5 Tips Memaksimalkan Penggunaan Fitur Facebook Messenger

5 Tips Memaksimalkan Penggunaan Fitur Facebook Messenger

facebook messenger

Aplikasi Facebook Messenger sejatinya dibuat untuk memenuhi kebutuhan para pengguna #Facebook di masa kini. Kebutuhan untuk berkomunikasi secara instan dan bersifat personal dengan pengguna Facebook lainnya membuat aplikasi Facebook Messenger jadi semakin bermanfaat dan tepat sasaran.

Kehadiran aplikasi chat yang terhitung baru ini tentu turut meramaikan persaingan antar aplikasi chat. Kalau banyak orang yang merasa kurang nyaman saat menggunakan Facebook Messenger, ketidaknyamanan itu mungkin datang karena kurangnya pengetahuan tentang seluk beluk aplikasi ini.

Jadi, kalau mau menggunakan Facebook Messenger secara nyaman dan efisien, alangkah baiknya kalau kita menyimak beberapa tips berikut ini :

Artikel lain: 4 Fitur Facebook yg Harus Diketahui Oleh Tim Marketing Online

1. Cara Menonaktifkan Notifikasi Facebook Messenger

Salah satu kekurangan Facebook Messenger yang banyak dikeluhkan oleh para penggunanya adalah notifikasi pesan yang cukup mengganggu. Sebenarnya ada cara mudah lho untuk menonaktifkan notifikasi yang mengganggu tersebut. Kita bisa melakukan setting pada #aplikasi atau setting iPhone untuk menonaktifkannya.

Untuk menonaktifkan notifikasi dari aplikasi langsung, kita tinggal memilih menu setting kemudian mengatur sub menu notifikasi. Sementara jika melalui iPhone, tinggal masuk ke menu setting, sub menu messenger kemudian melakukan pengaturan notifikasi.

Ada pilihan untuk mengaktifikan notifikasi selama periode tertentu, mulai dari 15 menit, 1 jam, 8 jam hingga 24 jam. Cara ini tentu efektif ketika kita ingin berkonsentrasi dan menghentikan penggunaan Facebook Messenger untuk sesaat.

2. Menghapus Pesan Satu Per Satu

Melalui Facebook Messenger, kita tidak harus menghapus seluruh isi pesan kalau merasa ada isi pesan yang kurang berkenan. Cukup tekan dan tahan single message yang ingin dihapus, maka pilihan untuk menghapus pesan tersebut akan segera muncul. Sangat simpel dan membuat isi pesan secara keseluruhan akan tetap ada.

3. Pesan ini Sudah Dibaca Atau Belum, Ya?

Rasanya galau kalau mengirimkan pesan namun belum dibalas oleh si penerima pesan, ya. Tidak perlu galau lagi kalau kita bisa mengetahui apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum. Ada beberapa tanda yang bisa kita lihat untuk mengetahui apakah suatu pesan sudah terkirim atau sudah terbaca :

  • Lingkaran biru dengan bagian tengah putih menunjukkan pesan sedang dikirim
  • Lingkaran biru dengan tanda centang di bagian tengah menandakan pesan sudah berhasil dikirim
  • Lingkaran biru penuh dengan tanda centang berwarna putih menunjukkan kalau pesan sudah sampai ke penerima
  • Foto kontak teman Facebook Messenger dengan ukuran yang kecil menandakan kalau pesan tersebut sudah dibaca si penerima

Jadi, kalau pesan kita tidak dibalas oleh si penerima, mungkin saja ia sedang dalam keadaan sibuk atau dalam keadaan jengkel dengan kita ya, hehe.

4. Menampilkan atau Menyembunyikan Lokasi

Kalau kita tidak ingin menampilkan lokasi dimana kita berada saat membaca pesan di Facebook Messenger, maka kita bisa memilih untuk menyembunyikan lokasi. Melakukan setting lokasi dari iPhone cukup dengan masuk ke menu setting dan sub menu messenger, lalu mengatur on-off toggle location service.

Setelah berhasil melakukan setting, kita bisa dengan mudah menampilkan atau menyembunyikan lokasi dengan menekan icon anak panah pada bagian bawah pesan. Anak panah berwarna biru menunjukkan fitur lokasi sedang aktif sementara anak panah berwarna abu-abu menunjukkan fitur lokasi sudah dinon-aktifkan.

Agar bisa melihat lokasi dari teman chat, tekan saja pesan teman chat tersebut dan peta lokasi akan muncul bila teman chat kita mengaktifkan fitur lokasi.

Baca juga: Facebook Payment, Fitur Pembayaran Inovatif via Facebook Messenger

5. Menandai Teman atau Grup Facebook Tertentu

Menandai teman atau grup Facebook tertentu akan membuat kita jadi bisa mengaksesnya dengan cepat. Caranya, kita tinggal mengklik tab dan memilih sub menu pin tab yang terdapat pada bagian kiri atas pesan. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah sehingga menghubungi teman atau grup Facebook bisa kita lakukan dengan praktis tanpa harus mencari satu per satu kontak di Facebook Messenger.

Wah, sekarang menggunakan Facebook Messenger pasti jadi terasa makin mudah dan lancar berkat tips-tips kali ini. Siapkan Facebook Messenger sebagai aplikasi chat yang praktis dan mudah digunakan setiap saat. Jangan sampai kita terganggu dengan aplikasi ini karena kekeliruan saat melakukan setting, ya.

5 KOMENTAR

  1. Kenapa ya sudah 2 hari ini nitifikadi messenger nyala terus padahal ng ada pesan, gmn cara menormalkan….notifikasi ada kalau pesan ada, tks

  2. Sy mau menanyakan di facebook messenger tentang waktu disana dimunculkan kapan kita terakhir online. Kenapa tiba2 waktu tersebut bisa hilang dengan sendirinya.misalkan terakhir online hari ini 1 jam yang lalu.ke esokannya waktu tersebut bisa hilang secara tiba2. Dimohon untuk jawabannya. Trmaksh.

  3. Trus bagaimana cara nya kita mengetahui pesan kita sudah terbaca atau belum utk org yg tidak berteman dengan kita di facebook?

  4. Gimana cara ngilangin notifikasi messanger jadi ga bisa liat pesan langsung di appkilasi jadi applikasi memaksa harus download app messager nya

  5. Bro bedanya Lingkaran biru penuh dengan tanda centang berwarna putih menunjukkan kalau pesan sudah sampai ke penerima sama Lingkaran biru dengan tanda centang di bagian tengah menandakan pesan sudah berhasil dikirim itu apa? Please mohon jawabanya..

Tinggalkan Balasan