Beranda Finansial 6 Cara Cepat Kaya Mendadak Menjadi Jutawan Bahkan Miliarder, Buktikan Sendiri

6 Cara Cepat Kaya Mendadak Menjadi Jutawan Bahkan Miliarder, Buktikan Sendiri

Cara Cepat Kaya Menjadi Jutawan
Cara menjadi kaya via Google.com

Judul artikelnya agak BOOMBASTIS ya, karena memang topik tentang cara menjadi orang kaya raya selalu menarik dan banyak dibicarakan. Sangat banyak pengguna internet yang mencari informasi tentang bagaimana cara cepat kaya dan menjadi seorang jutawan.

Sebenarnya akan lebih fantastis lagi jika judulnya “Cara Menjadi Miliarder/ Triliuner” karena menjadi jutawan sebenarnya sudah SANGAT MAINSTREAM bagi kita semua. Punya tabungan atau aset beberapa juta, puluhan juta atau ratusan juta pasti sangat mungkin.

Tapi tunggu dulu, sebenarnya milyarder itu juga jutawan, bukan? Karena aset yang dimiliki RIBUAN JUTA hehehe.

Oke, kembali ke topik. Apakah ingin menjadi orang kaya raya dan menjadi jutawan adalah sesuatu hal yang muluk? Menurut saya tidak!

Definisi kaya itu sebenarnya tergantung dari diri kita sendiri, tapi yang pasti Anda sudah bisa, bukan hanya untuk bertahan hidup tetapi juga menikmati hidup.

Bagaimana Cara Cepat Kaya & Menjadi Jutawan?

Bagaimana Cara Cepat Kaya

Tanyakan kepada diri Anda dan jawab dengan jujur, jika Anda ingin menjadi orang kaya (jutawan atau bahkan miliarder):

  • Apakah cukup ‘hanya’ dengan menabung? Menurut saya TIDAK, karena setiap tahunnya terjadi inflasi dimana nilai uang selalu mengalami penurunan.
  • Apakah ada orang kaya beneran dengan cara pesugihan seperti yang dilakukan Dimas Kanjeng? TIDAK ADA, itu murni penipuan.

Lalu, bagaimana cara seseorang bisa menjadi orang kaya? Misalnya seperti Bapak Ciputra yang berasal dari keluarga kurang berada menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia.

Berikut ini adalah beberapa tips dari orang-orang sukses untuk Anda yang sedang mencari cara cepat kaya raya!

1. Tingkatkan Income, Bukan Jam Kerja

Apa maksudnya poin ini? Semua manusia di dunia ini sama-sama punya 24 jam sehari, dan bagi sebagian orang, itu waktu yang selalu dianggap kurang sehingga mereka bekerja sepanjang waktu dan sering lembur.

Namun, kalau Anda sering lembur karena ingin menjadi kaya, pikirkan efeknya – Anda jenuh atau Anda bisa sakit. Maka dari itu, meningkatkan nilai income Anda tentu jauh lebih efektif daripada menambah jam kerja Anda, bukan?

Bagaimana cara meningkatkan income? Cobalah untuk mengambil peluang bisnis yang bisa dikerjakan tanpa membuat Anda meninggalkan pekerjaan utama.

Salah satu peluang bisnis yang bisa dikerjakan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama adalah dengan menjalankan bisnis online. Apa saja contoh bisnis online yang bisa dikerjakan? Silahkan baca penjelasan ringkasnya di artikel tentang bisnis online.

Perlu diperhatikan juga bahwa bila Anda masih pemula maka bisnis internet bukanlah bisnis cepat kaya karena membutuhkan proses agar bisa sukses. Mulai dari belajar, praktek, dan mengulang semua proses belajar dan praktek untuk meningkatkan profit sehingga Anda menjadi orang kaya.

2. Investasi, Bukan Menabung

Masih banyak orang yang berpikir bahwa menabung adalah cara cepat kaya raya. Menurut saya ini cara yang keliru. Buktikan sendiri, apakah dengan cara menabung Anda bisa cepat kaya?

Memang menabung itu baik dan tidak salah. Namun, jika Anda ingin menjadi orang kaya hanya dengan menabung maka prosesnya akan menjadi sangat lambat.

Mengapa?

Anda harus tahu bahwa nilai uang Anda tidak bertambah dan bahkan cenderung menurun setiap tahun, mungkin karena inflasi atau hal lainnya yang mempengaruhi ekonomi negara kita.

Oleh karena itu, coba cari jalan lebih efektif dengan berinvestasi ke komoditi atau properti yang bisa memberikan penghasilan sekitar 15%-50%, berinvestasi ke bisnis yang bisa memberi hasil sekitar 20%-100%, dan sedikit deposito yang memberi bunga 6%-7%.

Dengan nilai investasi yang semakin besar maka kekayaan Anda akan bertambah dengan sendirinya. Baca juga: 5 Investasi Syariah yang Paling Menguntungkan.

3. Bijak, Bukan Gengsi

Tidak bisa dipungkiri, ketika seseorang punya uang banyak maka yang dipikirkan adalah “uang ini mau dibelikan apa?”. Ya setidaknya berguna untuk memamerkan ke orang lain bahwa kita punya uang.

Siapa tidak suka dengan barang-barang mewah? Siapa pula yang tidak berdecak kagum dan mengatakan bahwa seseorang menjadi sukses ketika punya barang mewah?

Tapi, pikirkan terlebih dahulu, apakah Anda sudah sanggup merawat barang mewah tersebut? Ini bukanlah cara menjadi orang kaya, karena hanya akan menghabiskan lebih banyak uang Anda.

Barang mewah menuntut adanya maintenance atau perawatan! Belum lagi kalau Anda memberi barang mewah dengan cara menyicil, hmmm gawat.

Jadi, daripada mementingkan gengsi, lebih baik bijak. Gunakan uang yang Anda punya untuk hal yang jauh lebih penting, menggunakan uang untuk barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagai contoh apakah Anda sudah punya uang lebih daripada barang yang Anda punya, semisal Anda membeli mobil Eropa maka Anda tentu harus punya uang lebih besar daripada harga membeli mobil tersebut, bukan?

Baca juga: Cara Menabung dari Gaji yang Kecil

4. Hindari Hutang yang Tidak Menghasilkan

Kalau bisa untuk hal apapun jangan sampai berhutang, ini adalah salah satu cara cepat kaya yang mujarab.

Namun, terkadang keadaan memaksa kita untuk berhutang untuk merealisasikan sesuatu yang benar-benar kita butuhkan. Bila hal ini terjadi pada Anda (berhutang), bijaklah menggunakan uang yang Anda pinjam tersebut.

Orang bijak akan menggunakan uang dari berhutang untuk membangun atau mengembangkan bisnis, dan berinvestasi, sedangkan orang bodoh berhutang hanya demi membeli barang mewah dan gaya hidup.

Bisnis dan aset bisa berkembang dan menghasilkan lebih banyak uang, sedangkan nilai barang-barang mewah pasti menurun dan Anda akan mengalami kerugian. Jadi, pikirkan baik-baik penggunaan uang Anda.

Jika istri/ suami Anda ingin meminjam uang (berhutang), pastikan bahwa hutang tersebut untuk usaha atau bisnis jangka panjang, bukan untuk membeli barang mewah atau gaya hidup. Atau bila memang hutang tersebut untuk membeli sesuatu, pastikan itu untuk membeli properti.

Jangan pernah membiasakan diri untuk membeli sebuah barang mewah dengan cara mencicil. Awalnya memang cicilan terasa kecil, tapi cicilan ini lambat laun akan merusak arus keuangan Anda. Dan pada akhirnya penghasilan Anda bisa habis hanya untuk bayar cicilan.

Baca juga: Berhutang Membuat Kita Bangkrut dan Miskin, Benarkah?

5. Belajar dan Terus Belajar

Ya, cara menjadi kaya adalah proses belajar dan belajar terus, baik itu belajar dari orang lain ataupun dari pengalaman orang lain.

Biasanya seseorang yang berpenghasilan 5 juta sebulan pasti hanya tahu caranya mendapatkan Rp 5 juta sebulan. Lalu Anda belajar bagaimana cara mendapatkan penghasilan Rp 10 juta per bulan, lalu Rp 20 juta per bulan, begitu seterusnya.

Oleh karena itu, jangan berhenti belajar. Investasikan uang Anda untuk belajar sebuah ilmu atau pengetahuan dari orang lain agar meningkatkan pengetahuan dan ‘nilai jual’ Anda untuk meraih karir yang lebih baik.

Anda butuh ilmu yang berbeda. Jadi, bagaimana? Tentu saja Anda bisa memperluas pergaulan Anda, tinggalkan zona nyaman.

Punya influencer juga bisa memotivasi Anda untuk menjadi kaya, perhatikan kata-kata mereka dan perhatikan apa saja sepak terjang mereka!

6. Bersyukur dan Bersedekah

Sedekah itu bukan konsep memberi sesuatu lalu berharap menerima lebih besar, menurut saya itu keliru. Memberi/ bersedekah konsepnya adalah merelakan yang kita miliki kepada orang lain tanpa berharap ada imbalan.

Jadi, bila ada ketidakrelaan dalam hati lebih baik tunda untuk bersedekah. Itu hanya akan membuat Anda merasa tidak bersyukur.

Apa benar bersyukur dan bersedekah merupakan salah satu cara cepat kaya yang sudah terbukti?

Apapun kondisi Anda saat ini, sudah selayaknya untuk tetap bersyukur kepada yang maha kuasa. Orang kaya yang memulai bisnisnya dari nol hingga sukses pasti sering bersyukur dan bersedekah.

Rasa syukur ini adalah awal yang baik untuk memulai semua kegiatan yang akan Anda lakukan jika ingin cepat kaya dan berhasil dalam setiap kegiatan. Rasa bersyukur akan membuat kita lebih mudah mendapatkan hal-hal positif yang ada di sekitar kita.

Selain bersyukur, bersedekah adalah cara Anda membantu orang lain yang lebih membutuhkan, dan ini membuat Anda bisa menyerap hal-hal positif di sekitar Anda yang akan membuat Anda cepat kaya, tidak hanya kaya hati tapi juga materi.

Di dalam diri manusia selalu ada keinginan untuk membantu dan memberikan sesuatu pada orang lain. Dengan memberi, seorang manusia merasa bermanfaat bagi sekitarnya dan membuat orang tersebut menjadi lebih bahagia.

Manusia yang bahagia sejatinya akan bekerja lebih baik dan efektif dibanding orang yang bekerja sambil merengut karena tidak bahagia. Hal inilah kemudian yang akan membuat seseorang mencapai tujuannya dengan segera, misalnya menjadi cepat kaya.

Kesimpulan

Menjadi orang kaya raya bukanlah sesuatu yang muluk-muluk, cara-cara yang disebutkan di artikel ini tentu bukan sesuatu yang muluk-muluk bukan?

Cara cepat kaya dan menjadi jutawan bisa dilakukan dengan mengatur apa yang Anda punya saat ini dengan cara yang baik dan efektif.

Ingat pula! Menjadi kaya tujuannya bukan untuk dipandangan orang lain, tetapi yang lebih penting adalah cara pandang Anda terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Anda yang tahu seberapa menikmati hidupkah Anda.

Dengan begitu, Anda bisa menggunakan uang secara bijak, bukan sekadar ambisi dan gengsi yang seringkali malah menjatuhkan diri. Semoga artikel ini menginspirasi.

Disclaimer: Artikel di atas mengacu pada tips yang pernah diungkapkan oleh para orang sukses berdasarkan pengalamannya. Mungkin saja tips di atas kurang efektif bagi orang lain, karena keberhasilan seseorang masih tergantung dari banyak faktor, seperti; kesempatan, pengetahuan, keberanian, relasi, dan banyak faktor lainnya.

Baca juga: Mengatur Keuangan Sistem Amplop, Cara Irit Ala Nenek Gue

56 KOMENTAR

  1. Bagi saya, kaya itu soal membantu manusia lain dan lingkungan… Kekayaan yang tak pernah habis datang dari sana….

  2. Artikel ini membuka fikiran untuk lebih meningkatkan niat dalam berinvestasi, terimakasih bang… Sukses selalu bang

  3. Kazunarii Michi

    terima kasih atas sharing ilmunya admin.. sangat bermanfaat.. semoga anda senantiasa sehat, sukses & bahagia slalu..

  4. Kalo untuk usaha tahap awal harus punya modal sendiri. Pinjam Bank sifatnya tambah modal usaha.

  5. saya rencana ingin buka bisnis loundry… tapi modalnya belum cukup… apa saya harus ngutang ke bank ya? atau tunggu sampai modalnya cukup…

  6. salut… dan super.. terima kasih

  7. sekarang baru bisa bisa menginfestasikan sedikit tenaga, waktu, dan sedikit finansial untuk sebuah harapan. termasuk infes gak?

  8. action juga, jangan takut untuk memulai. kalau mau naik lamborgini harus berani memulai. apalagi sekarang sangat banyak digital marketer yang sukses dengan omset milyaran padahal cuma jualan kresek.

  9. point 4 itu yang susah bang. mau tidak mau kalau terdesak ya harus ngutang.

  10. Hmmm, kalau cara di atas bener-bener manjur harusnya saya sudah jadi miliader sekarang, wkwkwk. Waduh, harus memperbanyak income dan belajar lebih banyak lagi nih.

  11. Nella (Emaknya Benjamin)

    Jadi youtuber belakangan ini juga bsia cepat kaya, maksudku kalau yang sudah punya ratusan ribu subscriber, yg sdh terkenal lah.. ada sehari yg dapat 200 usd, 500 usd dstnya, bgm sebulannnya kan :D . Kadang-kadang saya kepoin penghasilan mereka di socialblade.com app :D .

    • Betul banget, tapi membangun subscriber sebanyak itu prosesnya lama. Belum lagi video yang diupload harus bener-bener unik dan menarik, sesuatu yang bisa membuat orang untuk kembali lagi dan menjadi subscriber.

  12. Setuju banget dengan ulasan ini
    Terutama cepat kaya dengan investasi saya rasa sangat realistis, karena jika investasi yang kita lakukan tepat. dalam beberapa tahun saja kita bisa mendapatkan keuntungan lebih dari 100 %

  13. Admin Kick Bisnis

    Iya boss yang namanya kaya itu relatif tergantung dari pola pikir dan sudut pandang orang yang mengartikannya, jadi tergantung juga kita mau yang seerti apa, orang kaya juga kalau banyak hutang juga resah.
    mending hidup pas pasan yang penting kita bersyukur.

  14. tips yang sangat bagus mas, insha allah untuk seumuran saya ini target perbulan bisa menghasilkan 50 juta bisa buat nabung modal nikah, naik haji sama ibu dan buat ngebesarin usaha yang udah jalan.

  15. Iya, banyak tukang tipu dari kalangan MLM yang bukan membuat kita jadi kaya tapi akan memangsa korbanya tanpa ampun, istilah nya investasi bodong dan abal abal.

    • Mantap mas Andika. Kira-kira kapan target Rp100 juta per bulan akan tercapai? Bagusnya dibikin target waktu juga biar kerjanya jadi lebih semangat.

  16. Sya sangat setuju akan solusi dan sarannya…sya ingin mencari bisnis2 apa yg cocok tuk sya geluti,, tp setidaknya sya harus bnyak belajar dasarnya dlu… N smpai skrg sya masih bingung bisnis apa yg ingin sya terbitkan..

    • Hai, Pak Edi. Mnurut saran yg d atas, kita mesti menginvestasikan uang tp bukan nabung. Nah, salah satu solusi sy jika Anda ingin berinvestasi sambil mnghasilkan income. Cobalah bisnis 3i-networks dari CAR bersama saya 😊. Untuk detail info dan bisnis, d google dan youtube sudah banyak. Namun, jika Anda berkenan, langsung sj add fb saya :Jenie Syarif (dengan logo 3i-networks KIM)
      atau WA : 089677897860 . SALAM SUKSES, PAK! 😊

  17. kami ingin merobah tarap kehidupan jika kami membaca keterangan sdr di situs beliau tapi ini apakah bukan dengan cara multi lepel yg berkelanjutan dan teru menerus tiada akhir terma kasih

    • Sy punya usaha warung kopi,,adakah diantara bos bos yg bisa diajak join,,,sy mau bk lgi yg baru tpi trkndala pd tempat..mksh sblmnya.

  18. kalo sekedar pendapat sya, krna sya org muslim. kita ingin kaya seperti apa, tujuan kaya kita apa. kalo harus disebutkan, kita ini orang miskin, semua yg kita punya hanyalah titipan. simpel saja, orang kaya itu adalah ia yang mampu memanfaatkan apa yang diamanatkan. karena kehebatan dalam memanfaatkan amanat. maka ia akan kaya besar(raya). so, setiap orang itu kaya, setiap orang itu miskin. kalo pngen kaya berarti tingkatkan level cara memanfaatkan apa yg diamanatkan, thks

  19. hi Max,saya suka artikelnya,hemh…luar biasa.cuman saya punya pertanyaan berhubungan dengan point pertama di artikel ini “1. Tingkatkan Income, Bukan Jam Kerja” memang saya rasa benar,tapi bukankah kondisi itu hanya berlaku bagi yang bermodal dalam hal ini modal uang yg cukup? kalo saya modal minus,aset yg ada sulit di uangkan,lalu gimna supaya bisa tingkatkan income tanpa jam kerja yang super panjang

  20. sangat menggelegar judulnya mastah. artikelnya sangat bermanfaat sekali.trimaksih maxmanroe

  21. Tips yang menarik gan :-)
    semoga dapat menyemangati para pemuda pemudi di tanah air..

  22. Yang paling kena di pikiran saya adalah point pertama yaitu menambah income bukan menambah jam kerja atau lembur. bisa menjadi inspirasi banget.

  23. Kita bisa sukses jika tidak ada perselihihan antara hati, keilmuan kita, dan pekerjaan kita …
    Tentukan jalan yang jelas, jangan berpindah-pindah bidang

  24. belajar dengan tekun ane rekomendasi bgt. ilmu itu pertama ! jgn lupa semangat

  25. jurus kaya yang lain adalah dengan menggunakan ” DUIT ” Do”a, Usaha, Istiqomah, dan Tawakal

  26. mantap aplikasi nya…
    cuma modal 15 ribu …
    bisa dapat penghasilan 300rb lebih dalam sehari..
    tapi sayang nya aplikasi nya cuma khusus android..

  27. Yohanes kristanto

    kalau ingin cepat kaya harus bekerja keras, bersedekah, banyak beribadah agar diberi kemudahan dalam mencari rezeki.

  28. enak lagi kalau menjalan kan bisnis dak pake modal,,,

    Di point belajar dan memperbanyak teman,,rekan kerja sangat lah penting,,(tentunya teman kerja yg bonafit dan rekomended)

    Contoh saya usaha konter,,acc,,perdana,,
    Kalau saya mikir modal bisa jungkir balik ni badan,,,

    Alhamdulillah dengan memperluas pergaulan,,memperbanyak teman,,saya malah bisa pinjam dl,,(tempo)
    Tapi kita juga harus meng imbangi dengan tidak telat jatuh tempo kita,,

    Sampai saat ini malah saya bisa dapat untung dan makin di up saja pinjaman saya..

    Niat,,bisa dipercaya,,semangat pengen maju

  29. Membeli barang mewah memang menyenangkan, namun alangkah baiknya jika memikirkan dahulu apakah barang yg di beli tersebut lebih besar manfaatnya bagi diri sendiri atau tidak . Jika hanya utk ajang gengsi saja, hal tersebut hanya merupakan bentuk pemborosan dan tidak akan membantu utk memperbesar penghasilan dan hanya akan menjadi beban bagi management keuangan. Hal tersebut seperti kata pepatah “biar tekor asal kesohor”. Bijaksana dalam menggunakan uang adalah pola pikir orang sukses.
    Terima kasih

  30. Kapan ya kita menempuh hidup suksesss

  31. Saya stuju dgan artikel di atas, tp bgaemana cara cepat bisa mgumpulkan modal untuk usaha dn investasi… Ada saran Gan.??

  32. i putu widnyana

    tips yang bagus,, salam sukses dari warung e-go pizza bali

  33. saya yunus dari daerah Padang saya mau ucapkan kepada pembuat blog ini karena berkat bantuannya saya bisa ketemu dgn eyang Keramat juru kunci gunung Bromo,awalnya saya hanya tukang becak yang sangat dihina dan dicaci,hutang ada dimana-mana,akhirnya saya sudah pusing dan hampir bunuh diri tp saya baca iklan di internet dan saya coba menghubungi eyang Keramat,awalnya saya ragu dan bimbang tp saya punya keyakinan dan kemauan akhirnya saya mencoba mengikuti pesugihan Gunung Bromo,alhamdulillah sekarang saya tidak dihina lagi hutang2 saya semua sudah lunas dan saya sudah mempunyai rumah sendiri,sekarang saya sudah memiliki usaha warung kecil2lan,berkat bantuan eyang Keramat saya bisa seperti ini,terimah kasih Eyang berkat eyang saya sudah seperti ini,mau seperti sy silahkan langsung hub Eyang guru keramat di nmr 0853******** ,ini kisah nyata saya demi Allah kalau saya berbohong,terimah kasih

    • Super sekali pak Yunus. Semoga semakin kaya dikemudian hari ya pak, saya titip salam buat Eyang Keramat.

      • perhatian saya terpusat di sini

  34. Ingin cepat kaya adalah naluri alami setiap manusia. Sebab kehidupan selalu menghadapkan manusia pada berbagai macam kebutuhan

  35. infonya sangat bagus sekali. memang saat kita menginginkan cara cepat kaya, tips-tips tersebut di atas sangat cocok sekali untuk dijalankan. saya sangat suka dengan poin belajar dan belajar. karena dengan belajar akan banyak pengalaman baru dalam pengelolaan keuangan kita. sehingga nantinya kita akan lebih mudah meraih kekayaan yang kita inginkan. saya ada recomended blog yang membahas cara cepat kaya dengan mudah.

  36. Income yang di perbesar dari bisnis sendiri, kalau nuntut mulu k perusahaan jadinya di dipecat nanti pak, gawat kalau jabatan dan kinerja serta kontribusi kita masih belum seberapa.

  37. Saya pakar keuangan, harta benda dan investasi dari Singapore dan sekarang menetap di Bandung karena punya isteri. Saya mendukung poin investasi, bukan menabung. Saya bisa memberikan konsultansi kepada sesiapa yang memerlukan jasa saya. Yang anda harus tahu, tiap penghasilan harus dimulai dengan modal baik keuangan ataupun tenaga. Walaupun dalam internet bisa ada yang gratis, fikir juga tentang penggunaan listrik.

    • Pak rizal, sy br bc artikel ini dam sptnya sdh dr tahun lalu artikel ini, emng kl hanya berinvestasi bisa buat kaya? Tp khan perlu modal besar.. Ngmn cara nya mohon petunjuk

    • Itukan untuk yg berpenghasilan 5juta dllm sebulan,.. Gimana dengan yg berpenghasilan hanya 2jta perbulan, berapa persen yg harus di investasikan.. Dan perusahaan seperti apa yg harus kita pilih untuk berinvestasi.. Terimakasih..

  38. Masukan yang bagus untuk membenahi ekonomi kehidupan di setiap individu
    good post..

  39. Daftar PPC Indonesia

    Kalau ane sih sob jangan takut mengeluarkan modal yang besar, tapi jangan sampai modal tersebut jadi sia-sia kedepannya.

Tinggalkan Balasan