Facebook Messenger Rilis Fitur Video Calling, Persaingan Aplikasi Chatting Makin Sengit

Facebook-Messenger-Rilis-Fitur-Video-Calling

Melihat persaingan aplikasi chatting saat ini tentu sudah kian ketat. Tiap pengembang tentu berharap tidak akan tergusur dengan cara semakin memperkaya layanan yang disuguhkan. Perang fitur hingga berbagai kemudahanpun ditawarkan agar pengguna setia tidak lagi pindah ke lain aplikasi.

Nah yang terbaru, seperti yang dilakukan oleh pengembang aplikasi Facebook Messenger. Tidak ingin kalah saing dengan penyedia layanan serupa, belum lama ini Facebook resmi merilis fitur terbarunya untuk aplikasi Facebook Messenger yakni Video Calling. Dengan begitu, kini layanan Facebook Messenger-pun akan terasa semakin komplit.

Menjadi Suksesor Fitur Sebelumnya

Rumor akan ditanamkannya fitur video call pada aplikasi Facebook Messenger memang sudah berhembus beberapa waktu yang lalu. Tepatnya yakni ketika perusahaan besutan Mark Zuckerberg tersebut merilis fitur voice call. Dan sebagai suksesor fitur pesan suara, akhirnya #Facebook resmi meluncurkan layanan video calling.

Disampaikan oleh Mark, kini penggunaan aplikasi Messenger sudah meraih tak kurang 10% dari panggilan mobile VoIP secara global. Ini artinya fitur panggilan suara menjadi potensi besar yang harus segera dimanfaatkan oleh Facebook.

Jika ditarik ke belakang, sebenarnya fitur video call sudah pernah diperkenalkan Facebook lewat kerjasamanya dengan Skype. Namun pasca dicopotnya layanan Messenger menjadi aplikasi mandiri, peluang fitur video call pun nampaknya ingin digarap sendiri oleh Facebook.

Artikel lain: 5 Tips Memaksimalkan Penggunaan Fitur Facebook Messenger

Teknologi Video Call yang Lebih Stabil

Tujuan utama pengembangan fitur video calling tentunya untuk memberikan kemudahan dan kesan realitas dalam komunikasi maya para pengguna Facebook.  Oleh karena itu pihak pengembang aplikasi tentu tidak ingin main-main menyajikan fitur anyar tersebut.

Menurut rilis developer Messenger, salah satu kelebihan dari Video Call Messenger adalah kestabilan saat menjalankan fitur tersebut. Sebagai ilustrasi, pengguna Facebook yang mempunyai koneksi internet berteknologi LTE, tetap dapat menjalankan fitur video call yang stabil dengan pengguna di belahan dunia lain yang masih hanya tercover sinyal 3G. Selain itu, tahap pengembangan berikutnya pengembang juga menjanjikan adanya  fitur group video calling dan video stabilization untuk menunjang penggunaan yang lebih luas dan maksimal.

Mengenai kompatitbilitas penggunaan, fitur ini dapat dijalankan baik pada perangkat dengan sistem operasi Android maupun iOs. Selian itu terkait koneksi internet, video calling Messenger tidak hanya baik di jalankan menggunakan jaringan Wifi namun juga mobile data.

Cara Penggunaan Fitur Video Calling Messenger

Untuk dapat menggunakan fitur ini sangatlah mudah. Nantinya aplikasi Messenger yang telah terupdate dengan fitur video call akan menampilkan sebuah tombol di bagian kanan atas layar. Dengan menekan tombol tersebut, secara otomatis akan terhubung dengan layana video call dengan rekan chatting kita.

Selama percakapan berlangsung ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yakni dengan mengubah tampilan antara layar utama yang menampilkan rekan chating dan layar sekunder berukuran lebih kecil, tentunya mirip seperti layanan video call pada umumnya. Selain itu yang menarik, jika terjadi gangguan pada sinyal yang melemah, kita juga bisa mengubah video call ke mode voice call sehingga komunikasi dapat tetap berjalan.




Baca juga: Facebook Payment, Fitur Pembayaran Inovatif via Facebook Messenger

Akan Terus Dikembangkan

Saat ini fitur video call memang masih hanya dapat di akses oleh pengguna di beberapa negara tertentuk yakni Belgium, Canada, Croatia, Denmark, France, Greece, Ireland, Laos, Lithuania, Mexico, Nigeria, Norway, Oman, Poland, Portugal, the U.K., the U.S. and Uruguay. Namun dalam beberapa minggu ke depan, cakupan layanan akan terus diperlebar hingga mampu digunakan semua pengguna Facebook di seluruh dunia.

Terkait pengembangan aplikasi Messenger, semenjak resmi dipisahkan dari aplikasi induk Facebook, Messenger seakan tak ingin kalah pamor. Salah satu langkah besar yang sedang digodok adalah dengan mengembangkan platform open source sehingga pengembang pihak ketiga bisa membuat aplikasi tambahan untuk Facebook Messenger.

Wajib ditunggu bagaimanakah performa layanan video call Messenger ini di Indonesia. Mengingat status jaringan internet di Indonesia yang tergolong masih berkembang, apakah fitur ini akan banyak digunakan netizen lokal? We’ll see.




2 total comments on this postSubmit yours
  1. Jadi sekarang aplikasi video call Facebook sudah tidak kerjasama dengan Skype lagi ya mas? Keren Facebook ini … :)

  2. makin menguasai dunia aja facebook.
    kasihan skype ya mas. hem…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud