Google Sprayscape ~ Sensasi Tangkap Momen Foto Virtual Reality Layaknya Tampilan Mimpi

Google Sprayscape ~ Sensasi Tangkap Momen Foto Virtual Reality Layaknya Tampilan Mimpi

Sprayscape
Image dari Androidbeat.com

Saat ini teknologi virtual reality banyak disebut sebagai basis dari teknologi masa depan. Dengan berbagai kecanggihan dan juga kemampuan yang bisa diadaptasi dari teknologi ini, menjadikan virtual reality semakin banyak diminati untuk dikembangkan oleh para perusahaan besar.

Namun masalahnya adalah, saat ini teknologi VR belum menjadi pilihan terbaik utamanya melihat perkembangan piranti VR yang masih jauh dari kata terjangkau bagi sebagian besar konsumen. Oleh karena itu kemudian yang bisa dilakukan oleh para pengembang teknologi saat ini yakni mengadaptasi VR ke dalam perangkat yang lebih  merakyat yakni ponsel pintar alias smartphone.

Dari situlah kemudian banyak berkembang aplikasi berbasis virtual reality yang bahkan bisa dijalankan dengan smartphone berspesifikasi pas-pasan. Yang terbaru #Google mengeluarkan sebuah aplikasi baru yang diberi nama Google Sprayscape. Yang unik adalah aplikasi berbasis VR ini konon kabarnya mampu menangkap momen foto virtual reality namun dengan tampilan layaknya di alam mimpi.

Penasaran seperti apa aplikasi Sprayscape ini? Berikut ulasan lengkapnya.

Hasil Pengembangan Program Android Experiments

Disampaikan bahwa aplikasi Sprayscape yang baru saja dirilis oleh Google, merupakan hasil dari sebuah program khusus untuk sistem operasi Android yakni Android Experiment. Pada dasarnya, aplikasi ini merupakan #aplikasi penangkap gambar yang dapat mengambil foto tidak hanya pada satu sisi saja namun dapat mengambil foto 360 derajat. Memanfaatkan sensor giroskop yang tertanam dalam ponsel Android, nantinya setiap gambar yang ditangkap akan diletakkan secara acak berdasarkan hasil dari sensor tersebut.

Nantinya untuk mengambil gambar pun cara yang digunakan rumah yang unik. Kita tinggal menekan pada layar setelah aplikasi tersebut dibuka. Dari situ aplikasi akan mulai menangkap gambar secara otomatis. Jika kita ingin menangkap gambar lebih banyak lagi, kita hanya perlu melakukan Tab dan menahan hingga mencakup area yang ingin kita tangkap.

Artikel lain: Google Resmi Hadirkan Duo, Aplikasi Panggilan Video Terbaru yang Ringan dan Stabil, Mau Coba?

Mengenai luas area yang bisa kita ambil, sebenarnya tidak ada batasan; karena nantinya aplikasi ini secara otomatis akan menggabungkannya menjadi satu tampilan foto 360 derajat yang utuh.

Memberikan Tampilan Unik Layaknya Dalam Mimpi

Sesuai judul dari artikel ini, salah satu hal yang paling menonjol dari aplikasi Sprayscape adalah kemampuan untuk memberikan tampilan hasil akhir foto menyerupai alam mimpi. Bagi yang tidak bisa membayangkan seperti apa tampilan mimpi tersebut, secara umum tampilannya akan muncul dengan sedikit blur di bagian luar dan fokus di bagian tengah.

Efek semacam ini, sebenarnya sudah banyak dikembangkan baik itu untuk mengedit foto maupun video. Namun jika digabungkan dengan teknologi VR plus foto 360 derajat, Sprayscape bisa dibilang sebagai yang pertama untuk mencobanya.

Kelebihan lain yakni, karena mengambil foto dengan kualitas yang tidak memprioritaskan kejernihan maupun kedalaman pixel, maka aplikasi ini bisa berjalan sangat cepat untuk memproses hasil akhir foto 360°. Ini tentu berbeda ketika kita mengambil foto 360 derajat menggunakan perangkat kamera yang memang khusus didesain untuk keperluan tersebut. Umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses tersebut juga relatif lebih lama.

Ketika nantinya kita sudah selesai mengambil foto, kita bisa menikmati foto tersebut dengan tampilan 360°. Selain itu kita juga bisa membagikan foto tersebut melalui aplikasi perpesanan atau pada akun media sosial. Dari situ pengguna lain bisa langsung menikmati hasil visualisasi “mimpi” yang telah Anda buat.

Disampaikan oleh desainer senior Google Creative Lab, Glenn Cochon dalam sebuah posting blog resmi Google menyatakan bahwa, saat ini VR menjadi salah satu hal yang paling diminati oleh konsumen dan di sisi lain kegiatan mengambil foto juga masih menjadi kegiatan favorit. Jadi upaya tim lewat aplikasi Sprayscape ini adalah, dengan menggabungkan keduanya pada satu layanan.

Baca juga: Signal ~ Aplikasi Chatting Super Aman Karya Developer Google

Hasil yang diberikan dari aplikasi Sprayscape bisa dibilang memang sangat berbeda dan unik. Ini terlebih juga didukung kemungkinan lain yang bisa saja dikembangkan dalam beberapa waktu ke depan. Tidak hanya foto, kita mungkin juga bisa membuat video unik lewat fitur semacam ini.

Saat ini, aplikasi Sprayscape sudah dirilis untuk versi sistem operasi Android. Namun ketika penulis melakukan pencarian, ternyata belum ditemukan di Goole PlayStore. Mungkin aplikasi ini masih berada pada tahap pengembangan atau hanya dibuka untuk pengguna di beberapa kawasan tertentu saja.

Dan untuk yang menggunakan perangkat berOS #iOS, kabarnya harus menunggu beberapa saat lagi sebelum bisa mencoba aplikasi Sprayscape.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan