Berkenalan Dengan CrazyHackerz, Wadah Kreatif Komunitas Developer Lokal

crazy hackerz

Masyarakat Indonesia tampaknya sudah semakin familiar dengan internet selama beberapa tahun belakangan ini, ya. Konsep Internet of Things (dikenal dengan sebutan IoT) adalah salah satu konsep yang mendukung besarnya pengaruh #internet terhadap bidang edukasi dan teknologi di Indonesia.

Maraknya perkembangan internet di Indonesia ternyata mempengaruhi sekelompok anak muda pencinta #teknologi yang sepakat untuk membentuk komunitas yang dinamakan CrazyHackerz. CrazyHackerz sudah mulai menciptakan beragam aplikasi yang bermanfaat untuk para pengguna internet di Indonesia. Seperti apa sih profil developer CrazyHackerz? dikutip dari laman TechinAsia, berikut ulasannya.

Inspirasi yang Mendukung Terbentuknya CrazyHackerz

Salah satu co-founder CrazyHackerz yang bernama Anand Mulani merupakan sosok anak muda yang sukses dan mampu mencapai karir yang baik di usia yang relatif muda. Hal ini malah menimbulkan rasa tantangan tersendiri bagi Anand karena ia ingin merasakan pengalaman hidup yang lebih berkembang dan bermanfaat.

Saat Anand bertemu dengan Sofian Hadiwijaya dan Hendrik Tandabrata pada tahun 2012, muncullah ide untuk membentuk sebuah komunitas yang bisa mewujudkan ide-ide seru dan kreatif di bidang teknologi. Ketiga pemuda ini lantas menyepakati kolaborasi kemampuan di bidang hardware, software dan finishing menjadi sebuah implementasi ide kreatif. Akhirnya, CrazyHackerz pun resmi dibentuk sebagai wadah kreatifitas ketiga anak muda ini.

Artikel lain: NoLimit, Startup Situs Monitoring Media Sosial Kreasi Anak Bangsa

Darimana Nama CrazyHackerz Berasal?

Saat menekuni bidang pengembangan teknologi di tahap-tahap awal, keluarga Anand Mulani sempat menganggap hal tersebut sebagai suatu ide yang gila. Entah mengapa Anand rela melepas karir cemerlangnya di perusahaan tempatnya bekerja yang bergerak di bidang distribusi perangkat elektronik hanya demi mewujudkan sebuah passion yang arahnya belum jelas.

Namun Anand sangat yakin dengan keputusan yang diambilnya dan mulai terinspirasi dengan kata “gila”. Akhirnya, bertepatan di tanggal 28 Oktober yang merupakan hasil sumpah pemuda Indonesia, CrazyHackerz mulai beroperasi di bawah naungan PT. Pemuda Berkarya. Sejak awal dirintis hingga saat ini, nama CrazyHackerz terbukti mudah diingat dan membuat #startup ini kebanjiran pesanan aplikasi.

Perkembangan CrazyHackerz di Tahun-Tahun Pertama

Konsep kreatif yang diusung CrazyHackerz terbukti mampu membawa perkembangan yang cukup membanggakan di tahun-tahun pertama. Bahkan di tahun pertama, CrazyHackerz berhasil menggaet beberapa pihak untuk melakukan support monetisasi.

Sejumlah perusahaan besar yang sempat bekerjasama dengan CrazyHackerz pada periode 2012 hingga 2013 diantaranya adalah Sony untk pembuatan #aplikasi 360deg Bullet Time untuk Sony Experia, PAN (Partai Amanat Nasional) di bidang pembuatan website, rumah produksi MD Entertainment serta Indonesia Menanam.

Tahun kedua menjadi tahun mandiri bagi CrazyHackerz untuk merintis sejumlah proyek sendiri yakni Utees.me, sebuah e-commerce #media sosial untuk bidang desain kaos online, aplikasi Popstag untuk search engine Instagram serta aplikasi permainan Bekel untuk perangkat iOS. Hingga pertengahan Maret 2015, tercatat CrazyHackerz sudah menghasilkan 12 aplikasi untuk sistem operasi Android maupun iOS. Pencapaian tersebut diluar dari hitungan proyek website dan digital agensi yang juga ditekuni oleh CrazyHackerz.




Rencana dan Persiapan CrazyHackerz di Masa Depan

Meskipun menghadapi tantang besar dari berbagai kompetitor yang sudah lebih dahulu terjun sebagai startup IoT, namun CrazyHackerz tetap optimis bisa memenangkan persaingan dengan menghadirkan produk-produk teknologi berkualitas bagi Indonesia.

Hingga awal tahun 2015, CrazyHackerz tidak hanya beroperasi secara bootstrap (mengandalkan dana pribadi para founder) tapi juga memperoleh pendapatan dari sejumlah hosting dan pemasangan iklan dari event Jakarta Service Jam 2015 serta kerjasama dengan MakeDoNia. Dengan omset mencapai 200 juta rupiah setiap bulannya, CrazyHackerz masih terus mengupayakan inovasi serta peningkatan pendapatan dari produk-produk teknologi.

Baca juga: Clevio Coder Camp ~ Sekolah Coding Game Dengan Visi Tanamkan Jiwa Technopreneur

Mungkin terdengar terlalu muluk kalau CrazyHackerz bercita-cita untuk menjadi partner perusahaan-perusahaan IT kelas dunia serta menjadi wadah bagi komunitas-komunitas teknologi untuk mewujudkan inovasi teknologi bagi kemajuan bangsa. Akan tetapi, perkembangan pasar developer di Indonesia menjadi penyemangat tersendiri bagi tim CrazyHackerz untuk terus menghasilkan karya-karya teknologi yang eksklusif dan bermanfaat.

Bukan mustahil kerja keras CrazyHackerz membawa startup Indonesia ini menuju tingkat go internasional dengan sajian produk-produk teknologi yang memukau masyarakat dunia. Mari mendukung perkembangan startup Indonesia yang senantiasa menghasilkan karya-karya orisinil yang mengagumkan!




Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud