Kian Praktis, Kini Kirim Data Dropbox Bisa Langsung Via Facebook Messenger

Facebook Messenger

Image dari Imore.com

Persaingan di ranah industri digital merupakan hal yang tidak bisa dihindari saat ini. Bagaimana tidak, hampir setiap hari kita selalu disuguhkan update terbaru dari beragam produk digital seperti #aplikasi, software hingga layanan berbasis online lainnya. Inilah kemudian yang membuat siapa saja pelaku industri ini, wajib waspada dan terus berupaya menghadirkan inovasi mutakhir.

Untuk ranah aplikasi instant messaging, Facebook Messenger baru-baru ini mengeluarkan fitur anyar yang tentunya akan semakin mempermudah para penggunanya. Fitur hasil kerjasama dengan layanan #penyimpanan awan Dropbox tersebut, nantinya memungkinkan para pengguna Facebook Messenger untuk mengirim file yang sudah berada di Dropbox melalui aplikasi Messenger secara langsung.

Selain file foto dan video, jenis file lain juga bisa dikirimkan dan nantinya dibuka menggunakan aplikasi Dropbox. Informasi selengkapnya telah kami rangkum pada artikel di bawah ini.

Bantu Pengguna Mempermudah Pengiriman File

Salah satu kebutuhan yang semakin hari semakin penting adalah berkirim file digital secara online. Dengan beragam keperluan masyarakat, file digital memang kerap kali dirasa lebih praktis ketimbang menggunakan file fisik seperti lembaran dokumen, buku hingga perangkat keras penyimpan data lain. Selain itu dengan makin banyaknya pengguna perangkat mobile, tentunya juga mendorong untuk tersedianya layanan pengiriman file melalui perangkat mobile yang lebih ringkas dan mudah.

Inilah yang ingin diraih oleh pihak pengembang Facebook Messenger, disampaikan oleh Head of Product for Messenger, Stan Shudnovsky tujuan utama pengembangan fitur ini adalah untuk mempermudah cara berkomunikasi setiap orang dengan cara yang mereka inginkan. Kebanyakan pengguna tentu berharap sebuah layanan yang bersifat simple dan tidak berbelit. Dengan integrasi Dropbox ke dalam aplikasi Messenger ini, diharapkan mampu menjadi solusi kebutuhan tersebut.




Artikel lain: Facebook Messenger Rilis Fitur Video Calling, Persaingan Aplikasi Chatting Makin Sengit

Mekanisme Fitur Pengiriman File Via Facebook Messenger

Saat ini Dropbox menjadi salah satu penyedia layanan penyimpanan awan (cloud storage) yang paling terdepan. Digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia, file yang telah tersimpan dalam database Dropbox diperkirakan berjumlah sangat masif. Selain itu dalam penggunaan, nyatanya Dropbox juga didominasi oleh pengguna personal yang sering kali menyimpan file untuk kepentingan pribadi.

Dari sinilah nanti, para pengguna yang telah mempunyai akun Dropbox dan menyimpan file mereka pada layanan tersebut, bisa langsung mengirimkan file yang dimiliki melalui aplikasi Messenger. Caranya juga sangat mudah, dengan memilih tombol upload via Dropbox, nantinya pengguna tinggal memilih file mana yang ingin dikirim pada teman chatting.

“Memberikan pengguna kami kemampuan untuk berbagi #video dan gambar Dropbox di Messenger hanya dengan beberapa sentuhan akan membantu mereka membawa lebih banyak gaya dan karakter ke percakapan itu,” ujar Stan Shudnovsky.

Mengenai jenis file yang dapat dikirim, pada dasarnya tidak ada batasan. Namun untuk file yang bisa langsung dibuka melalui aplikasi messenger hanya yang memiliki format foto serta video. Jenis file ini bisa langsung diakses oleh penerima melalui aplikasi Messenger tanpa menggunakan aplikasi lain.




Sedangkan untuk jenis file lain seperti pdf, file office serta beragam file lain, tetap bisa dikirimkan, namun jika ingin membukanya harus menggunakan aplikasi Dropbox yang terpasang pada perangkat mobile. Oleh karena itu, diharapkan nantinya pengguna menginstal baik aplikasi Messenger maupun Dropbox.

Baca juga: Facebook Payment, Fitur Pembayaran Inovatif via Facebook Messenger

Sudah Tersedia di Beragam Platform

Dalam keterangan resminya pihak Facebook Messenger menyatakan bahwa saat ini fitur tersebut sudah bisa diakses secara penuh oleh pengguna baik pada platform sistem operasi Android maupun iOS. Untuk pengembangannya sendiri, ke depan pihak #Facebook berupaya untuk memberikan pembaruan seperti fitur untuk membuka jenis file selain foto dan video.

Aplikasi Facebook Messenger, dalam beberapa waktu terakhir terlihat sangat gencar menghadirkan berbagai pembaruan layanan dan juga fiturnya. Untuk pengguna yang ada di Amerika, bahkan aplikasi chatting yang satu ini sudah bisa digunakan untuk melakukan pemesanan taksi Uber serta layanan Lyft. Bukan tidak mungkin, beragam fungsi serupa akan segera ada untuk pengguna aplikasi Messenger secara umum.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud