FIH-PM1 ~ Smartphone Pertama Besutan Pencipta Android

FIH-PM1

Image dari Riaumandiri.co

Sistem operasi Android merupakan salah satu OS dengan peningkatan paling tajam sejak pertama kali diperkenalkan. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang sejarah serta perkembangan sistem operasi tersebut. Sedikit mengingatkan, sistem operasi ini diciptakan oleh seorang kreator teknologi terkenal bernama Andy Rubin.

Ketika awal mengembangkan Android, Andy berpikir bahwa bagaimana cara menciptakan sistem operasi yang tidak hanya eksklusif namun juga mampu menjalankan berbagai macam fungsi terutama dalam hal pengembangan aplikasi pihak ketiga. Dari situlah tercipta si OS “robot hijau” tersebut.

Dan belum lama ini, Andy Rubin siap mengejutkan dunia untuk kedua kalinya namun dengan mengusung temuan teknologi yang sedikit berbeda. Bukan dalam bentuk software, kali ini Andy Rubin dikabarkan segera merilis seri #smartphone yang tentunya berjalan di sistem operasi Android. Seperti apa ponsel pintar ciptaan bapak android tersebut? Berikut ulasannya.

Tentang Smartphone FIH-PM1

Dari kabar burung yang tersebar di media online, menyebut bahwa seri Ponsel pintar yang akan segera dirilis oleh Andy Rubin memiliki nama FIH-PM1. Bocoran tersebut pertama kali didengungkan oleh salah satu media teknologi international GFXBench. Dari situ kemudian, FIH-PM1 tersebar dan semakin membuat penasaran para netizen.

Menilik ke belakang, sebenarnya setelah mengembangkan sistem operasi #Android Andy sudah mulai mengambil ancang-ancang untuk mendirikan unit bisnis sendiri yang masih berhubungan di bidang industri teknologi telekomunikasi.




Artikel lain: Inilah 5 Smartphone Termahal di Dunia, Berminat Beli?

Tepatnya pada tahun 2016 lalu, kabar tentang rencana Andy yang ingin menciptakan ponsel pintar sendiri, mulai tercium. Namun setelah itu belum ada realisasi apapun yang dilakukan oleh Andy Rubin. Banyak pihak yang menyatakan bahwa, sebenarnya proses pembuatan smartphone FIH-PM1 sudah mulai dibuat sejak tahun 2016. Namun prosesnya sangat dirahasiakan agar tidak bocor ke ranah publik.

Baru pada tahun 2017 ini secara resmi produk FIH-PM1 mulai menampakkan wujudnya. Terlebih beberapa waktu yang lalu, Andy tempat mengunggah sebuah foto di laman media sosial pribadinya dari sebuah perangkat ponsel pintar. Foto itulah yang disinyalir merupakan prototype FIH-PM1.

Fitur dan Spesifikasi FIH-PM1

Tidak hanya penampakan, fitur dan spesifikasi FIH-PM1 juga sudah ramai diperbincangkan. Kabarnya, ponsel ini akan mengadaptasi layar yang cukup lebar yakni 5,5 inci dengan resolusi 1312 x 2560. Terkait dengan dapur pacu smartphone FIH-PM1, sudah akan dipersenjatai chipset Snapdragon 835 dengan CPU octa-core 2,2GHz, dan GPU Adreno 540.

Melihat spesifikasi di atas, diperkirakan smartphone ini merupakan smartphone yang berada di kelas mid to high end level. Untuk beberapa produk keluaran merk populer seperti Samsung, Xiaomi, serta beberapa merk lain yang juga menggunakan sistem operasi Android, spesifikasi tersebut memang sudah cukup mumpuni terlebih untuk menjalankan beragam kebutuhan berat.




Untuk RAM, FIH-PM1 akan dibekali dengan kekuatan 4GB plus daya tampung penyimpanan sebesar 16GB untuk memori internal.

Yang tidak kalah penting, salah satu fitur yang menjadi prioritas pengguna saat ini adalah kamera. FIH-PM1 sendiri diprediksi bakal mengangkut kekuatan resolusi #kamera utama 12MP dan 8MP untuk kamera depan. Tidak dijelaskan, spesifikasi lebih lanjut dari teknologi kamera tersebut. Namun, kabarnya yang cukup disesalkan kamera FIH-PM1 belum akan mengadaptasi kemampuan auto focus.

Tidak berhenti di situ, smartphone yang sudah bisa dijalankan dengan seri Android 7.0 Nougat ini, diprediksi mempunyai kemampuan modular atau penambahan bagian lain yang bisa disesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan. Dengan dukungan konektivitas NFC, FIH-PM1 juga diharapkan bisa mengakomodir beragam kepentingan sharing yang semakin jamak dimanfaatkan masyarakat modern.

Baca juga: Konsep Modular Smartphone, Inilah 4 Wujudnya yang Bisa Kita Jadikan Referensi

Sederet fitur serta spesifikasi di atas memang belum sepenuhnya dikonfirmasi resmi oleh Andy Rubin. Namun, setidaknya ada beberapa hal yang bisa dicermati sebelum nantinya seri ponsel pintar tersebut benar-benar dirilis.

Yang menarik, untuk menjalankan usaha pembuatan ponsel pintar, Andy Rubin mendirikan sebuah perusahaan bernama Essenstial Products Inc. yang hanya ditukangi oleh sekitar 40 orang pegawai. Tim tersebut kabarnya merupakan jebolan dari banyak perusahaan teknologi besar mulai Apple, Google, hingga Samsung.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Lho kok kamera FIH-PM1 belum mengadaptasi kemampuan auto focus, padahal fitur ini sangat diminati sekarang ini. Mungkin untuk kamera dapan saja yang belum auto focus Min.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud