10 Tahun Mendatang, Beberapa Pekerjaan Unik Ini Mungkin Akan Benar-Benar Ada!

Image dari futuristspeaker.com

Image dari futuristspeaker.com

Menengok ke belakang, setengah abad yang lalu alat elektronik bernama #komputer pertama kali ditemukan. Dalam pengembangnya, bahkan nenek moyang komputer tersebut besarnya hampir menyerupai bis di masa kini.

Namun nyatanya saat ini teknologi berkembang bahkan lebih cepat dari yang bisa kita bayangkan. Kini fungsi perangkat komputer bahkan telah menjelma menjadi sebuah alat mungil dengan sebutan #smartphone yang selalu ada dalam saku baju kita. Pertanyaan adalah, apakah rekan-rekan bisa bayangkan teknologi seperti apa yang akan manusia temukan dalam beberapa waktu mendatang?

Khusus membahas mengenai bidang karir pekerjaan, seorang pengamat trend, Thomas Frey, menyatakan bahwa saat ini 60% dari jenis pekerjaan terbaik dalam 10 tahun ke depan ternyata belum ditemukan. Jadi dalam 10 tahun ke depan, masih akan muncul beberapa bidang kerja yang akan menjadi pilihan terbaik untuk menjalani karir.

Artikel lain: Indonesia Punya Potensi Technopreneur Cerah Di Masa Mendatang

Dikutip dari laman Mashable, terdapat sebuah artikel menggelitik tentang beberapa jenis pekerjaan baru yang mungkin akan segera eksis dalam 10 tahun ke depan. Apa sajakah perkerjaan tersebut?

1. Digital Detox Therapist

Digital Detox Therapist bisa diartikan yakni ahli terapi yang khusus menangani penyakit yang disebabkan penggunaan #teknologi digital. Cukup unik bukan.

Nah, seperti kita tahu saat ini perangkat digital seperti smartphone dan lain sebagainya sudah menjadi bagian yang seakan tak terpisahkan. Dan diakui atau tidak, penggunaan yang berlebihan telah banyak menyebabkan gangguan kesehatan seperti masalah penglihatan, fungsi gerak tubuh, hingga kelelahan jari akibat penggunaan perangkat digital. Di situlah Digital Detox Therapist akan hadir untuk mengatasi keluhan penyakit tersebut.

2. Crowd Funding Specialist

Pada artikel sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang apa itu layanan Crowd Funding, dan dalam 10 tahun ke depan, diprediksi sistem pencarian modal dengan konsep Crowd Funding akan semakin berkembang bahkan mengalahkan sistem permodalan konvensional.

Dengan memahami bagaimana seluk beluk dan teknik membangun Crowd Funding’ yang sukses, seseorang bisa menjadi Crowd Funding Specialist untuk #startup bisnis atau siapa saja yang akan mendirikan sebuah usaha.

3. Productivity Counselor

Karir unik selanjutnya adalah Productivity Counselor atau yang bisa diartikan sebagai penasihat produktifitas. Lalu apa pekerjaannya? Melihat fakta bahwa saat ini kemudahaan yang ditawarkan teknologi seakan memaksa manusia untuk semakin passive bergerak, seorang Productivity Counselor akan membantu kita kembali pada pola kehidupan yang lebih produktif dan berimbang.




4. Urban Shepherd

Dalam beberapa tahun mendatang urbanisasi atau perpindahan penduduk dari kota besar ke desa nampaknya akan semakin banyak terjadi. Salah satu efeknya adalah ketersediaan bahan makanan segar yang semakin langka. Urban Shepherd lah yang mengambil celah tersebut dengan memanfaatkan ruang hijau yang tersisa untuk dimaksimalkan sebagai lahan produktif menghasilkan bahan makanan segar, seperti sayur dan buah.

Untuk yang satu ini, saya rasa sudah mulai banyak dikembangkan, meski belum dilirik sebagai sebuah mata pencarian ekonomis yang potensial.

5. Vicarious Videographer

Untuk yang gemar traveling atau backpacker, Vicarious Videographer mungkin bisa menjadi pilihan. Diprediksi dalam beberapa tahun ke depan, akan muncul banyak orang yang rela membayar untuk sebuah tayangan live dari tempat yang mungkin sangat ingin ia kunjungi.

Jadi konsepnya adalah, seorang Vicarious Videographer akan merekam kegiatan di suatu tempat yang sudah diminta oleh klien. Lalu ia akan mengirimkan tayangan tersebut via live streaming kepada sang klien. Mungkin terdengar cukup aneh, tapi menurut saya pribadi, ini adalah salah satu yang paling mungkin terwujud.

6. Quantified-Self Personal Trainer

Satu lagi karir yang akan memanfaatkan kecanggihan teknologi masa depan yakni Quantified-Self Personal Trainer. Secara sederhana seorang Quantified-Self Personal Trainer mempunyai keahlian di bidang analisa data tentang tubuh manusia. Dari berbagai data yang diambil, ia lalu mengolah data tersebut menjadi sebuah program saran latihan kebugaran dan pola hidup yang paling tepat untuk si klien.

Baca juga: 8 Ramalan Bill Gates Tentang Industri Teknologi Yang Kini Menjadi Kenyataan

7. Cultural Intelligence Agent

Pilihan karir masa depan yang terakhir adalah Cultural Intelligence Agent. Seperti kita tahu saat ini mengetahui arah tren adalah hal yang sangat mahal artinya dalam dunia bisnis. Siapa yang berhasil memprediksi arah tren, ia lah yang akan berjaya dalam menjalankan bisnisnya.

Cultural Intelligence Agent akan disewa untuk mengumpulkan dan menganalisa berbagai data dan fakta terkait banyak hal seperti tren musik, fashion, kuliner, pendidikan dan lain-lain. Untuk kemudian dilaporkan kepada pihak klien sebagai sebagai bahan pertimbahangan menentukan langkah bisnis ke depannya.

Semua jenis pekerjaan di atas sangat mungkin akan benar-benar ada dalam beberapa tahun mendatang. Namun satu hal yang harus kita fahami adalah, utamanya untuk rekan-rekan yang akan memasuki jenjang karir dalam beberapa tahun mendatang, cobalah berfikir jauh lebih terbuka terhadap setiap peluang. Jangan batasi kemungkinan pekerjaan yang akan Anda ambil, karena bukan tidak mungkin Andalah yang akan menjadi pelopor munculnya sebuah pekerjaan baru di masa depan. Be Inspired!



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud