Cara Membuat Website/ Blog WordPress Versi Mobile Dengan WPTouch Pro

Cara Membuat-Website-Blog-WordPress-Versi Mobile

Kita tahu bahwa pengguna smartphone di Indonesia semakin meningkat, dan jumlah peningkatan ini terlihat sangat signifikan. Kemudahan dalam mengakses internet melalui ponsel pintar membuat kebanyakan orang tertarik untuk memiliki perangkat mobile tersebut. Tidak hanya untuk mengakses media sosial dan email, pengguna smartphone juga sering membuka konten dari halaman website/ blog untuk membaca informasi yang ada di sana. Nah, bagi pemilik website/ blog wordpress, Anda harus menyediakan versi mobile untuk situs Anda.

Website maxmanroe.com saat ini menggunakan Plugin WP Touch Pro 3 untuk membuat versi mobile nya. Plugin ini saya beli dari situs www.bravenewcode.com dengan harga $49 untuk single license. Sebenarnya plugin ini tersedia dalam versi gratis yaitu WP Touch yang bisa kita download dari Dashboar WP Admin masing-masing, dan saya pernah menggunakan versi gratisnya selama beberapa bulan. Namun, saya melihat banyak kelebihan versi berbayarnya, jadi saya putuskan untuk membeli versi tersebut. Bagi Anda yang ingin versi gratis nya, silahkan download di SINI. Jika Anda ingin menggunakan versi berbayar silahkan lihat informasinya di SINI.

Di artikel ini saya akan menjelaskan cara saya membuat website/ blog WordPress versi mobile dengan menggunakan WPTouch Pro.

Artikel lain: Mengapa blog saya menggunakan WordPress?

1. Proses Install Plugin WP Touch Pro

Setelah melakukan proses order dan membayar, plugin tersebut akan dikirimkan oleh developer nya ke email Anda dengan mengirimkan link download. File yang Anda terima akan berbentuk zip. Setelah berhasil di download, langkah selanjutnya adalah menginstal ke WordPress Anda melalui halaman dashboard WP Anda, lalu upload plugin WP Touch Pro.




2. Setting Plugin WP Touch Pro

Setelah plugin tersebut berhasil diinstal dan diaktivasi, langkah selanjutnya adalah membuat settingan website/ blog versi mobile Anda. Di sebelah kiri halaman dashboard WordPress kita akan melihat link untuk masuk ke halaman WP Touch, silahkan klik link itu.

A. Pengaturan Inti

Pada halaman ini kita bisa membuat beberapa pengaturan inti, diantaranya memasukkan judul situs, mengatur regionalisasi untuk bahasa, mengatur mode tampilan, dan beberapa pengaturan lainnya. Anda bisa mengatur sesuai dengan yang Anda inginkan.

B. Tema & Ekstensi

Di dalam halaman ini kita akan melihat beberapa pilihan themes untuk mobile site. Anda bisa memilih salah satu yang paling cocok dengan situs Anda. Maxmanroe.com menggunakan theme CMS dari WP Touch Pro untuk versi mobile nya. Pada halaman ekstensi kita bisa melihat beberapa fitur tambahan dari WP Touch Pro, seperti Infinity Cache untuk membantu mempercepat load website, Responsive images untuk meningkatkan kualitas gambar pada mobile site, dan Mobile content. Sayangnya saya tidak bisa menggunakan fitur ini karena harus meningkatkan lisensi WPTouch Pro milik saya. Klik tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan hasil setingan Anda.

C. Pengaturan CMS (Theme CMS)

Di halaman ini kita bisa mengatur banyak hal seperti, mengatur jumlah konten yang tampil di homepage, mengatur jumlah link artikel terkait pada single post, mengatur slide, mengatur warna theme dan halaman situs, memasukkan logo website kita, menambahkan link media sosial, menambahkan script atau kode iklan, dan pengaturan lainnya. Proses pengaturannya sangat mudah, kita tidak harus mengerti kode html yang rumit. Klik tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan hasil setingan Anda.

D. Pengaturan Menu

Pada halaman ini kita bisa mengatur tampilan menu dan pages sesuai yang kita harapkan. Pada theme yang saya gunakan (CMS), ada 2 pilihan menu, yaitu menu utama dan menu alternatif. Kita bisa mengatur halaman mana yang masuk dalam tiap menu, saya memilih pages untuk menu alternatif dan category untuk menu utama. Klik tombol “Simpan Perubahan” untuk menyimpan hasil setingan Anda.




Di bawah ini adalah tampilan maxmanroe.com di Smartphone Android saya.

1. Halaman Homepage

2. Halaman Artikel

Apa Kelebihan WP Touch Pro dengan Versi Gratis?

Pada dasarnya pengaturan WPTouch Pro hampir sama dengan yang versi gratis, tapi versi berbayar memiliki beberapa kelebihan seperti;

  • Pilihan themes lebih banyak dengan tampilan lebih menarik
  • Kita bisa membuat pengaturan yang lebih mendalam dan sesuai dengan keinginan kita
  • Bisa ditambahkan iklan Adsense atau iklan mobile lainnya
  • Dan beberapa kelebihan lainnya

Bagi Anda yang belum siap membeli versi berbayar bisa mencoba versi gratisnya terlebih dahulu untuk membantu para pengunjung yang mengakses website/ blog Anda dari smartphone. Situs yang tidak punya versi mobile akan lebih sulit diakses dari smartphone, selain itu tampilan full site akan terlihat kecil di smartphone. Jika Anda serius ingin membangun sebuah situs untuk bisnis, saya sangat menyarankan Anda untuk membuat versi mobile-nya karena kedepannya akan semakin banyak pengunjung situs Anda dari smartphone.

Baca juga: Plugins related posts terbaik untuk situs WordPress

Berikut adalah video tutorial dan review untuk WPTouch Pro.




76 total comments on this postSubmit yours
  1. Suka baca2 di web maxmanroe, tp gmn caranya min memperbagus web seperti milik admin ya, tlg bantuannya min, ( msh awam/ pemula )

  2. Halo min, saya mau nanya untuk versi free bagaimana caranya memasangan google analytics-nya? apa emank sudah terpasang otomatis atau gimana? bisa juuga gak ya memasang iklan pada versi free nya? terimakasih.

  3. saya kebetulan mencari referensi untuk permasalahan mobile website saya. terima kasih mas

    • Kenapa pak dengan websitenya. Saya lihat website versi mobile Goukm.id bagus kog, loadingnya pun cepat.

  4. Izin share membuat blog wordpress versi mobile dengan WPtouch free Mas :)

    Salam,
    Nur Kholis

    • Terimakasih atas tautannya, bermanfaat mas Nur :)

  5. Saya pakai template premium sudah mobile frandly. Saya tes via smarphone, Hompage sudah oke. Tapi, ketika baca artikel postingan, artikel jadi menyempit dan narkahnya hanya di pinggir saja. Kalau sy instal plugin WP Touch Pro, berpengaruh apa nggak ya ? Terimakasih mas, betah saya tinggal di webste inii

    • Kalau pakai WP Touch Pro, nanti tampilannya bisa disesuaikan dengan template yang ada di WP Touch Pro. Selain itu, cache website juga perlu diperhatikan. Untuk website WordPresss yang theme nya tidak mobile friendly dan memakai WP Touch Pro, terkadang menampilkan theme lama. Ini biasanya karena cache di hosting.

  6. Sebelumnya saya dapat refrensi Untuk Membuat Website Versi Mobile dari beberapa blog, Namun setelah saya coba install dan aktifasi Plugin, seperti Wp Mobile Detector, WP Mobile Edition hasilnya masih kurang memuaskan.

    Berusaha cari informasi yang bisa membuat hati ini merasa sreg (kecocokan), akhirnya dapat di Maxmanroe..
    Awalnya saya baru baca judul yang sudah tertera nama Plugin nya.. Tanpa basa basi lagi langsung saya terapkan di WordPress :D, dan hasilnya cukup memuaskan daripada ke 2 Plugin yang saya sebutkan sebelumnya.
    Thanks Mas Marikxon.

    Salam,
    Nur Kholis

    • Lebih bagus lagi versi Premium nya pak. Selain pilihan themes nya lebih banyak, versi premium ada fitur tambahan seperti Infinity Cache, Multi Ads, dan lain-lain. Tapi kembali lagi ke Theme bawaan ya, kalau theme awalnya sudah mobile friendly, saya pikir tidak perlu lagi pakai plugin ini.

      • Kalau yang Pro dah pasti lebih bagus :D
        Nah saya mau tanya mas, di blog saya kan sudah terpasang plugin wp touch.. Caranya bisa munculin iklan di tampilan versi mobilenya bagaimana ya Mas?

        Salam,
        Nur kholis.

  7. Ini page icon saya jadinya ada 2 yang satu saya pake plugin
    Yang satu lagi saya ga paham gimana cara ngilangin nya

    zunz.byethost6.com

    Coba di liat mas

  8. Mas saya mau nanya untuk ganti icon itu gimana ya di wordpress,,newbie soale saya hehe

    • Tergantung masing-masing theme nya mas, ada yang bisa diedit langsung dari fitur theme nya, tapi ada juga yang menggunakan plugins. Pelajari dulu theme nya, nanti pasti ketemu cara ganti icon/ favicon

  9. betah om aku baca artickle nya ,., apalagi worpress ,, bikin artickle terus ya om,, ak tongkrongin teruss membantu banget dehh , salam

  10. Mas, mohon bantuannya, saya kesulitan untuk setting wptouch pro,
    Bagaimana cara nya setting supaya tombol sharing social media yang di atas arikel mengecil ya mas ?
    dan bagimana cara nya hilangin tulisan yang di fotter “didukung oleh” itu ya mas ?
    mohon pencerahannya mas, atau kalo mas maxmanroe berkenan ngecek di web saya dutaserviceac.com.
    Terima kasih sebelumnya mas.

  11. Mas Marikxon, saya ingin membeli plugin Wptoch yang Pro, tapi sayang saya tidak punya akun paypal nya mas. Apa mas Marikxon bersedia membantu saya membelikan, dan nanti saya beli ke Mas Marikxon ?
    mohon bantuan nya mas.
    terima kasih

  12. missal kalau themes udah responsive apa kah,, masih perlu kita menggunakan plugin WP-touch ? apakah berpengaruh di seo nya …

    • Ya ga perlu lagi mas, WP Touch Pro itu hanya untuk membantu saja.

  13. mas maxmanroe masih make plugin ini ga?

  14. Emang keren nih plugin dibandingkan dengan plugin2 sejenis….

  15. blog ya keren um,
    – cara bikin tombol “lihat gambar” itu bagaimana ya um ? keren sangat um,
    – https:// atau ssl dari cloudflare ya itu yg premium bukan um ? sangat cepat sekali akses website ini, terima kasih um.

  16. untuk wp gratis apa ada versi mobile friendlynya? kalau ada bagaimana caranya mas? mohon infonya mas buat opimasi blog usaha saya

  17. Mas mau tanya tentang hosting…kira-kira hosting yang bagus dan murah itu apa ya.oh ya mas pakai hosting apa dan yang versia apa.maaf ya mas

  18. mas, klo mengubah meta description versi mobile itu bagaimana ya?..

    • Saya tidak pernah mengubah meta description untuk mobile, buat apa diubah-ubah ya?

  19. Ane pakai wp touch yg free, untuk versi mobile nya berjalan tp ko ane coba dr smartpone saya untuk tes ting ke versi destrop ko jadi eror 404, apa ada yg harus saya setting lg mas ? Trimah kasih

  20. Mas kalo plugins Nya udah di install,untuk menampilkan ke halaman utama gimana?..yang saya tau kita tetap menggunakan themes dari wordpress.

    • Kalau plugin udah diinstal ya diaktivasi. Nanti akan terlihat perubahannya ketika kita buka via smartphone. Settingan nya bisa kita atur sendiri sesuai keinginan kita.

  21. Mas…sekarang harganya udah lumayan ya tempat jualnya langsung hehe…barangkali bisa di bagi ke ane dengan harga diskon dari mas hehe..

    • Saya lihat website mas sudah ada versi mobile nya, tidak perlu lagi dari saya :)

  22. saya juga membaca dari blog lain bahwa jetpack juga bisa membuat wordpress lebih mobile friendly… Btw kira-kira bagusan mana mas pake wptouch pro atau jetpack???

    • Saya belum pernah pakai plugin jetpack, jadi saya tidak bisa membandingkan antara WP Touch Pro dengan Jetpack.

  23. Pake wordpress enaknya bisa di dukung banyak plugin, kalo blogspot bagaimana ya mas ? koq cuma itu itu aja :/

  24. Mas mau nanya nie, saya kan pake wordpress udah responsive tp kalu buka di hp agak lamat, yang perlu saya benerin di mananya yah agar loading di hpn] lebih kenceng?
    Terimakasih sebelumnyamas.

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud