Freelancer Pods ~ Ide Bisnis Baru Sewakan Tempat Kerja untuk Para Freelancer

Image dari Tspuk.com

Image dari Tspuk.com

Semakin berkembang zaman memang semakin mambuat hal-hal menarik muncul ke permukaan. Sebut saja beberapa fenomena profesi unik seperti buzzer atau Youtubers berpenghasilan puluhan juta rupiah hingga ide-ide bisnis yang sebelumnya tak ada. Salah satu bisnis yang tergolong baru dan bisa Anda jalankan saat ini adalah bisnis freelancer pods. Apa itu Freelancer Pods? Freelancer Pods sendiri adalah bisnis atau layaanan penyediaan tempat bagi para freelancer (para pekerja part time) untuk bisa mengerjakan project-nya dengan nyaman dan maksimal.

Saat ini jumlah para freelancer memang semakin banyak. Pasalnya dengan bertumbuhnya jumlah #startup yang didukung dengan kecanggihan teknologi yang ada berupa perangkat pendukung komunikasi dan jaringan internet itu sendiri membuat para pemilik bisnis dengan berani mencari para pekerja freelance yang bekerja secara remote di luar kantor.

Tentu saja keberadaan pekerja #freelance ini menguntungkan para founder startup, karena selain memiliki salary yang sesuai dengan budget startup, mereka para founder ini juga tidak perlu menyediakan ruangan kantor yang besar untuk menampung banyak karyawan.



Potensi Bisnis Penyediaan Tempat Kerja bagi Freelancer

Dengan adanya peningkatan jumlah para freelancer ini tentu saja peluang bisnis penyediaaan atau penyewaan tempat kerja akan semakin terbuka lebar. Para freelancer ini memang membutuhkan tempat kerja yang bisa membuat mereka produktif dan tidak bosan dengan selalu berada di rumah.

Maka dari itulah bisnis penyediaan tempat kerja bagi freelancer ini menjadi bisnis yang patut diperhitungkan. Namun meskipun kesempatan atau peluangnya terbuka lebar dan besar, Anda tetap harus profesional dan menjunjung prinsip-prinsip bisnis. Lalu seperti apakah bisnis freelancer pods ini sebenarnya? Berikut ulasannya.

Artikel lain: Co-working Space, Inovasi Konsep Ruang Kerja Modern

Freelancer Pods, Seperti Apa itu?

Freelancer pods atau bisa berarti bilik kerja freelance merupakan bisnis penyedian tempat bekerja yang berkonsep seperti atau mirip warnet (warung internet). Namun bedanya dengan warnet, freelancer pods memiliki tempat yang lebih modern, lebih nyaman, lebih aman, dan juga lebih menjaga privasi. Pods atau bilik ini sendiri bisa Anda buat dengan beraneka bentuk dan warna sesuai kreativitas Anda.

Anda juga bisa membuat pods dengan kamar-kamar tertutup yang bisa dikunci. Dengan keadaan yang demikian, Anda pun bisa membuat freelancer lebih nyaman saat ingin meninggalkan pods mereka untuk keluar menjalankan shalat atau ke kamar kecil hingga mencari makan.

Perbedaan dengan Coworking Space

Harus diakui bahwa freelancer pods bukanlah satu-satunya bisnis penyediaan tempat bagi para freelancer. Ini karena selain freelancer pods sudah ada bisnis sejenis yaitu co-working space yang memiliki konsep yang sama yaitu penyediaan tempat bagi para freelancer.

Namun meski berkonsep sama, ada perbedaan yang ada pada kedua jenis bisnis tersebut. Jika co-workings pace adalah sebuah tempat berkumpul para freelancer di satu ruangan, maka freelancer pods ini menyediakan tempat yang lebih personal, mementingan privasi dan bisa disewa sesuai kebutuhan.

Baca juga: Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Menyewa Virtual Office

Lokasi dan Layanan Freelancer Pods

Jika Anda memang tertarik dengan bisnis freelancer pods ini, maka untuk memulainya, hal pertama yang perlu Anda penuhi adalah tempat. Untuk bisnis ini Anda bisa menyulap rumah Anda menjadi tempat freelancer pods. Atau jika Anda punya lahan tanpa bangunan, Anda bisa membuat konsep freelancer pods bertema outdoor yang eco-friendly dan dekat dengan alam. Pada konsep luar ruangan ini, mungkin Anda bisa menyediakan sofa untuk istirahat, coffe corner dan juga bean bags yang nyaman. Jika mampu buat juga mushalla dan kamar kecil yang memadai.

Di dalam bilik kerja atau pods itu sendiri, Anda bisa menyediakan fasilitas seperti komputer dengan spec yang sesuai kebutuhan, kursi yang nyaman, meja, sambungan #internet, dan sebagainya. Yang pasti inti dalam bisnis ini adalah Anda harus sebisa mungkin membuat para freelancer nyaman dan betah, serta maksimal dalam bekerja.

Bagaimana dengan penentuan tarif dan pembayarannya? Seperti halnya warnet, Anda bisa menawarkan sewa per-jam, per-hari atau bahkan per-bulan kepada para freelancer tersebut. Tentunya Anda harus bisa membedakan tarif antara sew per-jam, per-hari dan per-bulan tersebut. Jangan sampai total tarif per-hari sama dengan tarif per-jam jika dikalkulasi. Begitupula dengan tarif per-bulan. Satu hal lagi yang perlu diingat, jangan sampai membebani para freelancer dengan biaya yang mahal dengan melebihi harga sewa ruangan kantor setiap bulan.





Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud