Tips Sukses Jalankan Kemitraan Jasa Pengiriman JNE

Tips Sukses Jalankan Kemitraan Jasa Pengiriman JNE

Image dari Kompasiana.com
Image dari Kompasiana.com

Perkembangan dunia bisnis di Indonesia semakin menampakkan perkembangan yang signifikan. Terutama pada lini #bisnis online, pertumbuhan begitu besar dan sangat cepat seakan menjadi sebuah trend. Untuk bisnis online ini, bukan hanya berpusat pada kota-kota besar saja. Namun kota dan kabupaten kecil seperti Trenggalek, tempat saya tinggal juga mulai menggeliat.

Nah, seiring perkembangan bisnis online yang kebanyakan menggeluti bidang #toko online, menjadikan agen jasa pengiriman menjadi sangat penting keberadaannya. Saya melihat di beberapa sudut kota di Trenggalek, yang notabene adalah kota kecil, akhir-akhir ini banyak bermunculan jasa pengiriman barang. Salah satunya yang banyak muncul adalah JNE, tidak hanya satu namun ada beberapa yang berdiri.

Dan ternyata mendirikan atau bekerjasama dengan jasa pengiriman JNE ini adalah salah satu bisnis #franchise yang sangat menguntungkan. Perkembangan bisnis pada JNE yang begitu besar dan cakupan yang luas, memungkinkan kita untuk ikut masuk di dalamnya. Jika teman-teman ingin mencoba menjalin kerjasama dengan JNE, perhatikan beberapa poin di bawah ini.

Prosedur Kemitraan JNE

Bagi teman-teman yang akan menjalin kerjasama atau bermitra dengan JNE, perlu kalian ketahui bahwa JNE menawarkan paket kemitraan dengan biaya 3,5 juta. Paket tersebut nantinya akan dikembalikan pada mitra dalam bentuk fasilitas usaha dengan perijinan. Pihak JNE juga mewajibkan pada mitra bisnis untuk menyetor uang jaminan sebesar 5 juta rupiah, di mana uang tersebut nantinya akan dikembalikan setelah berakhirnya kontrak.

Dari informasi di atas, bisa sedikit kita tarik kesimpulan bahwa untuk memulai menjadi mitra JNE, setidaknya kita membutuhkan dana kurang lebih 5 juta sampai 10 juta. Biaya tersebut sudah termasuk paket, uang jaminan perijinan dan bisa untuk berpromosi kecil pada awal bisnis.

Untuk keuntungan yang ditawarkan dalam kerjasama ini adalah pembagian keuntungan bersama dengan sistem yang sudah ditentukan oleh JNE. Jika omset perbulan yang bisa dihasilkan mencapai 5 juta rupiah, maka teman-teman akan mendapatkan 22% dari hasil keuntungan. Jika keuntungan kira-kira mencapai antara 5 juta sampai 10 juta, maka mitra akan mendapatkan 25% dari keuntungan.

Artikel lain: Titipan Kilat JNE – Peluang Usaha Agen Pengiriman Barang

Jika keuntungan yang bisa diperoleh adalah 10 juta ke atas, maka mitra akan mendapatkan 27% keuntungan. Selain keuntungan finansial tersebut, kalian juga bisa mendapatkan kemudahan menjalankan bisnis tanpa branding karena nama JNE sudah begitu populer dalam pelayanan jasa pengiriman di Indonesia.

Tips Menjadi Agen Jasa Pengiriman JNE

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Tentu saja pemilihan lokasi sangat menentukan prospek ke depan bisnis keagenan ini. Lokasi yang strategis adalah lokasi yang ramai, mudah dijangkau dan merupakan perputaran bisnis. Pemilihan lokasi berdasar kriteria di tersebut biasanya ditemukan di pusat kota atau pusat perkantoran. Bagaimanapun juga, pemilihan lokasi yang tepat sangat berpengaruh pada bisnis teman-teman.

2. Jangan Lupa Promosi

Meskipn mungkin JNE adalah salah satu brand terkemuka dalam bisnis jasa pengiriman, namun promo untuk keagenan milik kalian sendiri harus dilakukan. Promo bisa kalian lakukan dengan berbagai cara, cara sederhana misalnya teman-teman bisa memberi tahu secara lisan pada orang terdekat.

Teman, keluarga, saudara, bisa kalian berikan informasi mengenai keberadaan JNE Anda. Selain itu, teman-teman juga bisa melakukan promo melalui #media sosial, facebook, twitter atau yang lainnya, pokoknya berpromosilah.

3. Persiapkan Sumber Daya

Sebelum memulai usaha ini, sangat disarankan untuk mempersiapkan sumber daya yang bagus. Ini berkaitan dengan segala yang diperlukan ketika bisnis ini nanti mulai berjalan. Kemampuan personel yang mengelola, kemudian sarana prasarana yang dibutuhkan, hendaknya menjadi perhatian Anda. Agar ketika kemitraan ini sudah mulai berjalan, teman-teman sudah ready to go, tidak disibukkan lagi dengan persiapan.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Mendukung Bisnis Online

4. Jalinlah Relasi Bisnis Sebanyak-banyaknya

Ini juga dalam rangka mendukung perjalanan kemitraan bisnis agen jasa pengiriman teman-teman. Petakan siapa saja yang mungkin nantinya akan membutuhkan jasa Anda, kalau sudah kemudian tembusi mereka. Biasanya, yang paling banyak pengguna jasa pengiriman adalah mereka yang berkecimpung dalam dunia toko online.

Karena pasti akan membutuhkan pengiriman barang di luar daerah. Maka perbanyaklah teman atau rekan yang mempunyai bisnis online. Dari situ diharapkan semakin meningkatkan peran jasa pengiriman yang sedang kalian kelola.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan