Mengintip Fungsi 4 Fitur Google Drive yang Tak Banyak Diketahui Penggunanya

fitur google drive

Image dari PCmag.com

Jika dulu kita mengenal disket atau mungkin yang lebih modern yakni flash disk untuk menyimpan berbagai data seperti file, gambar, audio video, program dan lain-lai, kini perkembangan perangkat penyimpan data nampaknya sudah jauh berkembang. Dikombinasikan dengan jaringan online, kita saat ini bisa menyimpan dengan lebih mudah dan praktis lewat layanan penyimpanan awan alias secara online.

Salah satu layanan penyimpanan awan yang paling populer adalah Google Drive. Selain menyediakan ruang penyimpanan yang lega, layanan milik raksasa teknologi #Google tersebut tentunya juga akan memudahkan kita karena terintergrasi dengan layanan milik Google yang lain seperti Gmail atau media sosial Google Plus.

Nah, meski sudah banyak digunakan oleh jutaan netizen di seluruh dunia, ternyatanya ada beberapa fitur dari Google Drive ini yang terkadang masih belum banyak diketahui para penggunanya. Padahal jika kita bisa memaksimalkan penggunaan fitur tersebut, tentu proses penyimpana data kita secara online akan lebih mudah dan efektif. Ingin tahu apa sajakah fitur Google Drive tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Fitur Google Drive Drag and Drop File

Fitur Google Drive pertama yang belum banyak dimaksimalkan penggunanya adalah Drag and Drop File. Sebenarnya fungsi dari fitur ini sangat sederhana yakni untuk memasukkan file dari #komputer ke dalam layanan Google Drive. Namun kebanyakan saat akan menjalankan proses ini, yang diketahui oleh pengguna adalah dengan cara memilih tombol New, diikuti Upload File dan baru memilih file yang ada dalam direktori komputer.

Nah dengan fitur Drag and Drop, kita bisa memotong beberapa langkah sehingga proses upload file bisa berjalan dengan lebih ringkas. Caranya juga sangat mudah, yakni dari direktori komputer kita tinggal memilih file, klik file dan tahan mouse kemudian seret file tersebut masuk ke laman Google Drive. Secara otomatis file akan terupload masuk.




Artikel lain: Mengenal Google Drive, Penggunaan dan Keunggulannya

2. Pencarian File Berdasarkan Kolaborator

Untuk beberapa pengguna utamanya yang menggunakan layanan Google Drive untuk kepentingan bisnis, umumnya mempunyai jumlah file yang sangat banyak bahkan mencapai ratusan atau ribuan file. Masalah akan muncul ketika kita ingin mencari file yang masuk ke akun kita yang berasal dari teman atau relasi (kolaborator).

Jika sejak awal sudah kita kelompokkan dan rajin kita sortir mungkin akan mudah menemukannya./ Namun jika terlanjur tidak tertata tentu akan sangat tidak efektif jika kita mencari file tersebut apalagi jika kita lupa nama file tersebut.

Nah tenang saja, sebenarnya ada cara yang mudah untuk mencari file yang telah dibagikan oleh kolaborator kita. Caranya yakni dengan mengetik nama atau alamat #email kolaborator di kolom pencarian, maka daftar file yang terhubung dengan kolaborator tersebut akan muncul, dari situ maka kita bisa lebih mudah menemukan file yang ingin dicari.

3. Fitur Penterjemah

Fitur bermanfaat berikutnya adalah fitur penterjemah. Saat menerima sebuah file atau mempunyai file dengan bahasa asing yang tidak kita mengerti, kita bisa lo menterjemahkannya lewat layanan Google Drive. Fitur ini tentu tidak terlepas dari layanan Google Translate yang telah terintergrasi secara online.




Caranya setelah mengupload file, klik kanan pada file dan pilih open with Google Drive. Setelahnya pilih menu Tools, kemudian kita tinggal memilih bahasa yang kita fahami dan klik Translate. Secara otomatis kalimat atau teks tersebut akan langsung berubah dalam bahasa yang telah kita setting tadi.

Baca juga: Google Photos ~ Cloud Service Khas Google, Bantu “Rampingnya” Memori Smartphone Anda

4. Konversi PDF Menjadi Teks

Fitur bermanfaat terakhir yang masih jarang terjamah pengguna Google Drive adalah fitur konversi dari bentuk file PDF menjadi teks. Dalam beberapa kesempatan tentu kita pernah mendapatkan file PDF dari rekan atau hasil searching namun ingin mengganti menjadi bentuk teks dengan alasan untuk diedit kembali atau tujuan lain.

Nah dengan Google Drive sebenarnya bisa kog menjalankan fungsi tersebut. Bagaimana caranya? Pertama kita tinggal mengunggah file PDF tersebut masuk ke akun Google Drive. Sesudahnya seperti poin sebelumnya, kita klik kanan pada file PDF tersebut dan pilih open with Google Docs. Setelah itu kita akan diberikan pilihan membuka file dalam bentuk PDF atau file teks. Jika ingin dalam bentuk teks tinggal memilih pilihan dengan logo warna biru. Mudah bukan.



3 total comments on this postSubmit yours
  1. menarik memang ketika membahas tentang fitur-fitur google, apalagi tentang google drive, selama ini yang saya ketahui google drive hanya memiliki fungsi untuk menyimpan data dokumen secara online dan alhasil ada fungsi lainnya juga ternyata, makasih agan max sudah berbagi informasi yang bermanfaat.

  2. Yap, Google Drive memang mantab

  3. yang baru liat fitur mengubah file pdf ke word. itu apa ga berantakan ya hasilnya. cz pernah nyoba juga pake tools hasilnya masih agak berantakan. patut dicoba

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud