Facebook Messenger Update Fitur Pembayaran Langsung Dari Aplikasi

facebook-messenger

Image dari BBC.com

Dalam beberapa tahun belakangan ini, telah muncul banyak sekali aplikasi mobile dengan berbagai fungsi dan kemudahan yang ditawarkan. Dengan banyaknya kemunculan aplikasi tersebut, tentu menimbulkan persaingan yang ketat antara pihak pengembang aplikasi sejenis. Dan untuk bisa bertahan, satu-satunya cara yakni dengan menghadirkan layanan terbaik bagi pengguna.

Seperti dalam persaingan aplikasi chatting, Facebook Messenger menjadi salah satu nama besar yang menguasai mayoritas pengguna di seluruh dunia. Tidak mengejutkan memang, karena aplikasi ini muncul dari pemisahan layanan media sosial raksasa #Facebook yang sudah mempunyai basis pengguna miliaran di seluruh dunia.

Dan untuk semakin meningkatkan ketertarikan pengguna dalam mengoperasikan aplikasi Messenger, Facebook belum lama ini melakukan update fitur yang memungkinkan pengguna Messenger untuk membayar pembelian online yang mereka pesan tanpa harus meninggalkan aplikasi. Dengan fitur ini tentu akan menyempurnakan fitur sebelumnya yang hanya memperbolehkan pengguna Messenger memesan tanpa bisa melakukan pembayaran.

Memudahkan Pengguna Menjalankan Belanja Online

Facebook memahami bahwa banyak pengguna aplikasi chatting yang seringkali mengakses situs belanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Dari situ, aplikasi chatting seperti Messenger tidak hanya digunakan untuk komunikasi namun juga untuk konfirmasi pembayaran.

Dari pemikiran itulah, beberapa bulan yang lalu tepatnya di bulan April 2016, Facebook mengeluarkan fitur aplikasi chatting Messenger yakni bots atau sistem yang bisa digunakan untuk melakukan pemesanan dan konfirmasi #belanja online. Dan saat ini, Facebook akhirnya menyempurnakan fitur tersebut dengan menambahkan kemampuan bots yang bisa melakukan pembayaran secara langsung.

Artikel lain: Facebook Messenger Rilis Fitur Video Calling, Persaingan Aplikasi Chatting Makin Sengit

Menawarkan Beragam Alternatif Pembayaran

Dalam update dengan versi Messenger 1.2 ini, secara umum yang ditonjolkan memang kemampuan bots yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran secara langsung melalui platform aplikasi. Dalam hal ini, setelah pengguna melakukan pembelian menggunakan bot, kemudian sistem akan secara otomatis menggunakan informasi metode pembayaran dari pengguna yang telah dimasukkan dalam database Facebook sebelumnya. Dari situ, bots dapat langsung menjalankan proses pembayaran secara otomatis.

Mengenai alternatif pembayaran yang bisa digunakan oleh pengguna juga dirasa cukup beragam. Tidak hanya bagi mereka yang mempunyai kartu kredit saja, pengguna yang menggunakan media pembayaran lain seperti Stripe, PayPal, Braintree dan American Express juga bisa mengakses fitur terbaru ini.

Dalam keterangan yang dirilis pada blog resmi Facebook tertulis bahwa, fitur ini diharapkan mampu memudahkan pengguna yang ingin melakukan pembayaran tanpa harus meninggalkan aplikasi. Dengan beberapa klik saja, sistem akan langsung mengarahkan pesanan yang dilakukan oleh pengguna, sekaligus melakukan pembayaran.

Hasil Kerjasama Dengan Ribuan Developer

Disampaikan oleh salah satu pimpinan dari proyek aplikasi Messenger, David Marcus, bahwa saat ini telah ada tak kurang dari 34.000 developer yang tergabung dalam platform Messenger. Para developer tersebut membantu terciptanya 30.000 bots dalam kurun waktu 6 bulan yang memiliki beragam fungsi, utamanya pembayaran dan transaksi online.




David menambahkan, pada awal pengembangan di bulan April, jumlah developer yang bergabung baru sekitar 10.000. Angka tersebut bertambah sebesar 11.000 di bulan Mei dan terus bertumbuh hingga saat ini. Dari situlah pihak pengembang aplikasi Messenger mampu menghadirkan beragam kemudahan bagi penggunanya.

Baca juga: Kian Praktis, Kini Kirim Data Dropbox Bisa Langsung Via Facebook Messenger

Hingga saat ini, sistem bots yang dijalankan dalam layanan Facebook sudah mampu melayani ratusan ribu jenis kebutuhan pengguna. Selain itu, sistem bots juga mampu diakses tidak hanya melalui teks namun juga  tampilan situs sehingga lebih memudahkan.

Perubahan ini memberi arti yang cukup besar bagi platform Messenger sebagai #aplikasi chatting yang multifungsi. Jika dulunya banyak pihak yang merasa bahwa pemisahan aplikasi Facebook dengan Messenger merupakan kesalahan besar, namun kini dengan bantuan bots yang melahirkan banyak manfaat bagi pengguna, akhirnya terjawab sudah bahwa aplikasi chatting yang satu ini juga mempunyai potensi yang sama besar dengan aplikasi induknya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. wah ..semakin maju aja aplikasi dari Facebook …

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud