Dari Hulu Ke Hilir, Telusuri Profesi yang Paling Sesuai Dengan Passion Anda

Image dari Paycom.com

Image dari Paycom.com

Bekerja dan menjalani profesi yang sesusai dengan passion memang akan sangat menyenangkan. Selain kita akan beraktivitas berdasarkan kegemaran dan kesenangan kita, bekerja sesuai passion juga akan membuat Anda menjalankan hari-hari yang penuh makna dan berarti dalam hidup. Namun sayangnya tidak semua orang bisa mengerti dan memahami arti dari passion dan bekerja atau berprofesi sesuai passion tersebut.

Maka yang terjadi banyak orang yang mengira bahwa orang yang suka memasak harus jadi chef atau orang yang suka melukis harus jadi pelukis dan lain sebagainya. Padahal yang untuk mencapai passion yang seseungguhnya tidak harus linier dengan hanya membuat satu kemungkinan profesi saja.

Kian Luasnya Alternatif Profesi di Masa Kini

Saat ini dunia sudah berkembang sangat pesat hingga menciptakan banyak peluang dan kemungkinan yang beragam hingga menciptakan sebuah istilah yang dinamakan PassionProfessional atau Passionpreneur.

Sebagai contoh bagi Anda yang suka dengan dunia makanan, Anda bisa menjadi chef, pengusaha kuliner, food #blogger, penulis buku resep, celebrity chef, konsultan makanan, konsultan restoran, konsultan makanan sehat, food fotographer, food designer, franchisee fast food, importir bahan baku masakan, pemilik toko alat masak, sekolah kuliner dan restoran, dan masih banyak lagi.

Artikel lain: 10 Tahun Mendatang, Beberapa Pekerjaan Unik Ini Mungkin Akan Benar-Benar Ada!

Lalu bagaimanakah cara menentukan profesi yang paling tepat dari beragam kemungkinan yang sesuai dan tepat berdasarkan passion tersebut? Yang pasti untuk menciptakan pekerjaan yang sesuai passion ini Anda kita bisa analogikan dengan sebuah sungai yang memiliki aliran dari hulu dan bercabang-cabang hingga ke hilir. Bagaimanakah maksudnya? Berikut penjelasan lewat beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.

1. Mulailah Dari Hulu

Sekali lagi Anda harus bayangkan bahwa minat dan passion Anda memiliki analogi seperti sebuah sungai. Langkah pertama, Anda harus memulainya dari hulu yaitu tempat awal mula sumber mata air berasal. Dalam hal ini Anda harus berhasil menemukan titik profesi atau bisnis paling ujung dari bidang minat Anda.

Tanyakan dan tuliskan bidang industri apa saja yang bisa mengawali dan menyuplai peminatan Anda tersebut. Misalkan, bila peminatan Anda adalah film, maka di hulu industri ini ada beberapa bidang eksplorasi seperti pabrik kamera, pabrik peralatan film, studio film, pembuatan film dan lain- lain.

2. Tanyakan, Siapa yang Berhubungan dengan Mereka Ini

Setelah menemukan industri hulu dari minat Anda, langkah berikutnya adalah menemukan jajaran profesi dan bisnis dari aliran di area hulu tersebut. Masih tentang pemintaan film tadi maka profesi yang bisa muncul dari industri hulu film tersebut adalah cameramen, photographer, videographer, designer, produser, sutradara, costume designer, investor film dan masih banyak lagi.

3. Temukan Aliran Pilihan Lainnya

Dari aliran sungai daerah hulu, Anda harus bergerak mengalir ke cabang sungai berikutnya yaitu daerah tengah sungai. Di sini Anda akan mulai bisa memiliki banyak pilihan profesi, karena daerah aliran tengah sungai sudah memiliki banyak cabang sungai.




Masih dari peminatan film, dari profesi yang Anda temukan di daerah aliran hulu, di langkah ketiga ini Anda akan menemukan pilihan profesi dan bisnis lain lagi, seperti perusahaan distributor film, talent scout, agent, aktor, studio special effect, stunt man house, choreographer, scriptwriter dan lain- lain.

4. Semakin Dekat Pada Konsumen

Berikutnya, langkah untuk menemukan profesi sesuai passion Anda adalah dengan terus mengalir menuju hilir sungai yang merupakan area paling dekat dengan konsumen. Di area ini Anda masih akan menemukan bahkan lebih banyak lagi pilihan profesi, seperti kritikus film, pengusaha bioskop dan teater film, film blogger, pemilik majalah tentang film, reviewer film di majalah, Blue Ray distributor, pembuat video pendek indie, dan seterusnya.

Baca juga: Apa Alasan Seseorang Resign Dari Pekerjaannya di Kantor?

5. Saatnya Menentukan

Langkah terakhir dalam tahapan ini adalah menentukan satu profesi beragam pilihan profesi tadi yang sesuai passion Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih yang modal memulainya cocok dengan kapasitas Anda saat ini (atau bisa diusahakan).
  • Pilih yang aktivitasnya paling cocok dengan skill dan kemampuan Anda.
  • Pilih yang konsumen yang dilayaninya sesuai dengan minat target pasar Anda.
  • Pilih yang rutinitasnya memberi Anda kepuasan.
  • Pilih yang produk dan jasanya dapat Anda sediakan (atau bisa diusahakan).
  • Pilih yang cocok dengan identitas Anda. (Akademis, Profesional, atau Bisinis?)
  • Pilih yang bisa Anda laksanakan segera tanpa banyak penundaan.
  • Pilih yang membuat Anda bisa tersenyum saat menjalankan aktivitas pekerjaan tersebut.

Demikianlah strategi hulu-hilir yang bisa Anda gunakan untuk menggali informasi tentang profesi apakah yang sebenarnya paling sesuai dengan passion Anda.

Jika rekan-rekan masih dalam masa pencarian karir, bisa langsung mencoba langkah di atas sebagai panduan. Namun bagi yang telah mempunyai pekerjaan namun masih merasa belum menemukan karir impian, tidak ada salahnya kembali bertanya pada diri sendiri tentang masa depan karir Anda lewat strategi di atas.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud