Ecommerce Tumbuh Subur, Bisnis Jasa Pengiriman JNE Pun Ikut Makmur

Bisnis Jasa Pengiriman JNE

Image dari Idwebsite.web.id

Kita tahu bahwa beberapa tahun terakhir industri perdagangan online atau akrab disebut sebagai ecommerce, di Indonesia sangat berkembang sedemikian besar. Banyak sekali layanan jual beli secara online yang mulai digemari masyarakat Indonesia, katakanlah semacam Bukalapak, Blibli, Elevenia dan nama lainnya kini menjadi pilihan dalam menjual maupun membeli sesuatu. Pertumbuhan bisnis online seperti ini tentu saja akan berbanding lurus dengan pertumbuhan bisnis di bidang lain yang terkait erat dengan #ecommerce seperti misalnya bisnis jasa pengiriman barang.

Di Indonesia sendiri, #jasa pengiriman barang atau jasa kurir yang bisa dikatakan besar adalah JNE. Dengan memiliki 5000 konter di seluruh Indonesia, JNE menjadi pilihan utama bagi hampir seluruh pelaku bisnis ecommerce untuk mengirimkan barangnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pesatnya pertumbuhan ecommerce di Indonesia berkontribusi positif terhadap pendapatan bisnis jasa pengiriman seperti JNE.

Perkembangan Bisnis Jasa Pengiriman JNE

Menurut penjelasan Mohammad Feriadi, Presiden Direktur JNE, peningkatan jumlah kiriman JNE mulai dirasakan ada peningkatan adalah sejak tahun 2015. Pada tahun 2015 adalah moment dimana bisnis ecommerce mengalami peningkatan yang signifikan dalam perkembangannya. Hal ini tentu saja adalah sesuatu yang sangat logis, karena setiap bisnis ecommerce pasti sangat membutuhkan jasa pengiriman barang.

Dengan kapasitas kemampuan yang dimiliki oleh JNE tentu saja hal ini bisa menjadi sebuah simbiosis yang saling menguntungkan antara pebisnis ecommerce dan juga pebisnis jasa antar barang seperti JNE itu sendiri. Dalam satu hari kerja, kiriman JNE bisa mencapai 400 ribu barang atau sama dengan 12 juta pertahun pada tahun 2015 yang lalu. Mohammad Feriadi optimis pada tahun 2016 ini pertumbuhan bisnis JNE juga bakal mengalami kemajuan yang signifikan. Ini jika dilihat dari semakin besarnya pertumbuhan bisnis ecommerce di Indonesia.

Artikel lain: Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Mendukung Bisnis Online

Bahkan dalam hal pendapatan, JNE sendiri memperkirakan bisa mengalami pertumbuhan mencapai 30 sampai 40 persen. Dan bukan tidak mungkin bisa saja angka tersbut terus melaju seiring semakin besarnya masyarakat Indonesia yang menggunakan ecommerce sebagai pemenuh kebutuhan mereka.

70% Revenue JNE Datang Dari Ecommerce

Menururt Feriadi, Indonesia adalah sasaran empuk bagi produsen barang yang menjalankan bisnis ecommerce. Ini karena Indonesia memang merupakan pasar yang sangat besar untuk itu. Kemudian jika ditarik hubungannya dengan bisnis jasa kurir barang, tentu saja juga sangat menguntungkan. Dengan potensi pasar yang luar biasa, kemudian ditunjang secara geografis Indonesia adalah negara kepulauan sehingga bisnis ecommerce pasti sangat membutuhkan jasa kurir. Secara garis besar, JNE membagi pelaku ecommerce yang menjalin kerjasama dengan mereka menjadi dua ketegori. Pertama yaitu pelaku ecommerce korporasi dan yang kedua adalah individual.

Untuk pelaku ecommerce korporasi, hampir semuanya saat ini sudah menggunakan JNE sebagai jasa antarnya. Feriadi juga menjelaskan bahwa dari pelaku bisnis ecommerce ini JNE mendapatkan sumbangsih yang sangat signifikan terhadap pendapatan mereka. Meski industri ecommerce di Indonesia ini baru tumbuh besar pada kisaran dua tahun terakhir, Feriadi menyebut bawa revenue JNE dari bisnis ecommerce mencapai 70 persen.

Baca juga: Tips Sukses Jalankan Kemitraan Jasa Pengiriman JNE

Adanya Fasilitas Khusus Bagi Ecommerce

JNE juga memberikan layanan spesial bagi para pelaku bisnis ecommerce dalam kategori konsumen korporasi. Ada beberapa fasilitas yang lebih pada konsumen korporasi, seperti jasa pengambilan barang, kemudian pembayaran juga tidak bersifat langsung tunai namun menggunakan model tagihan. Kemudian mereka juga bisa langsung terkoneksi dengan sistem JNE itu sendiri.




Selain itu, JNE juga terus melakukan perbaikan di berbagai bidang seperti meluncurkan layanan baru dalam model aplikasi mobile melalui MyJNE di Google Play Store. Ini dilakukan semata-mata untuk memberikan pelayanan prima pada setiap konsumen dari JNE. Dengan akses #internet yang semakin mudah dan penggunaan smartphone juga semakin tinggi, maka dengan aplikasi tersebut tentu saja akan memudahkan dalam proses transaksi.

Semoga saja jasa layanan antar barang seperti JNE ini terus berbenah menjadi lebih baik ke depan. Dengan banyaknya perbaikan dan inovasi dari jasa antar barang seperti JNE, tentu juga akan semakin mendukung perkembangan industri bisnis ecommerce di tanah air.



1 comment on this postSubmit yours
  1. selamat dan sukses buat JNE

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud