Dapatkan Loyalitas Konsumen Dengan Meningkatkan Budaya Melayani

Loyalitas Konsumen

Image dari Bicarasales.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa menjalankan bisnis ke depan akan semakin banyak tantangan yang harus dihadapi. Dengan semakin bertumbuhnya berbagai bisnis di Indonesia, tidak mungkin Anda hanya diam tanpa melakukan apapun untuk memenangkan persaingan. Dengan semakin banyaknya saingan, keadaan ini tentu semakin mempersulit pelaku bisnis dalam mendapatkan loyalitas dari pelanggan dan konsumennya.

Setiap perusahaan sudah tentu harus selalu memberikan produk terbaik untuk konsumen mereka. Untuk meningkatkan loyalitas para konsumen ada beberapa cara yang harus Anda lakukan. Tentu saja yang pertama adalah kualitas produk yang Anda tawarkan kepada mereka. Semakin berkualitas produk Anda, tentu akan semakin membuat konsumen mencintainya.

Namun selain faktor kualitas produk, untuk bersaing mendapatkan loyalitas konsumen yang bisa teman-teman lakukan adalah dengan meningkatkan budaya melayani. Sudah umum kita ketahui bahwa dalam hal melayani ini masih banyak perusahaan di Indonesia yang kurang memperhatikan, padahal itu sangat penting. Lalu apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan budaya melayani dalam perusahaan ini, simak tips berikut ini.

1. Tanamkan Budaya Melayani Di Segala Lini Perusahaan

Pertama yang harus dilakukan adalah memulainya dari dalam perusahaan sendiri. Anda harus mampu menyebarkan virus melayani pada semua orang yang ada di perusahaan. Setiap sendi-sendi perusahaan harus Anda beritahu mengenai bagaimana cara melayani yang bagus.

Artinya adalah bahwa tidak cukup bekerja hanya sesuai dengan prsedur standar saja, jika bisa memberikan yang terbaik kenapa tidak. Latih semua yang ada dalam perusahaan untuk bekerja dengan sepenuh hati, bukan hanya bekerja hanya untuk uang saja. Dengan bekerja sepenuh hati pasti hasilnya akan lebih maksimal dan tentunya akan menciptakan sebuah bonding yang kuat pada masing-masing orang.

Artikel lain: 6 Kiat Agar Bisnis Online Anda Kredibel di Mata Konsumen

2. Sampaikan Visi dan Misi Perusahaan Terkait Dengan Pelayanan Konsumen

Sembari memberi arahan pada orang-orang di dalam perusahaan, Anda juga harus menyampaikan visi dan misi dari bisnis yang Anda kembangkan. Sampaikan kepada semua orang betapa pentingnya melayani konsumen di dalam perusahaan Anda. Katakan juga kepada semua nya bahwa tanpa adanya konsumen, bisnis itu tidak berarti apa-apa dan tidak mungkin bisa berjalan.

Bukan hanya pada karyawan bawahan saja, namun untuk pimpinan juga perlu memahami hal ini. Ketika mereka sudah memahami hal ini, ke depan saya yakin akan lebih memudahkan Anda dalam menanamkan buadaya melayani dalam rangka mendapatkan loyalitas dari konsumen.

3. Konsistensi Dalam Menjaga Budaya Melayani Dalam Sebuah Perusahaan

Ketika melayani sudah melekat dan membudaya dalam sebuah perusahaan, maka tugas lebih berat selanjutnya adalah bagaimana menjaga konsistensi budaya yang sudah ada tersebut. Jangan sampai Anda lengah terhadap hal ini, karena jika sampai Anda lengah sebentar saja, maka usaha membumikan budaya melayani dalam perusahaan yang Anda bangun selama ini akan hancur begitu saja. Dan, untuk memulainya lagi akan sangat sulit dan menghabiskan banyak energi.

4. Libatkan Konsumen Untuk Membuat Standar Layanan Maksimal

Tanpa melibatkan konsumen, rasanya sangat sulit untuk membuat skala standar pelayanan yang maksimal. Tanyakan kepada beberapa konsumen tentang standar pelayan yang mereka inginkan. Dapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang hal ini, kemudian jadikan itu sebagai bahan dalam membuat standar pelayanan yang maksimal pada konsumen.




Informasi dari konsumen sangat berharga, jadi semakin beragam info yang Anda dapatkan dari konsumen, maka itu akan semakin baik untuk Anda jadikan sebagai bahan evaluasi dan koreksi.

Baca juga: Buat Konsumen Merekomendasikan Produk Anda Dengan Cara Ini

5. Apresiasi Karyawan Yang Sudah Melaksanakan Budaya Melayani

Apapun yang telah dilakukan karyawan dengan baik, tidak ada salahnya jika Anda memberikan mereka sebuah apresiasi. Sebuah apresiasi meskipun sederhana, itu bisa berfungsi sebagai cara melayani Anda kepada mereka para karyawan. Jadi, karyawan pun juka semakin paham apa arti memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen.

Begitu juga sebaliknya, ketika karyawan tidak menjalankan apa yang diinstruksikan atau justru mereka melanggar, Anda juga harus memberikan punishment pada mereka. Hukuman bisa dilakukan dengan memberikan teguran dalam rangka memberikan pembinaan kepada mereka. Jika hal itu tidak berpengaruh, Anda bisa memberikan hukuman yang lain yang lebih memberikan tekanan pada mereka.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud