Cara Bertanya Lowongan Kerja Lewat Email

Advertisement-Scroll to Continue

Cara bertanya lowongan kerja lewat email berikut akan membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Kita harus proaktif untuk mencari kerja.

Dengan demikian, kita memperbesar kemungkinan mendapatkan pekerjaan. Cobalah berbagai macam cara, walaupun sepertinya sulit untuk berhasil.

Selain mencari lowongan melalui media massa, kenapa tidak mendekati perusahaan secara personal? Salat satunya adalah dengan mengirimkan email.

Cara Bertanya Lowongan Kerja Lewat Email

Kita dapat bertanya langsung ke perusahaan incaran, walau mereka tidak membuka lowongan kerja. Ini Namanya mengejar bola dan menyesuaikan kualifikasi dengan Perusahaan yang Anda inginkan.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja yang berbeda. Bandingkan kalau Anda hanya melamar kerja berdasarkan lowongan yang tersedia.

Bagaimana cara menargetkan Perusahaan untuk dihubungi? Anda dapat mendapat informasi lebih lanjut pada bahasan berikut.

Cara Bertanya Lowongan Kerja Lewat Email

1. Temukan Perusahaan yang Tepat

Hal pertama yang Anda perlu lakukan adalah mencari tahu Perusahaan yang pas. Lalu, pada bagian apa emai harus Anda tujukan.

Biasanya, surat atau email dikirimkan pada HRD dari perusahaan. Anda dapat mengunjungi situs resmi perusahaan atau akun media sosialnya.

Kalau Anda memiliki kontak dari dalam Perusahaan, prosesnya lebih mudah. Anda bisa menanyakan email Perusahaan langsing pada pegawai.

2. Perkenalkan Diri

Setelah menemukan bagian Perusahaan beserta Alamat emailnya, kini Anda perlu membuat draft email. Cara bertanya lowongan kerja lewat email adalah dengan memperkenalkan diri.

Tulis tentang diri Anda dan kualifikasi yang Anda miliki. Kemudian buat dengan singkat namun padat. Biasakan tidak bertele-tele dan langsung pada pokok pembicaraan.

3. Bertanya Tentang Lowongan

Jelaskan tentang diri Anda dan alasan menghubungi pihak HRD. Kemudian, promosikan diri sebagai calon karyawan potensial untuk perusahaan mereka.

Jadi, Anda tidak langsung bertanya tentang lowongan pekerjaan. Anda memperkenalkan diri dan keahlian, serta kualifikasi relevan lainnya.

Dengan demikian, Anda memberikan Perusahaan tersebut kebebasan untuk menempatkan pada posisi yang sesuai. Kalau ada balasan dari Perusahaan tersebut, Anda tinggal respon dengan baik.

4. Kontak yang Bisa Dihubungi

Setelah menulis isi email, pastikan Anda mencantumkan nomor kontak. Anda dapat menuliskan pada email atau memakai social media sebagai pelengkap.

Kadang, Perusahaan ingin memeriksa kehidupan karyawan secara langsung. Sosmed adalah representasi yang paling tepat.

Anda harus pastikan untuk mencantumkan Alamat email dan nomor telepon yang benar. Sehingga, HRD dapat langsung menghubungi Anda jika berminat untuk merekrut.

Email loker

5. Lampiran CV dan Cover Letter

HRD biasanya sangat sibuk. Terutama karena tidak sedang membuka lowongan. Jadi, email Anda bisa tidak HRD buka sampai berbulan-bulan.

Jadi, Anda perlu email yang menonjol. Buat cover letter yang mencolok. Kemudian, buat juga cv yang singkat, namun padat.

Untuk itu, Anda harus memanfaatkan kesempatan optimal mungkin.CV dan cover letter akan bisa menyampaikan maksud Anda dengan singkat.

Baca Juga: Contoh Alamat Email yang Baik untuk Pribadi dan Pekerjaan (Profesional)

Tips Bertanya Lowongan Kerja Lewat Dispatch

Pertanyaan tentang lowongan melalui email harus dilakukan dengan Bahasa yang nyaman. Dengan demikian, yang membaca tidak merasa dipaksa untuk membuka lowongan.

Pwerhatikan aturan yang tidak dibicarakan tentan apa yang boleh ada tidak boleh lakukan, Dengan itu, pean Anda akan diterima dengan baik dan respon yang tepat.

1. Cara Bertanya yang Diperbolehkan

Anda dapat menyertakan alasan mengapa Anda tertarik ingin melamar pekerjaan di perusahaan yang dituju. Elaborasi dengan kalimat sederhana dan mudah dipahami.

Awalnya tentu anda ingin memuji tentang Perusahaan tersebut. Lalu, rangkum keterampilan, pendidikan, dan pengalaman kerja.

Minta wawancara dan beri tahu kalau Anda akan menindaklanjuti bila ada lowongan yang tersedia sesuai dengan email balik.

2. Hal yang Tidak Diperbolehkan

Anda sebaiknya tidak menjelaskan keterampilan, pendidikan, dan pengalaman secara berlebihan. Cukup tekankan pada hal penting dan relevan saja.

Tidak melebih- lebihkan informasi yang Anda ketahui tentang Perusahaan. Bila hanya sebatas tahu dari situs, katakana dengan jujur. Kalau fakta tidak akurat tentu akan membuat Anda malu.

Hindari membuat kesan kalua Perusahaan putus asa. Tampilkan pesona diri dan berikan kesan kalua mendapat wawancara di Perusahaan yang Anda tuju adalah kesempatan baik juga untuk Anda.

Cara kirim lamaran kerja lewat email

Contoh Pesan Email untuk Bertanya Tentang Lowongan Kerja

Berikut adalah beberapa template email yang bisa anda gunakan. Ada yang bertanya secara umum pada Perusahaan.

Ada juga pesan bertanya lowongan kerja untuk para fresh graduated. Berikut adalah beberapa contoh pesannya yang bisa Anda modifikasi sendiri.

1. Contoh Secara Umum

To: PT BAHTERA BUNGSU – [email protected] (alamat email perusahaan yang akan dituju)

Subject: Permohonan Informasi Lowongan Pekerjaan di (tulis nama perusahaan)

Kepada Yth,

Tim HRD [nama perusahaan]

Saya berharap Bapak/Ibu dalam keadaan sehat.

Perkenalkan, nama saja Siti Amira, lulusan S1 Marketing dari Prasetya Mulya Universitas.

Saya memiliki pengalaman sebagai desain grafis selama 2 tahun di salah satu perusahaan startup di Jakarta.

Melalui pesan email ini, saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk bergabung dengan tim design Anda.

Sebagai pertimbangan, saya lampirkan CV dan portofolio pada email ini. Saya berterima kasih banyak bila Bapak/Ibu bisa memberikan informasi yang sesuai dengan kualifikasi dan keterampilan yang saya miliki.

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Hormat Saya

Siti Amira

Isi email kirim lamaran kerja

2. Contoh untuk Fresh Graduate

To: (alamat email perusahaan yang akan dituju)

Subject: Permohonan Informasi Lowongan Pekerjaan untuk Fresh Graduate

Kepada Yth:

Bapak/Ibu pimpinan HRD perusahaan (…)

Nama saya Akbar Zaenudin, saya fresh graduate dari studi Manajemen Akuntansi di Universitas Bangkit Jaya.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan Anda dan ingin mengetahui apakah ada peluang pekerjaan untuk fresh graduate di Perusahaan Anda.

Saya pernah magang sebagai account officer di beberapa perusahaan di industri teknologi.

Berikut adalah resume dan tautan ke portofolio online.

Besar harapan saya dapat kesempatan untuk mendiskusikan lowongan pekerjaan yang akan datang di departemen bisnis dan manajemen di perusahaan Bapak/Ibu.

Terima kasih banyak atas waktu dan perhatiannya.

Salam,

Akbar Zaenudin

Itulah cara bertanya lowongan kerja lewat email yang efektif dan efisien. Ingatlah apa saja struktur dari email yang kan Anda kirimkan.

Jangan lupa untuk memakai Bahasa sopan dan resmi. Cantumkan referensi juga bila perlu. Anda akan memperkenalkan diri dengan berani maka coba untuk setenang mungkin.

Kirim CV lewat email

Serta ada satu trik lagi yang kerap terlewatkan saat mencoba cara bertanya lowongan kerja lewat email. Hal ini sangat penting dan menjadi kaidah mengirim surat lamaran dan CV via surel.

Jangan lupa untuk mencantumkan referensi, artinya informasi di mana Anda memperoleh pengumuman terkait loker ini. Beri petunjuk apakah mendapatkan info dari media sosial, situs website pencari kerja atau kanal lain.

Baca Juga: Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri Gratis dari cPanel

Referensi sangat penting karena pihak perekrut akan tahu darimana Anda bisa sampai kepada mereka. Selain itu juga untuk memilah berkas mana yang benar-benar melaksanakan proses rekrutmen secara jujur. Tidak melalui jalan belakang.

Advertisement
M Zam

Leave a Comment