Dengan Fitur Terbaru Google “Popular Times”, Kita Bisa Mengetahui Jam Sibuk Tempat...

Dengan Fitur Terbaru Google “Popular Times”, Kita Bisa Mengetahui Jam Sibuk Tempat Nongkrong Favorit

google-popular-times
Image dari Cnet.com

Bagi rekan-rekan yang terbiasa menggunakan fasilitas aplikasi dari #Google, seperti Google Search ataupun Google Maps, mungkin sudah paham bahwa terdapat sebuah fitur kecil yang terkadang bisa sangat membantu terutama ketika akan mengunjungi tempat berkumpul seperti cafe, restoran atau sejenisnya.

Fitur yang dinamakan Popular Times ini akan menunjukkan pada pengguna, kapan saja hari atau jam yang termasuk waktu ramai dari lokasi tersebut. Jika kita memang sedang membutuhkan suasana yang lenggang dan sepi, nantinya kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk memilih hari kunjungan yang tepat.

Namun saat ini, Google mempunyai proyeksi lain untuk meningkatkan fungsi dari fitur Popular Times. Jika sebelumnya fitur ini tidak bekerja secara real time, kini semua datanya tersaji secara langsung berdasarkan kondisi riil yang ada di lokasi.

Pengembangan Fitur Populer Times

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa Google memang sudah mempunyai perhatian terhadap kebiasaan masyarakat untuk mengunjungi sebuah pusat keramaian atau tempat berkumpul seperti cafe atau restoran favorit. Dari sini, masalah yang mungkin timbul adalah kondisi tempat tersebut yang sudah terlampau ramai sehingga tidak lagi nyaman atau bahkan kita tidak bisa memesan tempat sama sekali.

Dan setelah muncul fitur popular Times sebenarnya masalah sudah cukup teratasi. Untuk pengguna di Indonesia sendiri, data yang dihadirkan dalam fitur ini terkadang cukup bisa diandalkan. Terutama untuk tempat nongkrong yang berada di kota besar, memang cukup banyak data anonymous dari pengunjung tempat tersebut yang masuk ke database Google.

Artikel lain: Mengintip Fungsi 4 Fitur Google Drive yang Tak Banyak Diketahui Penggunanya

Dan kini nampaknya, kita bisa lebih diuntungkan lagi karena fitur popular times akan mengalami peningkatan fungsi, yakni bekerja secara real time.

Keuntungan Fitur Terbaru

Lalu apa keuntungannya? Keuntungan yang pertama tentu kita bisa menyesuaikan waktu kunjungan secara lebih fleksibel.

Kapan pun kita akan pergi ke suatu tempat, kita tinggal melihat seperti apa kondisi penuh atau tidaknya pengunjung dari tempat tersebut. Terlebih, dalam pengembangan terbaru fitur ini, diberikan pula rentan waktu dalam satuan jam sehingga kita bisa mengecek jauh lebih detail.

Keuntungan berikutnya adalah, ada kalanya kita sudah memesan terlebih dahulu tempat di restoran favorit kita. Namun sebagian orang cenderung lebih suka tempat menikmati waktu yang lebih nyaman tanpa banyak kebisingan. Di sinilah kita tinggal melihat apakah di jam-jam reservasi kita merupakan jam sibuk dari restoran tersebut, jika ya, kita tinggal mengganti pada jam yang lebih tepat.

Selain itu, bagi pengguna yang memang cukup sering mengunjungi sebuah tempat, fitur popular times terbaru juga semakin mudah digunakan untuk menampung data dari kita. Jadi ketika kita berkunjung ke tempat tersebut dan ternyata tempat tersebut memang sedang sibuk, kita bisa langsung memasukkan data dengan mudah untuk semakin meningkatkan keakuratan data yang ada.

Hal ini tentu bisa membantu, tidak hanya untuk orang lain yang ingin mendapat referensi sebelum berkunjung ke sebuah tempat namun juga berguna bagi kita sendiri yang mungkin akan berkunjung lagi di kemudian hari.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 lalu, fitur Popular Times yang dicantumkan melalui layanan Google Search dan Google Map, mendapatkan apresiasi yang cukup besar dari banyak pengguna. Selain itu bagi para pemilik tempat kunjungan, fitur ini nyatanya juga mampu membantu para pengelola untuk lebih cepat memperkenalkan bisnis mereka.

Tak mengejutkan bila kemudian dalam waktu beberapa bulan saja, jumlah tempat kunjungan atau lokasi bisnis yang masuk dalam data Google naik tajam. Termasuk di Indonesia, untuk beberapa kota besar seperti Jakarta, bandung, Jogjakarta serta Surabaya juga semakin banyak tempat yang bisa kita akses data kunjungannya.

Baca juga: Multi Stop Directions ~ Fitur Terbaru Google Maps yang Akan Bantu Anda Jalani Mudik dengan Lancar

Namun tentu, masih banyak sekali lokasi di Indonesia yang belum terjamah oleh fitur nilai Google tersebut. Alasannya, selain kurangnya data yang diupload oleh pengguna, fasilitas teknologi seperti #internet nyatanya juga masih terbatas di kebanyakan lokasi.

Bagaimanapun, semoga fitur ini bisa semakin meningkatkan produktivitas pengguna disamping juga menjadi alat marketing yang efektif bagi para pemilik bisnis di Indonesia.

3 KOMENTAR

  1. Semakin mudah dan keren,dan juga selalu Up To Date pastinya…!

  2. Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk mencari tempat nongkrong yang pas, jadi kayaknya bakal bisa janjian ditempat baru sesuai keinginan

Tinggalkan Balasan