Cara Membuat CV Online Gratis 5 Menit

Advertisement-Scroll to Continue

Membuat CV Onlline Gratis – Ketika anda berkunjung ke artikel ini, saya yakin sekali bahwa tujuan Anda adalah mencari informasi tentang bagaimana cara membuat CV online gratis.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat CV yang baik. Anda bisa dibuat secara offline dengan aplikasi desain, seperti photoshop, corel draw, power poin dan aplikasi lainnya. Namun saya akan memberikan cara yang paling mudah, bahkan cara membuat CV yang akan saya bagikan ini bisa Anda lakukan di Hp.

Di dalam artikel ini saya akan menjelaskan cara membuat CV online berdasarkan pengalaman pribadi saya, karena dulunya saya juga sering kesulitan dalam membuat CV.

Berikut adalah beberapa hal yang akan Anda dapatkan setelah membaca artikel ini.

  1. Bisa membuat CV online di Hp dan di komputer secara gratis.
  2. Bisa membuat CV online gratis dalam bentuk Pdf.
  3. Dan bisa membuat CV dalam bahasa Indonesia.

Tips Membuat CV Online Gratis

Membuat CV Online Gratis

Berdasarkan pengamatan saya, banyak orang yang membuat CV hanya asal-asalan. Ibaratnya mereka hanya membuat CV hanya untuk melengkapi dokumen lamaran pekerjaan saja dan tidak memikirkan dampak baik dari CV yang mereka buat.

Padahal, hal paling utama yang dilihat oleh HRD atau pimpinan adalah latar belakang karyawan. Latar belakang calon karyawan tentunya dapat di lihat dari CV yang mereka buat.

Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa tips kepada Anda untuk membuat CV. Tips ini akan sangat membantu Anda membuat CV yang baik dan dapat menarik perhatian HRD atau pimpinan perusahaan. Dengan begitu, peluang Anda untuk diterima berkerja menjadi semakin besar.

Berikut adalah beberapa tips untuk anda jika ingin membuat CV yang lebih baik dan menarik.

  1. Pastikan semua penulisan kata tidak ada yang salah (typo), walau hanya satu angka atau satu huruf saja.
  2. Pastikan menyebutkan hal-hal yang paling menarik yang ada pada diri Anda. Sebisa mungkin buat yang berhubungan dengan lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan tersebut. Misalnya perusahaan sedang membutuhkan seorang programer, nah Anda bisa mempromosikan beberapa bahasa pemrograman yang Anda kuasai.
  3. Promosikan diri Anda, ibaratkan seorang pedagang yang mempromosikan barang dagangannya kepada pelanggan.

Hal-Hal Penting yang Wajib Ada di Dalam CV

Ada beberapa hal penting yang wajib ada di dalam CV pribadi anda, tentunya hal penting ini tidak boleh anda lewatkan.

  1. Nama dan Gelar.
  2. Tempat, Tanggal Lahir.
  3. Riwayat Sekolah.
  4. Riwayat Pekerjaan.
  5. Keahlian.
  6. Hoby.
  7. Pekerjaan Anda Saat Ini.
  8. Foto Terbaru.

Gunakan Template CV Sesuai Keahlian Atau Kebutuhan

Template sesuai keahlian atau kebutuhan yang saya maksud adalah, misalnya Anda ahli bahasa pemrograman, gunakanlah template CV yang desainnya lebih menonjolkan sisi teknologi.

Nah bagaimana kalau keahlian Anda bahasa pemrograman namun Anda ingin melamar pekerjaan di bagian admin, karena saat ini banyak sekali lowongan pekerjaan yang dibuka untuk semua jurusan.

Jadi tidak menutup kemungkinan kita melamar pekerjaan meskipun pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan riwayat pendidikan kita.

Saran saya, karena kita bisa membuat CV online gratis, maka buatlah CV yang baru di mana templatenya juga menyesuaikan posisi yang Anda lamar.

Karena yang menurut kita bagus belum tentu bagus dilihat oleh orang lain. Misalnya template CV IT yang menurut kita bagus, mungkin saja di anggap membingungkan oleh orang yang tidak begitu paham dengan teknologi.

Berbicara tentang template CV, saya sangat yakin bahwa Anda mencari di google dengan keyword template cv gratis atau membuat cv online bahasa indonesia. Hal ini tidaklah salah, namun akan memakan banyak waktu Anda hingga menemukan template yang cocok.

Ditambah lagi, biasanya situs-situs yang membagikan template CV dalam bentuk power pont, kita harus melewati beberapa iklan hanya untuk mendownlod satu template saja, itupun template tersebut belum tentu bisa dibuka, kebanyakan hanya file-file rusak.

Cara Membuat CV Online Gratis Dengan Canva

Sesuai janji saya di awal, bahwa saya ingin menunjukan cara membuat CV yang paling mudah, yaitu dengan cara online.

Kenapa Harus Online ?

Jika menggunakan cara online, kita bisa membuatnya dari Hp ataupun komputer. Jadi tidak ada alasan untuk tidak bisa membuat CV karena tidak ada komputer atau laptop.

Sebenarnya ada banyak situs yang bisa kita gunakan untuk membuat CV online secara gratis, namun saya merekomendasikan untuk menggunakan Canva. Mengapa? Karena Canva menyediakan banyak template CV yang menarik dan diberikan secara gratis.

Canva bisa di akses dari komputer ataupun HP. Anda bahkan bisa mendownload aplikasi Canva di Google PlayStore jika Anda tidak ingin menggunakan situsnya.

Membuat Akun Canva

Membuat akun canva sangat mudah, kita hanya cukup login menggunakan akun Google.

Saya rasa semua pengguna HP sudah memiliki akun Google. Akun Google sama dengan akun Gmail yang Anda gunakan untuk mengakses produk-produk Google, seperti PlayStore, Google Drive, dan lain sebagainya.

Pada saat pertama kali kita masuk ke Dashboard Canva, biasanya Canva akan memberi tawaran untuk upgrade ke premium. Namun Anda tidak perlu mengikutinya, tinggal klik close atau skip saja.

Buat Desain CV Dengan Canva

Pada praktek ini saya menggunakan komputer. Namun, Anda bisa melakukannya dengan hp karena situs Canva sudah responsive atau sudah menyesuaikan layar device yang mengaksesnya.

Buat Desain CV

Selanjutnya, klik buat desain pada bagian atas sebelah kanan.

Buat Desain CV

Pilih Desain

Karena kita akan membuat CV, maka pilih desain Resume

Pilih Desain CV

Setelah Anda memilih resume, maka canva akan memberikan beberapa template, baik template gratis maupun premium. Karena fokus kita pada membuat cv online gratis maka pilih saja template gratis.

Template gratis tidak ada logo premium di bagian template.

Pilih Template CV Gratis

Pilih Template CV

Jika sudah menemukan template yang cocok, klik saja template tersebut maka akan secara otomatis masuk ke dalam halaman.

Agar memudahkan dalam menentukan template yang cocok, ketik saja di kolom pencarian di bagian atas.

Edit Template CV

Edit CV

Silahkan edit template sesuai dengan data diri Anda. Jika halaman terlalu kecil, silahkan diperbesar dengan fitur zoom yang ada pada bagian bawah.

Jika ingin mengedit text, klik saja di bagian text dan ubah isi text.

Simpan Atau Unduh CV

Simpan CV

Setelah Anda selesai membuat CV, tentunya langkah selanjutnya adalah mendownload CV atau menyimpan CV tersebut ke komputer atau HP.

Pada bagian kanan atas, klik bagikan dan pilih unduh.

Extension CV

Setelah memilih unduh, anda dapat menentukan hasil file unduhan, apakah anda ingin file .pdf, .jpg, .png atau yang lainnya.

Finish

Bagaimana menurut Anda tentang cara membuat CV online gratis yang saya bagikan ini? Sangat mudah bukan.

Jadi, mulai sekarang jangan membuat CV asal-asalan, karena dengan adanya internet semua hal sudah menjadi mudah.

Apabila anda ingin lebih referensi desain CV, silahkan kunjungi 10+ Contoh Daftar Riwayat Hidup.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda untuk membuat cv online di hp ataupun di komputer.

Advertisement
Larry Max

Media Bisnis Online

Leave a Comment