9 Kebiasaan Orang Sukses yang Wajib Anda Tiru Jika Mau Berhasil

Kebiasaan Orang SuksesSeperti apa sih kebiasaan orang sukses itu? Apa saja rutinitas yang mereka lakukan setiap hari sehingga bisa menjadi pribadi yang sukses?

Semua orang bisa meraih sukses dalam karir dan kehidupan, Anda juga bisa. Namun, untuk menjadi orang sukses tidak semudah membalikkan lembaran kertas. Ada banyak motivator yang memberikan tips-tips untuk meraih kesuksesan hidup, faktanya tidak ada kesuksesan yang dicapai dengan mudah.

Ternyata kedisiplinan dan kebiasaan sehari-hari sangat berpengaruh pada kesuksesan seseorang. Kebiasaan-kebiasaan kecil yang diremehkan banyak orang justru punya peranan sangat besar bagi kehidupan seseorang di masa depan. Setiap usaha yang kita lakukan, sekecil apapun itu akan berdampak pada tingkat kesuksesan di masa depan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Thomas Corley, seorang penulis asal Amerika, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dilakukan orang kaya dan miskin. Penelitian ini melibatkan 361 responden, di mana 233 adalah orang kaya dan 128 dari orang miskin.

Dari penilitian yang dilakukan oleh Thomas Corley saat itu, ia menemukan ada 6 kebiasaan yang sama yang dilakukan oleh orang sukses dan kaya.

Apa Kebiasaan Orang Sukses?

Nah, kebiasaan mereka bisa Anda tiru bila ingin menjadi orang sukses dan kaya. Berikut ini adalah kebiasaan yang bisa membawa seseorang menjadi sukses:

1. Orang Sukses Terbiasa Bangun Pagi

Kebiasaan Orang Sukses
Terbiasa bangun pagi via elteonline.hu

Orang-orang sukses terbiasa bangun lebih pagi dan mempersiapkan banyak hal sebelum mulai bekerja atau berkegiatan. Menurut penelitian Thomas Corley, ada sekitar 44% orang sukses bangun 3 jam lebih awal sebelum jam kerja.

Kebiasaan bangun pagi lebih awal ini ternyata ada tujuannya, yaitu agar mereka punya waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum mulai bekerja dan bisa bekerja lebih tenang.

Ini adalah kebiasaan baik yang bisa Anda tiru bilang ingin menjadi sukses. Terbiasa bangun pagi bisa membuat Anda bisa menikmati kegiatan harian dengan tidak terburu-buru saat bersiap dan berangkat kerja.

Selain itu, dengan bangun pagi lebih awal Anda juga bisa menambah wawasan dengan membaca berita dan informasi terkini.

Jadi, kalau mau sukses harus rajin bangun pagi ya.

Artikel lain: Hidup Sukses Dengan Filosofi Ikan, Inilah Rahasianya!

2. Punya Target yang Harus Dicapai

Orang Sukses
Mereka punya target via vevmo.com

Membuat sebuah target dan mencapainya adalah kebiasaan yang sering dilakukan orang-orang sukses. Mereka tidak terlalu memikirkan berapa jam yang dihabiskan untuk bekerja dalam sehari

Mereka juga tidak menghabiskan waktu memikirkan tentang jadwal liburan. Mereka fokus ingin mencapai target yang sudah ditentukan.

Orang sukses punya rencana mengenai pekerjaan atau kegiatan apa yang akan dilakukan sehari-hari dan berusaha untuk membuat kegiatan tersebut produktif.

Dengan membuat target yang jelas maka mereka akan lebih bersemangat dan termotivasi dalam bekerja.

3. Mereka Selalu Belajar Sepanjang Hidupnya

Sukses dalam karir
Belajar sepanjang hidup via huffingtonpost.com

Salah satu ciri-ciri orang sukses yang paling sering terlihat adalah rasa ingin tahu dan selalu punya keinginan untuk belajar. Yang dimaksud dengan belajar di sini bukanlah pendidikan formal, tapi belajar hal-hal lain yang bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan dari siapa saja.

Di luar sana ada banyak hal baru yang bisa mendorong seseorang menjadi lebih berkembang, inilah yang membuat orang sukses selalu terdorong untuk terus belajar.

Seseorang yang sering belajar akan terlihat dari sikapnya dalam menghadapi sesuatu. Wawasan seseorang akan terlihat ketika mereka bertindak, bersikap, dan berkomunikasi dengan orang lain. Ketika ada kesempatan untuk belajar pada seseorang, biasanya mereka tidak akan melewatkannya.

4. Orang Sukses Biasanya Punya Banyak Teman/ Network

Orang sukses suka networking via themuse.com

Orang sukses ternyata suka nongkrong dan hangout juga lho. Tapi tunggu dulu, mereka nongkrong tidak sembarang nongkrong tapi ada tujuannya.

Walaupun sebagian orang menganggap kebiasaan ini seperti buang-buang waktu, ternyata kegiatan ini bisa menambah jaringan pertemanan dan membuka peluang baru untuk meraih sukses.

Memiliki relasi tidak terjadi begitu saja, tapi harus diupayakan. Salah satu caranya ya nongkrong bermanfaat.

Kenapa banyak teman bisa membuat seseorang menjadi berhasil? Biasanya orang lebih suka berbisnis dengan orang yang sudah dikenal dan dipercaya.

Dengan memiliki relasi yang baik dengan orang lain, maka Anda bisa mendapatkan kepercayaan orang tersebut dan berpeluang untuk berkolaborasi untuk mencapai sukses bersama.

Orang sukses selalu meluangkan waktu untuk meningkatkan dan menjaga hubungan baik dengan orang lain.

5. Mereka Suka Gaya Hidup Sehat

Menjaga tubuh tetap bugar & sehat via Google.com

Kesehatan adalah harta yang tidak ternilai harganya. Kita semua pasti setuju ya dengan pernyataan ini.

Kesehatan yang dimaksud di sini adalah kesehatan jasmani dan rohani seseorang. Harta yang tak ternilai harganya ini ternyata punya pengaruh yang sangat besar bagi kesuksesan seseorang lho.

Tubuh yang sehat akan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan fokus, sehingga kita bisa ‘menelurkan’ ide-ide dan kreatifitas dalam meraih impian. Gaya hidup sehat akan membuat tubuh dan pikiran kita semakin produktif dan mampu bekerja lebih baik.

Untuk mendapatkan harta yang tak ternilai ini tentunya harus ada upaya yang dilakukan. Di antaranya adalah mengkonsumsi makanan/ minuman yang sehat, berolah raga secara teratur, pola makan dan tidur yang sehat, dan tidak mengkonsumsi makanan/ minuman yang bisa merusak kesehatan.

Tidak selalu mudah, tapi orang sukses biasanya disiplin dalam melakukan kebiasaan hidup sehat ini.

6. Pilih Membaca Buku Ketimbang Nonton TV

Mereka suka membaca via Google

Poin 6 ini masih berhubungan dengan poin 3, yaitu kegiatan belajar. Saat membaca buku, otak manusia mengalami proses belajar dan merekam informasi dari buku yang dibaca.

Itulah sebabnya mengapa proses pembelajaran yang paling populer adalah dengan membaca, baik itu buku, majalah, koran, dan lain-lain.

Memang saat menonton televisi, kita juga bisa mendapat informasi/ pelajaran. Namun, kebanyakan orang menonton TV biasanya untuk menonton acara hiburan sehingga kegiatan menonton TV kurang efektif untuk belajar.

Selain itu, acara televisi di Indonesia saat ini sangat sering menayangkan program acara yang kurang bermutu dan tidak mendidik, bahkan cenderung merusak pola pikir generasi muda.

7. Pintar Mengelola Ucapan dan Emosi

Mengelola Ucapan dan Emosi

Berdasarkan penelitian, hanya 6% orang kaya yang suka mengutarakan apa yang mereka pikirkan. Di sisi lain, 69% orang miskin suka mengatakan apa yang mereka pikirkan.

Selain itu, 94% orang kaya lebih memilih untuk menyaring dan mengelola emosi mereka dengan baik. Menurut Thomas Cornely, menyaring dan menjaga emosi adalah sesuatu yang krusial.

Emosi manusia diarahkan oleh amigdala di otak, di mana rasa takut dan amarah dikendalikan. Ketika kita marah, korteks prefrontal pada otak akan berhenti.

Korteks prefrontal adalah bagian otak manusia yang digunakan untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah.

8. Orang Sukses Tidak Berjudi

Orang Sukses Tidak Berjudi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Thomas Corley, 77% orang yang sedang berjuang secara finansial suka bermain lotre.

Faktanya, hampir tidak ada orang sukses yang berjudi secara konsisten.

Penelitian Thomas Corley juga menyebutkan bahwa kebanyakan orang miskin percaya bahwa mereka tidak bisa bebas dari kondisi saat ini.

Banyak orang miskin memiliki keyakinan bahwa jika Anda terlahir miskin, maka Anda akan tetap miskin. Dengan begitu, satu-satunya cara yang mereka lihat untuk terbebas dari kemiskinan adalah dengan memenangkan lotre.

9. Mencari Mentor yang Tepat

Temukan Mentor

Berdasarkan hasil penelitian, 93% orang kaya memiliki mentor yang menghantarkan mereka pada pencapaian dan kesuksesan di dunia bisnis.

Menurut Thomas Corley, memiliki mentor adalah salah satu jalur cepat untuk bisa mengumpulkan kekayaan.

Seorang mentor dapat memberitahu Anda apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Buku apa yang baik untuk dibaca dan apa yang tidak, dan keterampilan apa yang harus ditingkatkan.

Mentor Anda dapat mengidentifikasi apa yang perlu Anda lakukan untuk menjadi lebih sukses. Dan juga, mereka bisa membantu Anda menghindari kesalahan yang merugikan.

Potensi Sukses Ada di Dalam Diri Setiap Orang

Jika kita perhatikan poin 1 hingga 6 dari artikel ini, tentunya yang disebutkan di atas bukanlah hal yang baru. Bukan pula sesuatu yang sangat sulit untuk dilakukan.

Mungkin Anda sudah sering membacanya, namun tidak mau atau tidak bisa melakukannya dengan serius. Saat inilah waktu yang tepat untuk mencobanya karena pada dasarnya semua orang memiliki potensi untuk sukses.

Lakukan hal terbaik dan fokus pada tujuan Anda, maka kesuksesan itu bukanlah hal yang mustahil untuk dicapai.

Semoga kita bisa melakukan kebiasaan-kebiasaan orang sukses tersebut agar bisa sukses juga di kemudian hari. Atau setidaknya menjadi pribadi yang lebih baik.

Rio Brian

Rio Brian adalah content writer, editor, dan sekaligus co-admin di Maxmanroe.com. Memiliki minat besar pada bisnis online, social media, dan blogging.

6 pemikiran pada “9 Kebiasaan Orang Sukses yang Wajib Anda Tiru Jika Mau Berhasil”

  1. Apa pun yang kita lakukan usaha takan pernah menghianati hasil, jadi sukses itu tergantung dari kitanya masing,msing

    Balas
  2. terimakasih banyak semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan motivasi hidup kepada saya

    Balas
  3. Saya suka nongkrong di mal, apakah itu pertanda saya calon orang sukses. Biarlah menjadi misteri sang waktu

    Balas
  4. Alhamdulillah saya suka nongkrong dan membaca, apakah ini tanda-tanda saya menjadi orang sukses dikemudian hari??? :D

    Balas
  5. yang belum saya terapin cuma bangun pagi sama gaya hidup sehat om paling susah kalau yang mengendalikan diri. solusinya gimana ya

    Balas

Tinggalkan Balasan

) -->