4 Trik Sederhana Untuk Mengoptimalkan Hasil Pencarian Di Google

Image dari Lifehack.org

Image dari Lifehack.org

Mencari informasi di zaman modern ini memang sangat mudah. Kita tinggal menggunakan #smartphone atau perangkat teknologi lainnya untuk membuka Google. Mesin pencarian yang diciptakan oleh perusahaan teknologi raksasa tersebut memang memberikan banyak manfaat yang mempermudah aktivitas kita.

Walaupun melakukan pencarian di Google itu mudah dan hanya tinggal mengetikkan kata kunci saja, tidak jarang kita malah tak mendapatkan hasil pencarian sesuai dengan keinginan. Kalau hal itu sering terjadi pada rekan-rekan, berarti ini saatnya untuk mempelajari 4 trik untuk mengoptimalkan hasil pencarian di Google berikut ini.

1. Shortcut untuk Menemukan Indeks Halaman Website

Kadang kala kita mungkin merasa bingung harus menggunakan kata kunci apa untuk menemukan seluruh indeks website yang kita maksudkan. Sebab memang pencarian dengan kata kunci yang kurang tepat akan membuat hasil pencarian yang ditunjukkan #Google menjadi kurang akurat.

Jika kita ingin menemukan semua indeks pada suatu website, maka kita bisa mengetikkan nama website tersebut pada kolom pencarian Google.

Contoh : Ketikkan kata ” site:maxmanroe.com ” (tanpa tanda petik)

Maka nantinya Google akan menampilkan semua indeks dari halaman website yang kita maksud. Karena semua pencarian yang dihasilkan pada halaman-halaman pertama pasti berisi informasi tentang website yang kita jadikan kata kunci.

Namun jika rekan-rekan hanya ingin mencari informasi spesifik yang ada di dalam website tersebut, contohnya hanya ingin mencari artikel di Maxmanroe yang berkaitan dengan bisnis online. Maka tinggal menambahkan kata ” bisnis online ” di belakangnya, sehingga menjadi ” site:maxmanroe.com bisnis online”.

Artikel lain: Tips Melakukan Riset Market dengan Bantuan Google

2. Trik Memfokuskan Hasil Pencarian di Google

Sudah bukan rahasia lagi kalau hampir semua pengguna #internet akan langsung memasukkan frase yang diinginkan pada kolom pencarian Google. Padahal hal ini belum tentu akan menampakkan hasil pencarian Google yang tepat.

Nah, sebagai salah satu solusi untuk mendapatkan hasil pencarian terbaik, kita bisa melakukan sedikit trik saat melakukan pencarian. Bila menggunakan kata “sepatu wanita” (tanpa tanda petik) akan menghasilkan pencarian dari kata sepatu dan kata wanita secara terpisah.




Akan beda hasilnya jika menuliskan “sepatu wanita” (dengan tanda petik), maka Google akan menyajikan hasil yang lebih terfokus. Karena penambahan tanda petik akan membuat frase “sepatu wanita” dinilai sebagai satu keutuhan kata oleh Google. Dan bisa dipastikan kalau hasil pencariannya jadi jauh lebih selektif.

3. Gunakan Daftar Pencarian Terkait untuk Menemukan Ide Frase Baru

Hal apa yang biasanya kita lakukan ketika menggunakan kata kunci pencarian yang keliru adalah menghapus frase tersebut untuk kembali mencari dengan frase baru lainnya. Padahal jika kita sadar, ada salah satu fitur mesin pencarian Google yang dapat memberikan saran kata kunci yang masih berhubungan dengan kata kunci yang kita tuliskan.

Selain itu, di bagian bawah hasil pencarian, biasanya juga terdapat beberapa saran kata kunci terkait lainnnya yang bisa kita pilih. Dan banyak dari kita yang tidak tahu kalau kita bisa memanfaatkan daftar pencarian terkait yang ada di bagian bawah halaman Google tersebut.

4. Mencari Dokumen dengan Format Tertentu Di Google

Ketika kita membutuhkan referensi untuk membuat suatu karya tulis atau laporan, biasanya kita membutuhkan jurnal atau laporan ilmiah dengan format PDF atau format dokumen lainnya. Untuk mendapatkan hasil pencarian dokumen dengan format tertentu, maka kita bisa menambahkan kata kunci “.(jenis dokumen)” pada pencarian.

Contohnya : Analisis Kontrol Kualitas.pdf

Maka nantinya Google akan menghasilkan pencarian berupa dokumen-dokumen berformat PDF dengan kata kunci Analisis Kontrol Kualitas yang sudah kita gunakan. Hal ini juga bisa digunakan untuk beberapa format file lain seperti .doc untuk file microsoft word atau .jpg, .png atau .gif untuk file gambar.

Baca juga: Tips Agar Penggunaan Google Chrome Semakin Mudah dan Menyenangkan

Meskipun hampir setiap hari kita menggunakan Google, mungkin masih banyak trik Google lainnya yang tidak kita ketahui. Dengan rajin melakukan browsing di Google, maka kita bisa menemukan beragam cara untuk mengoptimalkan hasil pencarian.

Segala aktivitas mobile dan pencarian informasi yang kita butuhkan jadi terasa lebih mudah jika kita mahir melakukan pencarian di Google bukan?



5 total comments on this postSubmit yours
  1. menyimak aja dah. kali2 aja ada yang dapat saya ambil ilmu na.

  2. Bisa di kategorikan dalam teknik SEO ini ya mas ? :-)

  3. kalo saya lihat di artikel ini ada tanda # (hastag) apa itu mempengruhi pengindexan google ?

  4. jadi tambah ilmu sekrang cara mengoptimalkan pencarian kata kunci yang tepat, untuk hasil yg maksimal, makasih bnget atas info nya.

  5. Saya biasanya menggunakan tanpa petik untuk memaksimalkan…..khusus untuk format baru, saya baru tahu sekarang, jadi makasih banyak atas ilmunya

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud