CodeSaya, Hadirkan Metode Belajar Pemrograman yang Menyenangkan

CodeSaya, Hadirkan Metode Belajar Pemrograman yang Menyenangkan

CodeSaya

Menjadi seorang programmer, adalah sebuah pilihan yang keren bagi anda yang menyukai hal tersebut. Namun belajar menjadi seorang programer terkadang menjadi hal yang sangat membosankan dan membuat malas. Hal tersebut dikarenakan metode belajarnya yang monoton. Namun seiring berkembangnya metode pembelajaran programming, mulai muncul metode belajar yang menyenangkan dan mudah dipahami.

Makin masifnya penerapan teknologi informasi menjadikan banyak orang menaruh minat pada pemrograman. Bisa dikatakan pemrograman adalah mata kuliah favorit hampir diseluruh universitas. Lihat saja, di berbagai perguruan tinggi, jurusan berbau informatika ramai diburu, banyak orang menilai jurusan ini cukup menjanjikan untuk perjalanan karir bagi masa depan. Tumbuhnya tren ini diperhatikan betul oleh Ganis Zulfa Santoso, menghadirkan sebuah portal untuk belajar pemrograman yang bernama CodeSaya (codesaya.com).

1. Sekilas Mengenai CodeSaya

CodeSaya adalah sebuah proyek yang digarapnya pada tahun 2013. Seiring perkembangan yang meningkat akan kebutuhan ilmu pemrograman dikalangan masyarakat, Ganis makin serius mewujudkan portal belajar ber-platform web tersebut. Pada awal tahun kehadirannya CodeSaya baru menyuguhkan materi mendasar tentang JavaScript, namun saat ini juga sudah ditambahkan dengan PHP dan Teori Penyelesaian Masalah.

Artikel lain: Clevio Coder Camp, Sekolah Coding Game Dengan Visi Tanamkan Jiwa Technopreneur

2. Metode Pembelajaran CodeSaya

Setiap materi yang ada di CodeSaya akan dibahas secara mendalam, mulai dari bahasan fundamental sampai dengan yang level lanjut. Menariknya, model belajar yang diusung CodeSaya ialah model praktik, pengguna dapat langsung mencoba menuliskan kode dan mengikuti contoh serta instruksi yang ada dalam modul.

CodeSaya juga menggunakan sistem gaming, sehingga pengguna yang mengerjakan soal sampai dengan jumlah tertentu akan mendapatkan lencana. Coder terbaik juga dirilis secara Mingguan. Saat ini pengguna CodeSaya hampir menyentuh angka 5.000 pengguna.

3. Perkembangan CodeSaya

Ganis selaku founder CodeSaya juga memaparkan tentang perkembangan statistik pengguna, yang awalnya per hari pertumbuhan pengguna maksimal lima orang, kini sudah mulai bertumbuh pesat. Per hari bisa mencapai 50 pendaftar baru. Ganis bersama rekan yang turut membantu pengembangan platform ini pun cukup bangga dengan pertumbuhan ini, hal tersebut dikarenakan mereka tidak melakukan promosi secara komersil.

Menurut informasi yang tim Maxmanroe terima, CodeSaya saat ini telah memiliki lebih dari 290.000 code dari pengguna terdaftar yang disimpan di CodeSaya. Jumlah code yg diterima CodeSaya lebih dari ini karena tidak semua code terkirim disimpan. Jika di rata-rata, satu pengguna memiliki lebih dari 60 code di CodeSaya. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna sangat nyaman dengan menggunakan platform CodeSaya.

Materi belajar yang ada di CodeSaya dipastikan akan selalu gratis. Karena pada dasarnya visi yang dimiliki CodeSaya adalah ingin memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia untuk dapat belajar pemrograman secara cuma-cuma. Konsep ini memang serupa dengan konsep yang dimiliki platform seperti CodeAcademy atau CodeSchool. Justru dari situlah CodeSaya muncul, banyak masyarakat Indonesia yang ingin belajar pemrograman tapi memiliki keterbatasan dari segi bahasa komunikasi yang digunakan situs-situs luar negeri.

Baca juga: Berkenalan Dengan CrazyHackerz, Wadah Kreatif Komunitas Developer Lokal

4. Monetisasi yang Dilakukan Code Saya

Untuk masalah monetisasi, saat ini platform CodeSaya.com hanya bersumber dari iklan-iklan kecil saja. Meskipun begitu pengguna tidak perlu khawatir karena iklan yang dipasang tidak akan mengganggu. Ke depan CodeSaya akan menjual sertifikat untuk memaksimalkan pendapatan mereka. Pengguna tetap  bisa belajar di CodeSaya secara gratis, tetapi untuk memiliki sertifikat yang di sediakan oleh CodeSaya pengguna harus membayar sejumlah uang tentunya setelah melakukan berbagai test yang ada.

Selain itu CodeSaya juga akan membuka akses layanan untuk korporasi. Hal ini sangat menarik, karena secara tidak langsung platform CodeSaya menghubungkan para pembuat code dengan perusahaan yang membutuhkan para pembuat code tersebut. Sistem ini secara keseluruhan di kendalikan oleh Ganis. Sementara rekan-rekan lainnya berperan menjadi quality control untuk memastikan konten dan pengalaman berinteraksi yang baik dengan web.

Ganis yang merupakan lulusan Chosun University dengan penuh rasa optimis mengatakan.“Visi ke depannya saya ingin pengguna di CodeSaya suka belajar di platform kami dan benar-benar merasakan manfaatnya. Saya ingin CodeSaya jadi platform terbaik di Indonesia untuk belajar coding dan programming”.  Ia yakin bahwa CodeSaya dapat membantu para insan Indonesia untuk mempelajari pemrograman dengan mudah dan menyenangkan tanpa harus mahal-mahal bersekolah di universitas.

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan