Bagaimana Cara Pensiun Dini di Usia 30an dan Punya Tabungan Rp13 Miliar

Cara Pensiun Dini di Usia 30

Travis dan Amanda

Apakah selama ini Anda pernah berpikir kapan akan pensiun? Kira-kira pada usia berapa Anda akan pensiun, 50 tahun atau 65 tahun? Sebenarnya, Anda tidak perlu menunggu selama itu untuk pensiun.

Menurut sebuah artikel di majalah Forbes, pasangan di California barus saja pensiun muda di usia pertengahan 30-an dengan tabungan di bank sebesar $1 juta (Rp13 miliar lebih). Ok, mari kita realistis saja. Sebagian besar pekerja di Indonesia tidak mungkin memiliki tabungan sebesar Rp13 miliar lebih. Apalagi bila sudah berkeluarga dan punya anak namun hanya mengandalkan penghasilan dari profesi sebagai pegawai kantoran saja.

Itu mustahil!

Berbeda dengan pasangan asal California, Amerika Serikat ini. Pasangan tersebut adalah Travis dan Amanda, mereka belum memiliki anak saat ini. Mereka berdua memiliki penghasilan yang cukup besar sebagai profesional di bidang teknologi dan keduanya punya kemauan keras dalam hidupnya.

Mungkin kita bisa belajar dari pasangan milenial ini mengenai dasar-dasar pensiun dini dan punya banyak tabungan. Simak tips cara pensiun dini di uUsia 30an dari mereka:

1. Mengetahui Tujuan Anda

Ketika Travis berhenti dari pekerjaannya di bidang TI (teknologi informasi) pada tahun 2012, dia menemukan sebuah gairah baru – sebuah kebebasan tanpa bekerja. Dia dan Amanda memutuskan untuk pensiun dini.




Mereka berdua berpikir bahwa mereka membutuhkan USD1 juta untuk mewujudkannya. Pasangan tersebut berencana untuk menggunakan 3% – 4% dari nilai uang mereka setiap tahun dan memperkirakan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 7%.

Nah, bagaimana Anda membayangkan waktu pensiun Anda? Maukah Anda berkeliling dunia? Memulai bisnis kecil? Punya rumah di sekitar pantai?

Mengetahui apa yang Anda inginkan lakukan setelah berhenti bekerja adalah langkah pertama menuju impian tersebut menjadi kenyataan.

Baca juga: Cara Bisa Menabung Meski Gaji Kecil, Coba Lakukan 10 Tips Ini

2. Raih Impian Bersama-sama

Dengan mengelola keuangan Anda secara bersama-sama maka pasangan akan lebih memahami situasi keuangan saat ini dan bagaimana cara untuk melangkah maju. Dalam hal ini, Travis dan Amanda mengumpulkan semua akun keuangan mereka dan mendaftarkannya ke situs anggaran keuangan Mint.com secara gratis.

Selain itu, pasangan ini juga melakukan tinjuauan menyeluruh terhadap aset-aset mereka dan biaya yang dikeluarkan. Mereka menghemat pengeluaran dan berhasil mendapatkan tambahan uang dari semua aset mereka.




3. Mengutamakan Menabung

Travis dan Amanda menabung 65% dari gaji mereka selama tiga tahun berturut-turut. Tabungan mereka berdua akhirnya bisa mencapai $1 juta (Rp13 miliar lebih) setelah menabung tiga tahun.

Mereka tinggal di sebuah rumah dengan biaya sewa sebesar $2.200 per tahun. Biaya sewa yang sangat murah untuk sebuah rumah di Oakland.

Selain itu, mereka juga lebih sering menggunakan transportasi umum ketimbang mengemudi kendaraan pribadi, dan mencuci pakaian sendiri. Tentu saja ini menghemat banyak uang.

4. Waspadalah Terhadap Biaya-Biaya dan Pajak

Biaya-biaya yang dikeluarkan sehari-hari bisa menghabiskan banyak uang tanpa kita sadari. Anda harus meninjau dan mempertanyakan setiap biaya yang Anda bayarkan, bahkan pada dana pensiun Anda. Amanda dan Travis menghabiskan sebagian besar uang pensiun mereka dengan biaya ETF rendah.

5. Pekerjaan Anda adalah Penghasil Uang yang Nyata

Seringkali kita lupa bahwa penghasilan adalah sumber dana semua rencana investasi yang akan dilakukan. Apa pun yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan gaji atau menambahkan penghasilan lainnya (pekerjaan kedua atau usaha, misalnya), akan secara dramatis memajukan tujuan Anda.

Travis ingin segera berhenti bekerja dan berupaya keras membuat mimpi pensiun dini menjadi kenyataan. Untuk meningkatkan penghasilannya, Travis mengganti pekerjaan tiga kali dalam tiga tahun untuk mendapatkan kenaikan gaji. Amanda tetap dalam pekerjaannya sebagai insinyur kimia. Pada puncak pendapatan mereka, pasangan tersebut mengumpulkan penghasilan gabungan sebesar $200.000 (sekitar Rp2,6 miliar).

6. Pindah Rumah dan Berhemat

Akan jauh lebih mudah untuk berhemat ketika biaya hidup Anda rendah. Ketika Amanda dan Travis pensiun, mereka meninggalkan tempat tinggalnya yang sangat mahal dan membeli rumah seharga $ 270.000 di Asheville, NC.

Pasangan tersebut memilih kota pegunungan karena biaya hidup relatif rendah. Mereka juga percaya rumah mereka akan mudah disewakan kepada wisatawan sementara pasangan ini bisa terus berkeliling dunia.

7. Lebih Sederhana

Ketika mereka mendekati tujuan pensiun mereka, Amanda dan Travis menjual banyak barang di rumah berlantai dua mereka. Ketika mereka akan pensiun, mereka hanya punya barang-barang yang mereka gunakan setiap hari.

Baca juga: Cara Membuat Rencana Keuangan untuk Bisnis

8. Rencanakan Pengeluaran di Masa Pensiun Anda

Kita cenderung fokus pada penghematan saat kita membahas perencanaan pensiun. Tapi Anda perlu memikirkan dengan hati-hati tentang pengeluaran saat pensiun.

Travis dan Amanda sangat disiplin. Mereka menolak menghabiskan lebih dari 4% dari nilai portofolio mereka setiap tahunnya. Akibatnya, terkadang mereka harus mengurangi pengeluaran saat nilai portofolio mereka turun.

Travis dan Amanda mengatakan kepada Forbes bahwa mereka tidak akan pernah bekerja lagi. Tapi mereka mempertimbangkan untuk memiliki anak. Dengan gaya hidup dan cara pengelolaan keuangan yang disiplin, Travis dan Amanda bisa membesarkan anak mereka dengan baik nantinya.



1 comment on this postSubmit yours
  1. Mungkin investsi adalah pilihan utama. kalau menabung saja rasanya hancur dengan inflasi…

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud