Facebook Payment, Fitur Pembayaran Inovatif via Facebook Messenger

Fitur-Pembayaran-Inovatif-via-Facebook-Messenger

Siapa bilang #Facebook hanya sekedar menjadi media sosial tempat curhat, sharing informasi atau mengunggah foto-foto? Facebook rupanya tidak pernah berhenti untuk berinovasi demi memenangkan kompetisi antar media sosial lho. Selalu ada cara bagi Facebook untuk memodifikasi dan meningkatkan kualitas fitur-fitur andalannya.

Setelah merilis aplikasi Facebook Messenger, kini Facebook kembali melengkapi aplikasi tersebut dengan sistem pembayaran. Ya, sistem pembayaran yang bisa memudahkan kita saat ingin melakukan transaksi melalui Facebook antar personal. Sistem ini akan dipopulerkan dengan sebutan Facebook Payment.

Mekanisme Sistem Pembayaran di Facebook Messenger

Melalui sistem pembayaran yang difasilitasi Facebook Messenger, para pengguna Facebook bisa memasukkan informasi mengenai kartu debit mereka pada Facebook Messenger. Ketika pengguna Facebook sedang menggunakan Facebook Messenger untuk berinteraksi dengan pengguna Facebook lainnya, tinggal memilih icon “$” dan pilihan entri “pay” yang terdapat di baris atas keyboard #aplikasi untuk mengirimkan pembayaran pada pengguna Facebook yang dituju.

Selanjutnya, pengguna Facebook yang menerima pembayaran melalui Facebook Messenger akan menerima pembayaran setelah membuka pesan pembayaran tersebut. Untuk urusan pengiriman deposito, transaksi yang dikirimkan akan sampai ke pengguna Facebook yang dituju dalam kurun waktu maksimal 3 hari. Pemilihan kartu debit dimaksudkan untuk meminimalkan beban biaya tambahan yang mungkin terjadi bila menggunakan fasilitas kartu kredit.

Artikel lain: Facebook Kembangkan Format Iklan Cinemagraphs Yang Lebih Menawan

Strategi yang Diatur Facebook

Facebook sengaja merancang dan meluncurkan layanan pembayaran pada Facebook Messenger supaya para pengguna Facebook bisa memanfaatkan sistem ini tanpa harus berpaling pada aplikasi lainnya. Karena menurut survey yang dilakukan oleh perusahaan digital eMarketer di tahun 2014, rata-rata masyarakat AS menghabiskan waktu 21 menit per hari untuk mengakses Facebook.




Waktu akses ini berarti sama dengan persentase 6% dari total waktu rata-rata online masyarakat AS setiap harinya. Semakin lama masyarakat menghabiskan waktu untuk membuka Facebook, hal ini akan memberikan dampak yang positif dan nilai statistik yang solid bagi perkembangan Facebook.

Facebook Memasuki Ranah Perdagangan

Oleh karena itu, tim Facebook kemudian sepakat untuk merilis fitur pembayaran pada Facebook Messenger untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap penggunaan Facebook sekaligus mendorong Facebook untuk mulai memasuki bidang bisnis dan perdagangan dunia. Peningkatan manfaat Facebook sebagai penyedia layanan pembayaran juga akan berdampak pada bidang advertising di Facebook.

Tingginya angka akses Facebook akan membuat nilai advertising ikut meningkat karena banyak disaksikan oleh para pengguna Facebook. Mengingat bahwa nilai transaksi via mobile di tahun 2014 berkisar pada angka USD 52 milyar, hal ini tentu menjadi kesempatan emas bagi Facebook yang sudah memiliki modal berupa 745 juta pengguna Facebook yang 50% diantaranya merupakan pengguna smartphone dan PC Tablet.

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Transaksi

Mungkin banyak orang yang khawatir ketika harus melakukan transaksi pembayaran di media sosial yang juga menjadi sarana untuk berbagi foto, informasi atau link video. Akan tetapi hal ini berusaha ditepis Facebook dengan meningkatkan kualitas pelayanan transaksi dengan cara yang mudah dan aman.

Menurut tim Facebook, sistem pembayaran di Facebook dilengkapi dengan dukungan software dan teknologi dengan standar keamanan yang sama seperti transaksi menggunakan kartu kredit. Sehingga sistem keamanan tersebut sebenarnya tidak bersentuhan langsung dengan fungsi Facebook sebagai media sosial. Sistem pembayaran tersebut akan merekam dan melakukan tracking terhadap jenis transaksi yang dianggap tidak aman dan mencurigakan.




Baca juga: Metode Pembayaran yang Bisa Digunakan Untuk Facebook Ads

Realisasi Facebook Payment

Untuk sementara waktu ini, Facebook Payment akan segera direalisasikan untuk masyarakat AS dengan target para pengguna desktop, pengguna #Android serta #iOS. Proses penggarapan dan perencanaan konsep Facebook Payment akan dibuat secara matang oleh sejumlah tim ahli dari kalangan perbankan, teknologi keuangan serta dukungan sejumlah tim software lainnya.

Bila peluncuran Facebook Payment sukses menjadi alternatif transaksi pembayaran via mobile, bukan mustahil Facebook akan mulai mengembangkan konsep Facebook Payment untuk para pengguna Facebook di kawasan Asia, termasuk Indonesia. Yuk kita nantikan saja terobosan Facebook Payment yang membuat transaksi menjadi terasa lebih praktis dan aman!




3 total comments on this postSubmit yours
  1. Seperti yang pernah saya hayalkan di akhir tahun 2013

    • Wah sudah ada yg berhayal duluan hahaha…. keren :)

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud