Signal ~ Aplikasi Chatting Super Aman Karya Developer Google

Image dari Theverge.com

Image dari Theverge.com

Saat ini sudah banyak orang yang senang dan gemar menggunakan sebuah #aplikasi instant messaging untuk kebutuhan chatting mereka. Menggunakan aplikasi pesan instan ini memang sangat mudah dan memuaskan karena mereka bisa mengirimkan dan melakukan chatting dengan praktis dan murah.

Namun ternyata dibalik kenyamanan dan kemudahan yang ada pada aplikasi pesan instan ini ada sebuah celah yang bisa dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk meretas dan membajak akun Anda. Keadaan ini tentu saja sangat tidak menguntungkan Anda karena privasi dan keamanan Anda jadi terganggu.

Layanan komunikasi digital yang aman dan melindungi privasi sudah menjadi kebutuhan pengguna. Maka dari itu sebenarnya intan messaging ini perlu diperbarui untuk terus memprioritaskan keamanannya penggunanya.

Artikel lain: Jongla, Aplikasi Chatting Baru Dgn Inovasi Menarik

Terkait masalah ini, Mantan pegawai Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) Edward Snowden mengajak dan menganjurkan kepada masyarakat untuk peduli pada keamanan pada pesan instan yang digunakan. Untuk itulah kemudian Snowden menyarankan kepada masyarakat agar menggunakan aplikasi chatting yang sering dipakainya yaitu Signal. Aplikasi yang sebelumnya muncul untuk PC ini kini telah meluncur awal November tahun ini. Lalu seperti apakah aplikasi rekomendasi dari Edward Snowden yang tentunya tak bisa dianggap sembarang ini sebenarnya? Berikut ulasannya.




Aplikasi Besutan Google

Signal sendiri adalah aplikasi buatan #Google yang dikerjakan bersama dengan developer Open Whisper System (OWS). OWS sendiri merupakan sebuah organisasi non-profit yang proyek-proyek pengembangan produknya didukung oleh donasi komunitas.

Dengan menggabungkan dan mengkombinasikan TextSecure dan RedPhone, membuat Signal menjadi sebuah aplikasi yang menjanjikan panggilan dan teks aman pada mobile platform. TextSecure sendiri merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna bisa mengirim pesan secara bebas dan privat dengan pengguna lain yang menggunakan aplikasi yang sama. Sedangkan Redphone akan mengamankan hal yang sama pada panggilan telepon saat komunikasi dengan pengguna lain.

Akibat adanya penggabungan ini maka saat ini pengguna TextSecure menang diharuskan memerhatikan pembaruan aplikasinya, yang menyandang nama baru dan menambahkan kemampuan untuk membuat dan menerima panggilan telepon privat. Pengguna yang telah memasang RedPhone kemudian akan diminta untuk mengunduh Signal sebagai gantinya.

Mampu Menghadang Peretas dengan Lebih Baik

Menurut Snowden, Signal memiliki keamanan yang lebih mumpuni untuk menghadang serangan peretas. Dengan menggabungkan dan mengkombinasikan antara aplikasi TextSecure dan RedPhone, aplikasi yang digunakan sehari-hari oleh Snowden ini diklaim membuat penggunanya lebih aman saat saling bertukar pesan dan menelepon seseorang.

Tak ada peretasan informasi pesan ataupun penyadapan suara. Snowden sendiri mengungkapkan keunggulan dari Signal ini dalam akun Twitter-nya. Dalam akun Twitter yang bernama @Snowden itu, ia berkicau “Saya menggunakan Signal setiap hari. #notesforFBI (Catatan: mereka sudah tahu)”.




Pada aplikasi Signal ini bahkan pihak developer Open Whisper Systems (OWS) tidak bisa mendengar percakapan atau membaca pesan pengguna, tak ada satupun yang bisa termasuk orang lain. Apapun yang ada di Signal akan dienkripsi terus menerus, dan dengan susah payah digodok untuk menjamin keamanan berkomunikasi.

Cara Menggunakan Aplikasi Chatting Signal

Untuk menggunakan Signal ini Anda bisa memulainya dengan mengunduh aplikasinya di Google Play Store untuk pengguna Android di sini atau App Store untuk pengguna iOS di sini. Setelah diunduh dan diinstall, Anda bisa aktivasi keanggotaan Anda dengan menggunakan nomor telepon seluler.

Tak ada pendaftaran terpisah dengan nama pengguna, kata sandi atau PIN, karena pada dasarnnya, mekanisme aktivasi Signal tersebut sama dengan pada WhatsApp. Karena Signal menggunakan nomor telepon dan kontak yang sudah ada dan tidak memerlukan login, username, password, atau PIN terpisah maka Anda tidak akan terlalu repot saat mendaftarkan dan mengaktivasi keanggotaan Anda.

Baca juga: Curhats ~ Platform Online Chatting Penampung Keluh Kesah Anda

Tersedia Cuma-cuma dan Bebas Iklan

Terus bertahan dengan donasi masyarakat dan hibah, Signal untuk #iOS dan Android tersedia secara cuma-cuma alias gratis serta bebas iklan atau sama sekali tidak memuat iklan. Bahkan, pengembang dapat mengakses kode sumber terbuka (open source) Signal pada GitHub. Menurut Electronic Frontier Foundation, hanya segelintir aplikasi pesan instan yang benar-benar aman. Signal/RedPhone dan TextSecure yang kini ada pada Signal termasuk di antaranya.




4 total comments on this postSubmit yours
  1. Tapi entah kenapa terasa aneh namanya Signal :3

  2. Wah, ulasannya sangat menarik. Masalah-masalah teknis seperti sebaiknya memang kita ketahui dan pahami. Biar kita bisa terhindar dari hal-hal yang merugikan. Betapaun, teknologi canggih tetap memiliki celah untuk rusak atau kita sendiri salah memakai. Jika tak punya sedikit pun pengetahuan untuk menggunakan teklogi baru dengan benar, kita bisa jadi korbannya. Terima kasih atas artikel dan petunjuknya.

  3. hahaha bang max, namanya disebut tuh disini : panduanim.com/uang-dari-blog/ hebat yah!

    • Oh itu blognya mas Darmawan hehehe.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud