Dynamic Search Ads (DSA) ~ Inovasi Google Wujudukan Pencarian Iklan yang Lebih Dinamis

Dynamic Search Ads (DSA) ~ Inovasi Google Wujudukan Pencarian Iklan yang Lebih Dinamis

Image dari Pitstopmedia.com
Image dari Pitstopmedia.com

Sudah familiar dengan sistem PPC (Paid Per Click) yang biasanya dipasang oleh para pengiklan di #internet?

Nyatanya kini banyak yang berasumsi sistem PPC ini menawarkan konsep pemasangan iklan online yang paling efektif. Semakin banyak diklik, berarti iklan tersebut banyak dilihat para pengguna internet dan terbilang efektif sebagai strategi pemasaran.

Dan sebagai salah satu pemain besar dalam bisnis periklanan online, sekarang tampaknya #Google sudah kian fokus mengembangkan sistem pencarian iklan yang lebih dinamis dan tepat sasaran. Hal ini dibuktikan Google pada tanggal 27 Juli 2015 lalu dengan meluncurkan sistem Dynamic Search Ads (DSA).

Tentang Dynamic Search Ads

DSA sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak Oktober 2011. Keberadaan DSA saat itu sudah mulai dirancang untuk menentukan target pelanggan iklan berdasarkan teknologi mesin pencari yang diusung Google. Secara sederhana konsep ini akan memungkinkan pencarian yang relevan dengan iklan kita, maka akan langsung diarahkan ke halaman iklan milik kita.

Jadi, secara otomatis Google akan membuat iklan dengan judul dan halaman arahan yang sesuai dengan kebutuhan situs kita. Pendekatan dengan sistem keyword inilah yang kemudian populer dikenal dengan sebutan AdWords.

Kabar gembira untuk para pengiklan di Google bahwa sistem DSA sudah diperbaiki supaya bisa berjalan secara lebih efisien. Tidak hanya sekadar mengindeks situs yang ingin kita iklankan, DSA juga akan mengklasifikasikan iklan kita berdasarkan kategori penawaran produk atau jasa yang kita lakukan.

Artikel lain: Tips Pasang Iklan di Google Adwords, Ada Seni Tersendiri

Misalnya bila kita mencari produk furniture, dulunya Dynamic Search Ads hanya akan mengarahkan ke halaman yang relevan maka kini sistem tersebut sudah dikembangkan secara lebih spesifik. Hasilnya, kita bisa mencari dengan kategori tambahan yang lebih detail seperti mebel kantor, mebel kamar tidur, furniture untuk ruang makan dan sejumlah kategori lainnya yang masih berhubungan dengan pencarian furniture.

Manfaat dari Pemberlakuan DSA

Meski banyak yang mengira kalau Dynamic Search Ads akan membuat proses memasang iklan jadi kurang efektif. Padahal justru sebaliknya, DSA malah membuat sistem pemasangan iklan menjadi lebih transparan dan memperbesar peluang untuk mendapatkan target pelanggan yang tepat.

Melalui sistem DSA yang baru, para pemasang iklan bisa me-review iklan yang sudah mereka pasang, melihat fokus halaman pencarian serta melihat contoh pencarian yang akan memunculkan iklan mereka. Di samping itu, ada penawaran yang akan diberikan Google untuk menggunakan kata kunci yang lebih relevan dan banyak dicari oleh pengguna Google.

Penggunaan Dynamic Search Ads juga semakin tepat guna bila dikombinasikan dengan RLSA (Remarketing List for Search Ads). Sehingga Google akan membantu membatasi target pelanggan pada orang-orang yang sebelumnya memang pernah mengunjungi situs kita. Sebab mereka yang sudah terbiasa dengan produk kita tentu akan menjadi lebih interaktif dan memperbesar peluang repeat order bagi kita.

Pengaruh DSA Terhadap Penggunaan Keyword

Kehadiran Dynamic Search Ads sejatinya tidak memberikan pengaruh buruk terhadap keyword. Karena sebenarnya para pemasang iklan justru membutuhkan sesuatu yang lebih praktis untuk membuat iklan mereka dilihat oleh banyak orang.

Hampir 15% pencarian keyword di Google merupakan pencarian yang sangat unik karena belum pernah dicari oleh pengguna #internet lainnya. Hal ini juga mempengaruhi para pemasang iklan jika terus memanfaatkan sistem keyword secara konvensional. Harus ada banyak waktu yang dikhususkan untuk menyusun daftar keyword yang relevan dengan pencarian.

Baca juga: Tips Beriklan di Google Adwords, Memastikan Iklan Sesuai Sasaran

Saat ini fokus pemasangan iklan sudah mulai bergeser dari konsep PPC ke arah konsep yang lebih dinamis dan sesuai dengan konteks pencarian. Dengan demikian, memanfaatkan kehadiran DSA sudah tentu akan memberikan hasil yang lebih maksimal daripada beriklan di Google dengan sistem yang lama. Sebab kemudahan ini memang difokuskan untuk menguntungkan para pemasang iklan di Google.

Sedikit informasi tentang Dynamic Search Ads ini tentu bisa menambah pengetahuan kita mengenai perkembangan Google. Perusahaan yang selalu berorientasi pada kebutuhan para pengguna internet ini sudah mengembangkan sistem teknologi yang patut kita manfaatkan.

4 KOMENTAR

  1. saya coba dsa, pake blog basa inggris kok gak ada impresion ya om. gimana ya om? soalnya dsa itu memang gak pake keyword.

  2. Google berkembangnya pesat banget. TOP deh. Hampir di semua negara ada sendiri2

  3. Google emang oke, sayang saya baru memulai blogging, jadi belum bisa menghasilkan….

    Berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai menghasilkan di Google?

  4. afrid fransisco

    ayo google maju terus. saya hidup dan makan dari google ;-)

Tinggalkan Balasan