Cek 10 Link URL Google Ini, Untuk Mengetahui Informasi Personal Kita

Cek 10 Link URL Google Ini, Untuk Mengetahui Informasi Personal Kita

Link URL Google

Hampir seluruh masyarakat dunia pengguna #teknologi mengenal Google sebagai mesin pencarian berukuran raksasa di internet. Segala informasi yang kita butuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari bisa diperoleh di Google mulai dari referensi ilmiah, hiburan, tutorial hingga informasi berita terkini.

Ternyata Google bukan hanya memiliki andil besar dalam penyebaran informasi. Karena nyatanya saat kita menggunakan mesin pencarian #Google dan fitur lainnya, pihak Google telah menyimpan dengan rapi berbagai informasi tersebut. Nah informasi tersebut dapat kita akses dengan mengunjungi beberapa link berbeda. Ingin tahu apa saja 10 link URL Google yang akan menunjukkan rincian informasi personal kita yang diketahui oleh Google? Berikut ulasannya.

1. Google Dashboard

Google Dashboard memuat transparansi data personal kita saat melalui Google Account. Dashboard tersebut menyimpan informasi mengenai setiap produk Google yang kita gunakan. lengkap dengan setting yang bisa kita atur untuk masing-masing akun tersebut. URL ini secara umum bisa disebut sebagai salah satu yang paling penting. Mengapa? karena di dalamnya terdapat pilihan setting yang bisa kita atur untuk masing-masing akun Google milik kita.

Artikel lain: Google Inc Segera Dibubarkan! Kog Bisa?

2. Saved Passwords

Saved Passwords adalah sebuah perangkat yang bisa digunakan untuk melihat username dan password apa saja yang pernah kita gunakan dan kita simpan di Google Chrome dan Android untuk berselancar ke website lainnya. Link URL Google yang satu ini juga berguna untuk membantu kita mengingat username dan password tertentu yang pernah kita buat sebelumnya.

3. Web & App Activity

Ketika kita ingin mengingat-ingat daftar pencarian terakhir yang kita lakukan di Google, maka Web & App Activity bisa menjadi solusinya. Tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan riwayat pencarian dan alamart website yang pernah kita akses, kita juga bisa menonaktifkan fungsi penyimpanan tersebut bila memang tidak memerlukannya.

4. Voice & Audio Activity

Voice & Audio Activity berisi informasi audio dan suara yang pernah kita gunakan untuk melakukan pencarian di Google. Karena Google memang menerima proses pencarian melalui perintah suara, maka Voice & Audio Activity menjadi semacam database yang menyimpan informasi pencarian tersebut.

Dengan demikian kita bisa memperoleh data yang kita butuhkan kapan saja selama mengakses link URL Google ini.

5. Device Information

Device Information memungkinkan kita untuk memeriksa sejumlah data yang dikirim dari gadget atau #smartphone kita ke Google. Ada banyak informasi yang bisa didapat dari Device Information, antara lain adalah informasi kontak, perintah audio, aplikasi dan data dalam aplikasi, serta ragam aplikasi lain yang kita gunakan pada gadget atau smartphone yang terhubung dengan Google.

6. Youtube Watch History dan Youtube Search History

Youtube Watch History akan memuat daftar tayangan video Youtube yang pernah kita tonton selama ini. Sedangkan Youtube Search History yakni untuk memuat daftar pencarian video yang pernah kita lakukan via situs Youtube. Pencarian ini rupanya juga disimpan oleh Google dan bisa menjadi pedoman untuk memberikan sugesti video serupa yang lebih baik.

Jika diinginkan, ada teknik khusus yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan kedua link URL Google ini selamanya atau menonaktifkan pada waktu yang sudah kita tentukan.

7. Location History

Location History menunjukkan tempat-tempat saat perangkat Android kita melapor pada server Google. Atau dengan kata lain, Google juga mengetahui tempat dimana kita berada saat mengakses perangkat Android yang terhubung dengan Google.

8. Ads Setting

Ads Setting juga dikenal dengan istilah setelan iklan. Link URL Google ini berfungsi untuk menampilkan iklan sesuai dengan karakter kita ditinjau dari aktivitas di Google+, penggunaan foto profil, atau sejumlah daftar pencarian yang pernah dilakukan di Google. Sehingga diharapkan iklan yang nantinya muncul memang sesuai dengan kebutuhan kita.

9. Apps Permissions

Link URL Google yang satu ini akan menunjukkan kompilasi dari sebagian atau seluruh akses yang pernah kita lakukan. Penelusuran informasi yang dimuat pada Apps Permissions sangat beragam mulai dari #aplikasi mobile dan game, website dan situs, ekstensi browser dan sejumlah hal lainnya.

Kita bisa memilih untuk menghapus salah satu dari isi daftar bila tidak ingin lagi melakukan akses pada aplikasi atau situs tersebut.

Baca juga: 4 Trik Sederhana Untuk Mengoptimalkan Hasil Pencarian Di Google

10. Account Activity

Sejumlah aktivitas sign in yang berkaitan dengan akun Google kita akan disimpan secara jelas pada link URL Account Activity. Sehingga perangkat yang sedang kita gunakan untuk login sekarang atau maksimal 28 hari terakhir bisa ditelusuri keberadaannya melalui Account Activity.

Setelah puas mengenal 10 link URL yang berkaitan dengan Google, kita jadi bisa mengingat dan menemukan kembali sejumlah halaman atau aplikasi penting yang dulu pernah kita akses. Kemudahan yang didukung oleh canggihnya teknologi Google ini tentu menjadi salah satu hal positif yang membantu kita untuk belajar dan menemukan banyak ide baru setiap saat.

3 KOMENTAR

  1. mantab banged mas, makasih banyak ilmunya. sangat bermanfaat sekali..

  2. wah baru tau nih mas ada fitur-fitur seperti ini :)

  3. Sandi Iswahyudi

    Informasinya menarik untuk dicoba. Makasih mas

Tinggalkan Balasan