Cara Menolak Tawaran Kerja Dengan Sopan Dari Perusahaan

Menolak Tawaran Kerja

Image dari Marketingland.com

Kebanyakan orang ketika mendapatkan tawaran kerja dari perusahaan tentu akan sangat bahagia. Karena memang itulah yang mungkin ia inginkan ketika melamar pekerjaan pada perusahaan. Namun, belum tentu tawaran dari perusahaan tersebut bisa langsung sesuai dengan kemauan Anda sendiri. Barangkali ada beberapa poin, misalnya gaji atau fasilitas yang tidak cocok dengan Anda, atau mungkin Anda ditawari pada posisi yang tidak sesuai dengan harapan Anda.

Dengan kondisi seperti ini tentu Anda akan menolaknya bukan, karena ada banyak hal yang tidak sesuai dengan harapan Anda. Nah, dalam menolak tawaran kerja dari perusahaan ini juga perlu sikap yang bagus. Kenapa, ini perlu Anda lakukan agar perusahaan tetap respek kepada Anda. Lalu bagaimana cara melakukan penolakan pada perusahaan secara sopan, simak di bawah ini.

1. Jangan Biarkan Perusahaan Menunggu Lama Jawaban Anda

Meski Anda sudah merencanakan untuk menolak tawaran pekerjaan dari perusahaan, sebaiknya Anda segera memberikan jawaban. Perlu Anda ketahui juga bahwa perusahaan tidak mudah melakukan rekrutmen untuk karyawan baru. Artinya ketika Anda segera memberikan jawaban kepada mereka, maka perusahaan akan memiliki waktu untuk segera mencari pengganti Anda. Tunjukkan rasa sopan Anda kepada perusahaan, jangan biarkan perusahaan menunggu jawaban Anda terlalu lama.

Artikel lain: Lamaran Kerja Anda Ditolak Perusahaan Startup? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

2. Jangan Lupa Ucapkan Terimakasih

Meski Anda menolak tawaran dari perusahaan tersebut, namun sebaiknya sampaikan juga rasa terima kasih Anda kepada mereka. Ungkapkan terima kasih Anda karena perusahaan telah memberikan apresiasi, waktu dan kesempatan kepada Anda dengan memberikan tawaran pekerjaan. Mengucapkan terima kasih kepada perusahaan sangat bagus untuk tetap menjalin silaturrahmi, karena ke depan siapa tahu justru perusahaan tersebut menjadi partner Anda dalam pekerjaan.

3. Sampaikan Alasan Yang Jelas Pada Perusahaan

Tidak usah ragu atau takut, sampaikan saja alasan Anda kepada perusahaan tersebut. Berikan alasan yang sesuai dan jelas agar mereka tidak penasaran dengan alasan Anda tidak menerima tawaran dari perusahaan. Alasan seperti sudah mendapatkan kerja atau posisi yang tidak sesuai keinginan Anda bisa juga Anda kemukakan. Dengan menyampaikan alasan dengan jelas, maka perusahaan tidak akan bertanya-tanya lagi kenapa Anda tidak menerima tawaran pekerjaan dari mereka.

4. Sampaikan Alasan Penolakan Dengan Jujur

Dalam menyampaikan alasan penolakan, sampaikan alasan yang jujur pada mereka. Jangan berbelit-belit apa lagi berbohong, itu justru akan memperburuk reputasi Anda sendiri. Bahkan jika mungkin alasan Anda menolaknya adalah pertimbangan gaji atau posisi yang kurang sesuai, sampaikan saja kepada mereka. Asal Anda menyampaikannya dengan penuh rasa hormat, saya rasa perusahaan juga akan respek kepada Anda.

5. Tetaplah Sopan, Karena Kita Tidak Tahu Apa Yang Akan Terjadi Ke Depan

Anda harus tetap berlaku sopan meski Anda tidak akan berada di dalam perusahaan tersebut untuk saat ini. Namun perlu Anda ketahui bahwa dalam dunia pekerjaan semuanya bisa saja terjadi secara tiba-tiba. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan, banyak kemungkinan, bisa jadi perusahaan menjalin kerjasama dengan Anda ke depannya, atau kemungkinan lainnya. Maka dari itu, jangan ragu untuk bertindak dengan sopan.

Baca juga: Sering Menghadapi Kegagalan Saat Melamar Pekerjaan ? Inilah 4 Hal Penting Untuk Hadapi Penolakan Kerja

6. Jika Memungkinkan Sampaikan Alasan Secara Lisan

Anda bisa menyampaikan alasan penolakan kepada perusahaan dengan langsung secara lisan jika memungkinkan. Namun jika itu tidak bisa Anda lakukan, Anda bisa memberikan jawaban melalui telepon atau opsi terakhir dengan mengirimkan #email kepada mereka.




Menyampaikan penolakan secara lisan akan membuat Anda terlihat profesional dan tentu saja perusahaan akan mengapresiasi dan menghormati keputusan Anda tersebut. Ada contoh beberapa kalimat yang bisa Anda gunakan secara lisan untuk menolak tawaran pekerjaan dari perusahaan. Misalnya seperti ini:

Setelah saya pertimbangkan, dengan tidak mengurangi rasa hormat saya, saya memutuskan untuk mengambil tawaran dari perusahaan lain

Setelah saya pikirkan masak-masak, mohon maaf, saya belum bisa menerima tawaran dari perusahaan Anda.

Nah, itulah beberapa tips melakukan penolakan atas tawaran pekerjaan dari perusahaan agar Anda tetap profesional di hadapan perusahaan.



Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud