBuddies resmi di rilis untuk publik sudah berjalan selama dua bulan tepatnya pada tanggal 9 maret 2015. Pencapaiannya sendiri belum besar. Mereka baru memiliki kurang lebih 300 pengguna terdaftar dalam layanannya dan 160 pengguna aktif setiap minggunya.

Perkembangan dari BuzzBuddies pun belum begitu besar. Maka dari itu tim dari BuzzBuddies terus berupaya melakukan pendekatan-pendekatan ke beberapa komunitas untuk mengetahui apa saja yang dibutuh kan mereka dari BuzzBuddies dan meningkatkan BrandAwareness.

Melihat dari perkembangan pengguna di Indonesia sangat tinggi dari pengguna mobile device. Namun sampai saat ini Buzzbuddies belum tersedia versi mobile. Hal ini tentu saja sangat bertolak belakang akan tren yang terjadi saat ini. Social media yang sudah ada berlomba lomba memberikan pengalaman penggunaan pada platform mobile yang lebih nyaman. Sebut saja Facebook, Twitter dan Path.

Persiapan Aplikasi Android BuzzBuddies

Aplikasi Android BuzzBuddies Tengah dibuat

Meskipun demikian, tim BuzzBuddies mengatakan bahwa mereka tengah mempersiapkan aplikasi mobile. Jadi para pengguna tidak perlu khawatir tidak dapat menikmati BuzzBuddies dari ponselnya. Berdasarkan laporan dari pengguna sejauh ini telah diakui bahwa desain user interface BuzzBuddies sangat friendly dan simpel. Dan ini membuktikan bahwa salah satu tujuan BuzzBuddies telah tercapai yaitu membuat media social yang user friendly.

Artikel lain: Ini Dia Jejaring Sosial dari Indonesia, Layak Untuk Dicoba?

Cara BuzzBuddies Bersaing Dengan Kompetitor

Untuk menjawab bagaimana BuzzBuddies dapat bersaing dengan para kompetitor yang telah terlebih dahulu terjun ke ranah media sosial Andrew sebagai CEO menjawab, “Sepengetahuan saya, yang BuzzBuddies kembangkan adalah fitur unik dan tidak bersaing dengan media sosial lokal, sehingga tidak ada persaingan di media sosial lokal.”

Andrew pun menambahkan, untuk media sosial impor, Facebook, Twitter dan Path adalah tiga media sosial besar impor di Indonesia, dari segi fitur kami tidak berusaha bersaing dengan fitur utama mereka, atau fitur unik mereka, dan lebih mengembangkan fitur yang kami rasa penting tetapi tidak dikembangkan oleh masing masing media sosial impor tersebut. Sehingga untuk dikatakan bersaing juga mungkin kurang tepat, tetapi lebih menambal kekurangan dari fitur media sosial impor tersebut.




Jadi BuzzBuddies menegaskan bahwa mereka tidak bersaing dengan media sosial yang telah ada. Namun mereka adalah generasi media sosial yang berbeda dan akan terus menyempurnakan fitur mereka demi menciptakan media sosial yang bermanfaat dan nyaman bagi penggunanya.

Melihat fenomena menjamurnya media sosial di tanah air ini tentunya sebagian pengguna #internet sudah mulai jenuh atau bahkan tidak ingin menggunakann media sosial lagi. Namun kehadiran media sosial baru memberikan warna unik dan pilihan bagi para penggunanya sesuai kebutuhan yang mereka inginkan. Di sisi lain para pembuat media sosial harus paham apa yang dibutuhkan para penggunanya jangan hanya sekedar ikut-ikutan tren saja, harus ada solusi yang diberikan kepada pengguna melalui produk yang mereka punya.

Baca juga: 5 Tips Aman Akses Internet Dan Media Sosial Bagi Anak

Semoga saja BuzzBuddies akan terus mengembangkan fitur dan memberikan manfaat bagi penggunanya dan tidak menjadi media sosial yang gagal karena terlalu banyak bicara mengenai brand saja tanpa mempertimbangkan masukan dari para penggunanya karena tanpa masukan dari pengguna sebuah media sosial tidak akan berkembang.



8 total comments on this postSubmit yours
  1. Wehh baru dftar ini Buzzbuddies…
    anak negri wajib daftar sosmed buatan negri sndiri nih… ^_^

  2. Saya baru coba yg versi mobile,masih sering ngelag,hakul yakin prospeknya bagus,asal devlop teamnya lebih sensi fitur.

  3. keren juga gan, tapi biasanya harus bener-bener diseriusin kalau mau sukses ginian, kan banyak juga yg buatan lokal namun tidak ngebooming/tenar lalu menghilang

  4. keren informasinya.. indonesia emang sebenernya banyak orang2 kreatif.. seperti website ini..keren abis

  5. Link BuzzBuddiesnya apa Mas Max? Apakah BuzzBuddies.Com?

    • iya bener mas, BuzzBuddies.Com itu alamatnya

  6. Mantab dah indonesia…

  7. Wah, mantab.. Sekarang indonesia sudah berani untuk membuat sosmed… Mudah mudahan indonesia semakin maju,,

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud