Co-working Space, Inovasi Konsep Ruang Kerja Modern

Co-working-Space-Inovasi-Konsep-Ruang-Kerja

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai tempat kerja yang nyaman serta menyediakan berbagai fasilitas menarik?Baik mereka yang menjadi karyawan  regular maupun freelance tentu mendambakan tempat kerja seperti itu. Namun nyatanya tidak semua perusahaan menyediakan ruang kerja impian tersebut. Efek sampingnya, mereka akan segera memburu tempat-tempat pelepas penat seperti café maupun resto ketika waktu rehat kantor tiba. Namun kini seiring dengan makin tingginya gaya hidup perkotaan, beberapa perusahaan atau #startup usaha memiliki alternatif ruang kerja yang bisa memenuhi ekpektasi “kantor idaman” tersebut.

Co-working space, sebuah konsep yang mungkin terbilang masih fresh di Indonesia. Co-working space pada dasarnya merupakan konsep ruang kerja yang dapat digunakan secara bersama-sama dengan startup atau perusahaan lain. Namun berbeda dari menyewa kantor atau gedung, pengelola co-working space menawarkan sesuatu yang akan memanjakan para pekerja serta memungkinkan tiap unit usaha dapat berkolaborasi secara positif. Tujuannya tentu tidak lain untuk memberikan atmosfir ruang kerja yang nyaman serta meningkatkan produktifitas pekerja.

1. Konsep Co-working Space

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, perbedaan yang mendasar antara co-working space dengan tempat perkantoran lain yakni adanya aspek komunitas kerja di dalamnya. Umumnya layanan co-working space dikembangkan di sebuah gedung perkantoran yang besar. Pada lantai yang telah dipermak menjadi bilik-bilik kerja, co-working space di tawarkan dalam bagian-bagian terpisah. Namun dari sisi desain interior, bagian-bagian tersebut sebenarnya terhubung satu sama lain bahkan pada beberapa pengembang co-working space justru melepas sekat antar ruang kerja tiap klien sehingga penyewa yang terdiri beberapa unit usaha tersebut dapat saling “bersentuhan” satu sama lain.

Pada umumnya dalam sebuah co-working space juga menerapkan kriteria tertentu untuk perusahaan atau startup yang ingin bergabung. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kualitas serta terkadang memiliki tema usaha tertentu. Sebagai contoh ada co-working space yang hanya menerima klien yang bergerak dalam bidang pembuatan software dan #aplikasi. Dengan adanya pengelompokan ini tentu menjadi potensi tambahan bagi tiap individu untuk mendapatkan pengetahuan baru dari “tetangga” kerjanya.

Selain itu yang menjadi ciri khusus lain dari co-working space adalah kesan “homy” yang ditawarkan. Tidak seperti kantor konvensional yang umumnya mempunyai desian interior monoton, co-working space datang menawarkan atmosfer tempat kerja yang lebih santai serta mengutamakan kenyamanan. Ruangan dengan cat modern minmalis dan beragam furniture aneka bentuk yang tersebar di seluruh area kerja tinggal di pilih sesuai dengan kebutuhan atau mood pekerja. Selain itu juga ada fasilitas pendukung lain seperti layanan cetak dokumen, jaringan internet serta terkadang ada juga yang menyediakan bar berisi cemilan serta minuman ringan.

Artikel lain: Butuh Working Space yang Nyaman di Jakarta? Ini Pilihannya

2. Keuntungan Menggunakan Jasa Co-working Space

Sebagai kesimpulan beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan jasa co-working space adalah:

  • Memungkinkan kolaborasi positif baik antar karyawan maupun dengan perusahaan klien lain. Utamanya untuk co-working space yang terfokus pada satu bidang, bisa menjadi awal sebuah perusahaan gabungan yang lebih besar.
  • Kesempatan mengembangkan diri bagi tiap individu. Mempunyai lingkungan kerja layaknya co-working space memungkinan kita untuk unjuk gigi menampilkan kualitas kerja. Bukan tidak mungkin kita mendapatkan peluang pekerjaan yang jauh lebih baik dari perusahaan lain.
  • Kondisi kerja yang santai namun tetap efektif dan efisien. Terdapat berbagai fasilitas disamping ruang kerja yang memang didesain senyaman mungkin.
  • Waktu penggunaan ruangan yang bisa diatur. Umumnya pengelola co-working space menawarkan paket harian, mingguan, bulanan bahkan per tahun. Paket tersebut bisa dipilih dan disesuaikan dengan budget bisnis.
  • Harga yang lebih hemat. Jika dibandingkan dengan membangun kantor sendiri atau menyewa gedung, konsep co-working space menawarkan harga yang lebih hemat. Bahkan ada beberapa pengelola co-working space yang memberikan ruang kerja secara gratis , namun terdapat klasifikasi yang harus dipenuhi oleh startup atau perusahaan yang ingin bergabung.

Baca juga: Kantor Virtual ~ Solusi Mahalnya Biaya Sewa Tempat di Jakarta

Penggunaan co-working space dapat menjadi solusi ditengah makin tingginya angka perusahaan kreatif namun masih berskala kecil. Selain itu dengan mengedepankan kolaborasi positif antar perusahaan, bisa jadi beberapa tahun kedepan co-working space yang sudah ada saat ini menjadi sebuah induk usaha besar di Indonesia. We’ll see.







Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud