Buat Konsumen Merekomendasikan Produk Anda Dengan Cara Ini

Buat Konsumen Merekomendasikan Produk Anda Dengan Cara Ini

Image dari Socialmediatoday.com
Image dari Socialmediatoday.com

Parameter keberhasilan menjalankan bisnis bisa dilihat dari banyaknya konsumen yang setia pada produk yang ditawarkan. Semakin banyak konsumen yang menggunakan produk dan jasa Anda, bisa diartikan bahwa bisnis Anda bisa diterima di pasar. Apalagi jika para konsumen tersebut bersedia memberikan rekomendasi pada orang lain, tentu itu menjadi salah satu indikator kuat bahwa produk Anda begitu digemari.

Karena itu banyak pebisnis berlomba-lomba untuk memperbanyak konsumen dengan berbagai cara. Salah satu tujuannya adalah memuaskan konsumen sehingga dengan sendirinya para konsumen bisa memberikan rekomendasi pada orang lain mengenai produk Anda.

Jika hal ini terjadi, maka potensi bisnis Anda akan dengan sendirinya berkembang karena rekomendasi dari konsumen Anda tadi. Dan ini bisa menjadi senjata yang ampuh sebagai #media promosi bisnis. Nah, jika teman-teman sedikit merasa bingung bagaimana cara membuat konsumen merekomendasikan produk Anda, simak beberapa cara berikut ini.

1. Buat Konsumen Percaya Kepada Kita

Ketika konsumen percaya pada kita, maka dengan sendirinya mereka akan memberikan statement yang positif terhadap bisnis kita. Permasalahannya adalah bagaimana caranya kita membuat mereka percaya. Ada banyak cara yang bisa teman-teman kerjakan untuk hal ini. Misalnya saja dengan memberikan pelayanan yang bagus, meningkatkan kualitas produk juga menjadi cara yang sangat efektif.

Perlu Anda ketahui bahwasannya mitra bisnis itu bukan hanya partner yang bekerjasama dengan Anda dalam berbisnis. Sejatinya konsumen dan pelanggan juga termasuk mitra bisnis utama sebagai penopang kelancaran bisnis Anda. Maka beri perhatian yang lebih pada mereka.

Artikel lain: 5 Tips Sukses Membangun Loyalitas Pelanggan

2. Jadikan Konsumen Loyal Pada Anda

Konsumen yang loyal sangat bagus dan bermanfaat untuk bisnis Anda. Adari mereka selain kita mendapatkan keuntungan secara langsung, kita juga mendapat keuntungan secara tidak langsung. Ketika ia bercerita kepada orang lain mengenai produk yang ia gunakan, maka itu sama dengan promosi gratis bagi produk Anda.

Jadi, buat mereka tetap loyal pada produk Anda. Caranya, bisa dengan memberikan diskon, memberikan promosi atau juga bisa dengan memberikan hadiah kejutan. Cara ini bisa Anda coba untuk meningkatkan loyalitas mereka terhadap produk Anda.

3. Meningkatkan Peran Konsumen

Karena para konsumen juga termasuk mitra bisnis, maka melibatkan mereka dalam bisnis juga bisa dilakukan. Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan cara memberikan reward pada mereka ketika mereka bisa membawa pelanggan baru untuk bisnis Anda.

Reward bisa berupa kupon gratis atau voucher, jangan memberikan uang pada mereka. Karena mereka bukanlah pekerja Anda, namun mereka hanya membantu bisnis yang Anda kerjakan.

4. Tingkatkan Hubungan Personal

Hubungan baik yang hangat bisa menjadi salah satu faktor yang membuat para konsumen merekomendasikan produk Anda pada orang lain. Kenapa demikian, karena dengan kedekatan Anda pada mereka, tentu perasaan nyaman akan terbangun dengan baik.

Jika hal ini sudah terbangun, maka saya yakin dengan sendirinya mereka akan suka rela membicarakan hal positif tentang produk Anda kepada orang lain. Secara tidak langsung, mereka berarti sudah membantu bisnis Anda melalui pembicaraan nya.

5. Memberikan Hadiah Kecil

Jadilah orang yang lebih perhatian kepada para pelanggan atau konsumen. memberikan hadiah kecil bisa menjadi penguat hubungan Anda dengan mereka. Memberikan hadiah bisa dilakukan dalam moment spesial tertentu, atau bisa juga kapan saja.

Lebih baik jika Anda mengantarkan sendiri secara langsung bingkisan tersebut. Jangan lupa ucapkan terima kasih dan ungkapkan bahwa Anda selalu menunggu kedatangannya untuk membeli produk Anda.

Baca juga: Brand Ritual, Konsep Dahsyat Membangun Kesetiaan Pelanggan

6. Minta Secara Langsung Pada Konsumen

Setelah beberapa cara pendekatan yang Anda lakukan secara personal seperti di atas, meminta mereka untuk merekomendasikan secara langsung saya kira lebih terbuka kesempatannya. Namun perlu juga Anda ingat, bahwa tidak semua konsumen bisa Anda mintai untuk merekomendasikan produk Anda.

Pilihlah yang benar-benar sudah dekat dengan Anda layaknya sahabat. Lalu dengan sopan dan terhormat, mintalah mereka untuk merekomendasikan produk Anda pada orang lain. Sekali lagi, pilihlah yang sudah benar-benar dekat dengan Anda.

2 KOMENTAR

  1. wow
    bisa jadi referensi banget nich buat pemula
    terimakasih, artikelnya sangat membantu :D

  2. Cara memikat konsumen untuk melirik sebuah produk baru,apakah cara diatas bisa dipraktekan?
    Maklum #Bloger baru :P

Tinggalkan Balasan