Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Menyewa Virtual Office

Menyewa-Virtual-Office

Sebuah perusahaan yang baik adalah sebuah perusahaan yang menjalankan segala aktivitasnya dengan keberadaan sebuah kantor. Dengan sebuah kantor, perusahaan akan dianggap eksis dan nyata. Namun, tanpa adanya kantor, perusahaan bisa saja disebut fiktif dan nihil.

Banyaknya kasus penipuan yang bermunculan karena perusahaan yang tidak memiliki kantor ini tentunya harus membuat kita memahami arti sebuah kantor. Maka guna mendapatkan trust atau kepercayaan dari konsumen dan pelanggan anda maka keberadaan sebuah kantor sangat diperlukan.

Namun di kota-kota besar yang lahannya sudah menyempit dan sangat mahal ini membuat permasalahan serius bagi para pelaku usaha untuk memiliki sebuah kantor. Permasalahan  ini jelas akan semakin pelik jika tidak ada jalan keluar bagi para pengusaha untuk memiliki sebuah kantor.

Seiring hadirnya internet pada awal millennium kedua membuat permasalahan ini sedikit demi sedikit teratasi. Saat ini di kota-kota besar muncul suatu konsep perkantoran yang disebut dengan virtual office.

Apa itu virtual office? Virtual office adalah sebuah konsep kantor online yang memungkinkan para pegawainya melakukan aktivitas pekerjaan diluar kantor (diberbagai lokasi). Kantor yang disebut-sebut sebagai kantor masa depan ini jelas membuat secercah harapan bagi para pengusaha untuk bisa menjalankan perusahaan dengan profesional dan terpercaya.

Untuk memiliki kantor virtual ini anda hanya perlu menyediakan dana sebagai ongkos sewanya. Namun sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk menyewa kantor virtual, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan.




Artikel lain: Kantor Virtual ~ Solusi Mahalnya Biaya Sewa Tempat di Jakarta

1. Memilih Lokasi

Lokasi adalah salah satu faktor utama yang bisa membuat bisnis dan perusahaan berkembang atau tidak. Hal ini dikarenakan semakin strategis lokasi sebuah kantor semakin besar pula keuntungan yang diperoleh sebuah perusahaan. Maka penentuan lokasi kantor sangat krusial untuk diperhatikan.

Saat menentukan sebuah virtual office yang akan disewa, anda juga memerlukan kecermatan untuk memperhatikan lokasinya. Meski ini hanya sebuah kantor virtual, namun bukan berarti anda mengabaikan faktor lokasi. Karena jika kantor virtual anda tidak strategis, maka bukan tidak mungkin perusahaan anda sulit mendapatkan konsumen atau klien.

2. Fasilitas Yang Didapatkan

Saat ini dikota-kota besar, virtual office sudah mulai marak dan menimbulkan persaingan. Hal yang pasti dengan adanya persaingan antar pihak penyedia virtual office adalah harga yang kompetitif dengan beragam service atau fasilitas yang ditawarkan. Untuk itu jika anda benr-benar ingin menyewa sebuah virtual office, anda juga harus memperhatikan fasilitas yang diberikan pihak penyedia.

Dengan harga yang ada, apakah sudah setara dengan fasilitas yang diberikan? Jangan remehkan sebuah fasilitas kantor, karena dengan fasilitas perkantoran yang ditawarkan anda bisa mulai menghitung untung dan rugi. Dengan fasilitas perkantoran juga akan bisa terlihat bagaimana susana kerja yang akan terjadi nantinya.




3. Konsep Perusahaan

Hal berikutnya yang perlu anda perhatikan saat akan menyewa kantor vitual adalah konsep perusahaan. Maksudnya adalah apakah konsep atau sistem perusahaan yang anda miliki ini akan berjalan selaras dengan konsep kantor virtual yang ada? Dengan hal ini akan membuat anda terhindar dari kerugian.

Seperti kita ketahui bersama bahwa konsep virtual office adalah kantor online yang memiliki ruang terbatas bagi kegiatan pegawainya. Dengan ruang yang terbatas ini maka para pekerjanya akan diarahkan untuk bekerja diluar. Nah dari sini hubungkan dengan konsep perusahaan anda, apakah perusahaan anda sesuai dengan kondisi virtual office?

Jika tidak selaras, maka dengan menyewanya perusahaan anda tidak akan berjalan dengan efektif dan efisien. Biasanya perusahaan-perusahaan yang menyewa virtual office adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak di dunia digital dan internet.

Baca juga: Co-working Space, Inovasi Konsep Ruang Kerja Modern

4. Para Pegawai

Hal terakhir yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan menyewa virtual office adalah para pegawai yang nantinya bekerja untuk anda. Karena konsep virtual office ini belum terlalu populer, maka tidak semua pegawai yang ada dan yang anda rekrut nantinya bisa bekerja dengan konsep kantor virtual. Maka disini dibutuhkan kebijakan dan beberapa ketentuan yang adil dari anda selaku pemimpin perusahaan untuk bisa membicarakannya.

Bagi beberapa orang yang sudah terbiasa dengan gaya bekerja di kantor konvensional tentu saja saat bekerja di kantor virtual membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Itupun jika mereka sanggup dan bisa. Jika tidak bisa lagi, maka bisa saja kehilangan pegawai-pegawai anda. Maka faktor pegawai ini juga harus anda perhatikan sebelum memutuskan menyewa virtual office.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. jaman sekarang serba virtual. Persiapkan mental dan ilmu gan :)
    thanks infonya gan. Sangat membantu nih.

  2. Artikel menarik untuk saya sebagai pelaku bisnis..
    Tipsnya bermanfaat sekali mas :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud