10+ Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android

Cara Menghemat Kuota Internet

Ilustrasi via mobilesyrup.com

Cara menghemat kuota internet yang paling efektif dan mudah untuk kita lakukan adalah dengan meminimalkan penggunaan aplikasi mobile yang ada di Smartphone Android. Namun, tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan oleh sebagian besar orang karena internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia, terutama kaum urban.

Seringkali kita menyadari bahwa penggunaan kuota data internet di smartphone terasa sangat boros. Padahal kita sudah melakukan berbagai cara agar paket internet tidak cepat habis, misalnya tidak membuka aplikasi yang boros kuota internet. Bila hal ini terjadi terus menerus, maka Anda akan menjadi sangat boros hanya untuk membeli paket data.

Apalagi bila Anda adalah seseorang profesional yang sangat membutuhkan koneksi internet dalam bekerja. Menemukan cara menghemat kuota internet dan mengimplementasikannya pada smartphone Anda adalah solusi terbaik agar tidak terjadi pemborosan yang berkepanjangan.

10+ Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android

Melakukan beberapa tips berikut ini tidak menghabiskan waktu Anda, tapi akan membuat Anda menjadi jauh lebih hemat dari sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa cara menghemat paket internet di Android yang bisa Anda lakukan.

1. Gunakan Browser yang Hemat Data untuk Berselancar

Ketika kita berselancar di internet menggunakan smartphone, tentunya kita akan membuka browser. Ternyata tidak semua browser bisa hemat data, beberapa browser bahkan bisa menghabiskan banyak data ketika digunakan untuk membuka halaman website, terutama browser bawaan dari smartphone Anda.




Untuk menghemat penggunaan paket internet Anda, silahkan menggunakan browser yang lebih efisien. Browser yang saya rekomendasikan adalah Google Chrome dan Opera Mini. Kedua browser ini sudah terbukti sangat efektif bila kita ingin menghemat kuota internet di Android.

Namun, tentu saja kita perlu melakukan sedikit pengaturan pada kedua browser tersebut. Tidak sulit, Anda hanya perlu melakukan pengaturan berikut ini:

  • Google Chrome: setelah membuka browser > tap ikon tiga titik di kanan atas browser > pilih Settings > pada bagian Advanced, aktifkan Data Saver
  • Opera Mini: browser ini tidak memerlukan pengaturan khusus, karena pada dasarnya Opera Mini sangat efektif untuk menghemat penggunaan mobile data. Namun, bila Anda sering nonton video streaming dan ingin menghemat kuota internet maka Anda bisa mengompresi video dengan fitur unik di Opera Mini.

Browser Hemat Kuota

Baca juga: Cara Menghilangkan Iklan di Android Tanpa Rooting

2. Hapus Aplikasi yang Boros Kuota Internet

Seringkali paket internet habis dikarenakan smartphone Anda diinstal dengan aplikasi yang boros internet. Salah satu aplikasi yang sangat boros dalam penggunaan kuota data di smartphone Anda. Dan uniknya, hampir semua pengguna smartphone menginstal aplikasi Facebook di handphone mereka.

Memang aplikasi Facebook ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang, terutama mereka yang punya bisnis. Namun, bagi Anda yang menggunakan Facebook sebagai media untuk bersosialisasi saja, sebaiknya segera hapus aplikasi ini. Bukan hanya paket internet Anda yang cepat habis, daya baterai juga akan cepat terkuras habis.

Jika Anda ingin tetap menggunakan Facebook, akan lebih baik bila menggunakan Facebook Lite saja. Anda bisa membuka Facebook Lite dari browser Opera Mini atau Google Chrome dan ini akan membuat Anda menghemat kuota internet.

Aplikasi Android Boros Kuota Internet

Artikel lain: Mengenal Facebook Lite dan Kegunaannya

3. Update Aplikasi Hanya Saat Terhubung dengan Wifi

Selanjutnya, cara mudah untuk menghemat kuota internet adalah dengan membatasi update aplikasi yang diinstal. Cukup banyak pengguna smartphone yang tidak menyadari hal ini, setiap ada update aplikasi maka secara otomatis akan melakukan pembaruan dengan menggunakan paket data internet di smartphone.

Hal ini akan membuat pemakaian kuota internet di smartphone Anda akan semakin boros, apalagi bila aplikasi di smartphone Anda cukup banyak yang diupdate.




Untuk mencegah aplikasi melakukan pembaruan secara otomatis, Anda perlu melakukan sedikit pengaturan di smartphone Anda.

Buka PlayStore > Tap menu dengan ikon tiga garis > Pilih Settings > Pilih “Auto-update apps” > Pilih “Auto-update apps over Wi-Fi only

Dengan pengaturan seperti ini, maka aplikasi di smartphone Anda hanya akan terupdate jika smartphone terhubung dengan Wi-fi. Tentu saja hal ini akan membuat Anda menghemat paket internet lebih banyak.

Update Aplikasi Android

4. Membatasi Penggunaan Data di Latar Belakang

Ini adalah cara menghemat kuota internet yang paling mudah kita lakukan. Dengan mengatur aplikasi atau bahkan sistem Android itu sendiri, maka penggunaan data internet di latar belakang akan dibatasi.

Background data adalah salah satu pemborosan data internet yang terjadi saat kita tidak menggunakannya, bahkan kita tidak menyadarinya. Salah satu contohnya adalah update feed, sistem notifikasi, widget cuaca, sinkronisasi email, dan lain-lain.

Kita bisa membatasi penggunaan data tersebut dengan mengaturnya dari menu Settings di Android.

Settings > Data Usage > Pilih Restrict Bacground Data

Anda juga bisa mengaturnya pada masing-masing aplikasi. Misalnya ingin menonaktifkan sinkronisasi email, maka Anda bisa masuk ke settings, masuk ke Account Google, lalu matikan auto-sync.

Membatasi Penggunaan Data di Latar Belakang

5. Gunakan Aplikasi Navigasi dalam Mode Offline

Selanjutnya, cara menghemat kuota internet Android yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah dengan menggunakan aplikasi navigasi dalam mode offline. Aplikasi maps ini sangat boros dalam pemakaian paket data, sehingga sangat disarankan untuk menggunakannya dalam mode offline.

Salah satu aplikasi untuk mencari alamat adalah Google Maps. Namun, kita bisa mengakalinya dengan cara menggunakan aplikasi ini secara offline. Lalu bagaimana caranya?

Buka aplikasi Google Maps > Tap menu dengan ikon tiga garis > Pilih “Offline Maps” > Pilih “Select Your Own Map” > Geser map untuk menentukan area > Tap Download

Semua proses tersebut membutuhkan koneksi internet. Namun, ketika Anda sudah mendownload Offline Maps maka Anda bisa menggunakan aplikasi navigasi dalam mode offline khusus di area yang sudah didownload sebelumnya.

Aplikasi Navigasi dalam Mode Offline

6. Pengaturan Pada Aplikasi WhatsApp

Bagi Anda yang aktif menggunakan aplikasi Whatsapp dan ingin menghemat kuota internet, sebaiknya lakukan pengaturan khusus agar media yang diposting di aplikasi chat tersebut tidak didownload secara otomatis. Banyak pengguna WhatsApp yang tidak menyadari ini sehingga kuota internetnya cepat habis.

Cara agar paket internet tidak cepat habis karena penggunaan WhatsApp yang keliru, Anda perlu melakukan pengaturan sederhana berikut ini:

Buka aplikasi Whatsapp > Tap menu dengan ikon tiga garis > Pilih Settings > Pilih Data Usage > Tap “When using mobile data” pastikan semua kolom tidak dicentang > Tap OK.

Ini artinya, media apapun di WhatsApp tidak akan diunduh ke smartphone Anda. Selain menghemat data internet, Anda juga menghemat penggunaan space memori smartphone.

Pengaturan Pada Aplikasi WhatsApp

7. Membatasi Penggunaan Data Pada Setiap Aplikasi

Setelah sebelumnya kita membuat pengaturan membatasi penggunaan data di latar belakang, kita juga bisa menghemat kuota internet dengan membatasi penggunaan data pada masing-masing aplikasi di dalam smartphone.

Ada beberapa aplikasi yang punya opsi sinkronisasi dan opsi pengaturan datanya sendiri. Beberapa aplikasi tersebutlah yang harus kita atur. Misalnya Google Photos, Anda bisa masuk ke Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan penggunaan data internet.

8. Simpan Data Musik dan Video Kesayangan di Smartphone

Saat ini kita bisa mengakses video YouTube, Spotify, serta berbagai situs streaming video dan musik lainnya. Penggunaan layanan streaming yang cukup sering bisa membuat paket internet Anda cepat habis. Selain paket internet cepat habis, daya baterai juga akan semakin boros dan bikin panas.

Sebaiknya mulai sekarang jangan menonton video dan musik secara online. Bila ingin menonton video dan musik di smartphone Anda, lebih baik menyimpan data musik dan video kesayangan Anda di dalam smartphone.

Tentunya Anda akan membutuhkan microSD dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Dengan cara ini maka Anda akan menghemat kuota internet dalam jumlah yang besar.

Simpan Data Musik dan Video Kesayangan di Smartphone

9. Non-Aktikan Push Content dari Aplikasi

Push Content adalah notifikasi adanya update di sebuah website yang secara otomatis “didorong” ke ponsel Anda. Push content ini bisa berasal dari berbagai aplikasi yang terinstal di smartphone Anda, misalnya Facebook, Twitter, Pinterest, dan lain-lain.

Jumlah push content yang tinggi secara konstan akan membuat penggunaan kuota data Anda semakin besar pula. Saat ini pengguna Android sudah bisa menonaktifkan push content pada masing-masing aplikasi melalui menu Data Usage.

Atau Anda bisa melakukannya melalui menu di aplikasi itu, misalnya pada aplikasi Facebook.

Buka aplikasi Facebook > Tap bagian menu dengan ikon tiga garis > Pilih Pengaturan Akun > Pilih Pemberitahuan > Tap “Aktivitas Tentang Anda” > Non aktifkan Push, Email, dan SMS.

Anda juga bisa menonaktifkan menu yang lain sesuai dengan kebutuhan.

Non-Aktikan Push Content

10. Jangan Sembarangan Upload Video dan Gambar ke Sosmed

Ketika kita menemukan sesuatu yang menarik di sekitar kita, kemungkinan besar kita akan mengambil foto atau video hal menarik tersebut. Selanjutnya, pasti kita akan tergoda untuk membagikan foto atau video tersebut ke media sosial.

Kebiasaan ini lah yang menjadi salah satu penyebab kenapa kuota internet Anda lebih cepat habis. Salah satu cara menghemat kuota internet yang bisa Anda lakukan adalah tidak sembarangan upload video dan gambar ke media sosial.

Baca juga: Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lambat / Lemot

11. Manfaatkan Hotspot di Sekitar Anda

Internet gratis adalah sesuatu yang sangat disukai oleh para penggila smartphone. Bisa dibilang bahwa smartphone tanpa internet itu bagaikan sayur tanpa sayuran, hehehe.

Saat Anda berada di sekitar kafe, restoran, atau tempat-tempat yang menyediakan koneksi Wi-Fi gratis, sebaiknya manfaatkan layanan tersebut semaksimal mungkin. Bila perlu, tanyakan password Wi-Fi ke petugas atau pelayan di tempat tersebut.

Dan ketika Anda terhubung dengan Wi-Fi, maka Anda bebas melakukan apa saja, misalnya update aplikasi, upload video ke media sosial, dan lain sebagainya. Menggunakan internet gratis dari Wi-Fi merupakan cara menghemat kuota internet di smartphone yang paling saya sukai, hehehe.

Manfaatkan Hotspot

Kesimpulan:

Di atas tadi adalah beberapa cara menghemat kuota internet di Android yang sudah terbukti sangat ampuh. Anda tidak harus melakukan semuanya, dengan menerapkan beberapa tips di atas maka penggunaan kuota internet di smartphone Anda akan berkurang.



2 total comments on this postSubmit yours
  1. Terkadang secara tidak sadar juga beberapa aplikasi kecil bisa menghabiskan kuota juga. kurangin juga nonton youtube nya spalnya itu paling kerasa banget ngabisin kuotanya,,

    • Kalau saya, yang paling banyak habisin kuota itu karna sering nonton YouTube hehehe. Mesti dikurangi ini

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud