Contoh CV dalam Bahasa Arab yang ATS Friendly

Advertisement-Scroll to Continue

Sesungguhnya menulis Curriculum Vitae itu bisa dalam bahasa apapun. Misalnya saat mau menulis contoh cv dalam bahasa Arab pun bisa. Tujuannya sebagai berkas yang memiliki nilai tambah.

Ketika hendak melamar kerja dari perusahaan luar negeri, terutama dari Saudi Arabia, UEA dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Apabila CV ditulis dalam bahasa Arab, maka peluang untuk lolos jauh lebih besar.

Meskipun secara aktual, rata-rata perusahaan asing yang membuka lowongan kerja umumnya menerima CV dalam bahasa Inggris. Namun untuk perusahaan dari kawasan Middle East ini memang sebaiknya menyertakan pula contoh CV dalam bahasa Arab.

Contoh CV dalam bahasa Arab

Jika pun tidak memiliki CV tersebut, maka CV ATS dalam bahasa Inggris sudah lebih dari cukup. Biar bagaimana pun di dalam daftar riwayat hidup ini pun ada isian tentang kemampuan berbahasa. Bisa saja pelamar kerja mencantumkan kemampuan berbahasa Arab dalam kolomnya. Niscaya bisa memikat perhatian HRD.

Mengenal Apa itu CV ATS Friendly

Jika Anda sudah sering melamar pekerjaan, mungkin sudah tahu tentang adanya CV yang mempunyai standar ATS Friendly. Artinya merupakan Curriculum Vitae dengan struktur penulisan sedemikian rupa sehingga peluang untuk lolos bisa tinggi.

ATS adalah singkatan dari Applicant Tracking System. Sebuah software yang bertujuan untuk mengecek berkas-berkas CV yang masuk. Banyak perusahaan nasional maupun global yang telah memakainya.

Loker arab

Tujuan dari penggunaan tools ATS ini yaitu agar bisa menyeleksi berkas CV yang masuk seluruhnya. Meskipun jumlahnya sangat banyak, seluruh berkas pelamar akan dipindai otomatis. Hanya berkas yang memenuhi syarat saja yang akan lolos.

Jika begitu, maka saat pembuatan contoh CV dalam bahasa Arab pun mesti memperhatikan pedoman yang harus ada dalam ATS.

Baca Juga: Cara Membuat CV Online Gratis 5 Menit

Unsur-Unsur yang Harus Ada dalam Membuat CV ATS

Mari mulai praktek membuat CV yang baik dan tepat. Tidak ada satu pun orang yang berharap memiliki CV yang gagal berulang kali. Inginnya buat CV abadi yang bisa bolak-balik lolos seleksi kerja.

Sebuah CV andalan yang pasti diterima kerja. Baik pada perusahaan dalam negeri maupun perusahaan asing. Jadi mari buat contoh CV dalam bahasa Arab yang juga ATS Friendly.

Contoh CV lamar kerja arab

Sebab tercatat bahwa banyak perusahaan dari Arab juga sudah memakai ATS untuk menentukan mana pelamar kerja yang lolos ke tahap interview.

Jika tanpa ATS, kemungkinan perusahaan membutuhkan lebih banyak waktu untuk sekadar menemukan CV yang sesuai kriteria yang mereka cari. Jadi sebelumnya, perusahaan sudah membuat poin-poin penting yang harus ada dalam CV ATS friendly.

Berikut adalah beberapa poin yang harus diperhatikan oleh pelamar kerja maupun oleh perekrut. Agar sama-sama mengerti model standar dari CV untuk perusahaan asing yang terbaik.

1. Desain Template CV ATS

Sebab desain template untuk Curriculum Vitae dengan ATS harus memenuhi kriteria dasar. Umumnya perusahaan akan memilih template CV yang standar saja.

Secara tampilan bukan tipe template baru yang custom. Justru template pasaran akan lebih mudah dikenali oleh ATS. Hanya tinggal merombak sedikit saja agar ada pembedanya dari CV kebanyakan.

2. Mayoritas Isi Berupa Tulisan

Jangan terlalu banyak memasukkan gambar-gambar ornamen saat membuat contoh CV dalam bahasa Arab. Sebab perusahaan tidaklah sedang mengadakan kontes desain grafis.

Terlalu banyak gambar asset desain CV justru membuat CV terkesan norak dan tidak profesional. Untuk mereka yang sudah sering apply job luar negeri pasti paham perkara ini.

Cv perusahaan arab

3. Terdapat Identitas Diri yang Lengkap

Tulis identitas diri yang lengkap, jangan menggunakan nama panggung, nama alias atau nama palsu. Sebab perusahaan akan mencocokkan nama yang sesuai dengan ID Card & Paspor.

Bayangkan bila nama dalam CV adalah nama samaran. Pastinya akan mengundang tanda tanya tentang serius tidaknya melamar pekerjaan ini.

4. Uraian Tentang Keahlian atau Skill

Untuk bisa menulis CV ATS yang baik, harus mempunyai keahlian dan skill yang sesuai. Posisi apa yang hendak dilamar. Maka cantumkan skill yang selaras.

Misalnya perusahaan membutuhkan seorang desainer grafis. Maka skill yang harus dimasukkan adalah skill mengoperasikan software desain grafis seperti Adobe Photoshop misalnya.

5. Kemampuan Berbahasa

Saat membuat contoh CV dalam bahasa Arab, sangat penting untuk memiliki kemampuan berbahasa asing. Setidaknya harus fasih dalam bahasa Inggris. Akan jadi nilai tambah bila fasih pula berbahasa Arab.

Sebab jika nanti memang lolos seleksi dan diterima kerja. Maka bahasa yang digunakan sehari-hari untuk berkomunikasi adalah bahasa Inggris dan bahasa Arab. Kemampuan berbahasa Indonesia saja tidak cukup.

Cv arab

6. Pengalaman Kerja dan Berorganisasi

Software ATS juga akan berguna untuk memindai pengalaman kerja dan berorganisasi selama ini. Jadi jangan ragu buat menceritakan pula riwayat kerja dan organisasi yang pernah Anda ikuti.

Tapi usahakan untuk mencantumkan hanya yang sesuai saja. Jangan berseberangan dengan bidang perusahaan yang hendak Anda tuju.

7. Motivation Letter

Merupakan sejenis essay yang ditulis untuk menceritakan lebih detail tentang diri dan harapan dari pelamar kerja. Mengapa tertarik melamar kerja dalam bidang ini.

Biasanya motivation letter memang wajib ada saat apply berkas seleksi beasiswa luar negeri. Maupun untuk mencari pekerjaan, perusahaan juga terkadang memintanya.

8. Foto Diri dan Dokumen Pendukung

Jangan lupa untuk melampirkan foto diri terbaru dengan pose dan pakaian yang sopan. Selain itu dokumen pendukung mungkin dibutuhkan seperti sertifikat keahlian.

Jika semua hal di atas sudah dipersiapkan. Niscaya contoh CV dalam bahasa Arab yang Anda tulis bisa berpeluang lolos. Saatnya untuk mengirim dan menantikan jawabannya saja.

Untuk melamar di perusahaan asing, tampaknya Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk menunggu. Sabar saja, sebab para pendaftar bisa berasal dari banyak negara di dunia ini.

Apalagi kalau perusahaan yang dituju termasuk ke dalam perusahaan Fortune 500. Sudah pasti seleksi berkas akan sangat panjang dan lama.

Lowongan kerja tambang arab

Kriteria Contoh CV dalam Bahasa Arab untuk Melamar Perusahaan Tambang Migas

Negara-negara Arab identik dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang migas. Anda yang sedang mencoba memasukkan lamaran pun tampaknya tidak jauh-jauh dari corak perusahaan tambang ini.

Jika Anda sudah berani memasukkan berkas lamaran ke sini, artinya Anda sangat hebat. Memiliki peluang karir jadi pekerja tambang luar negeri tentu menjadi prestasi membanggakan.

Contoh Resume cv

Tapi jelas seleksi berkas CV menuju ke tahap interview saja pasti sangat sulit. Untuk itulah Anda bisa mencoba latihan menyusun informasi dasar terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Bertanya Lowongan Kerja Lewat Email

Contoh CV dalam bahasa Arab yang sederhana dan sesuai dengan kaidah ATS harus dibuat. Selain itu sebaiknya lampirkan pula contoh CV bahasa Inggris. Jadi berkasnya sudah mendukung dalam dua bahasa.

Jadi pada dasarnya saat membuat CV perusahaan asing itu hanya berisi informasi mendasar yang harus ada dalam sebuah CV yang sifatnya ATS Friendly. Supaya berpeluang untuk dipanggil wawancara kerja. Tidak ada syarat khusus atau pembeda dengan saat melamar ke perusahaan dalam negeri.

Advertisement
M Zam

Leave a Comment