5 Alasan Mengapa Blog Saya Menggunakan WordPress

Sebelum blog ini dibuat, saya sempat berdiskusi dengan dengan beberapa teman tentang CMS apa yang paling cocok saya gunakan untuk membuat blog maxmanroe.com. Seorang teman menyarankan saya untuk menggunakan Joomla, seorang lagi menyarankan saya untuk menggunakan Drupal, dan yang lainnya menyarankan untuk menggunakan CMS WordPress. Saya sendiri lebih suka menggunakan CMS WordPress karena menurut saya lebih mudah dibanding platform lain, dan berikut ini adalah alasan utama mengapa blog saya menggunakan WordPress:

1. WordPress Sangat Mudah Dipelajari

Pada CMS lain mungkin memiliki lebih banyak pilihan dalam hal organisasi konten dan faktor lainnya, namun ketika kita berbicara tentang kemudahan dalam penggunaannya, WordPress adalah pilihan terbaik. Selama ini saya sudah membuat beberapa website baik itu web affiliasi amazon.com ataupun website berbentuk blog, Saya menyadari bahwa mempelajari tentang WordPress jauh lebih mudah dibanding CMS lain.

Saya pernah mencoba menggunakan Drupal dan Joomla, dan saya membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan settingan yang ternyata setelah selesai saya kerjakan hasilnya tidak seperti yang saya harapkan. Saya tidak mengatakan CMS tersebut kurang bagus, tapi faktanya adalah Drupal dan Joomlah tidak semudah menggunakan WordPress. Lebih tepatnya saya akan mengatakan bahwa Drupal dan Joomla adalah CMS untuk tingkat lanjut yaitu orang yang mengerti tentang coding.

2. WordPress Dapat Ditambahkan Fitur Baru Dengan Mudah




Sebenarnya CMS lain juga dapat ditambahkan fitur baru, namun tidak ada dari antara CMS itu yang memiliki plugins dan themes yang sangat user friendly seperti yang dimiliki oleh WordPress. Pada dashboard WordPress, saya dapat dengan mudah menambahkan fitur baru hanya dalam hitungan menit, atau bahkan dalam hitungan detik, sedangkan pada Drupal saya harus menghabiskan waktu lebih banyak waktu untuk mencari add-on – itupun kalau tersedia – lalu harus melakukan test-bug, mempelajarinya, dan banyak lagi, ini menghabiskan waktu dan kesabaran saya :P.

3. WordPress Relative Aman

Memang ada kemungkinan situs WordPress dapat di-hack orang, namun akan lebih mudah menjaga keamanan situs WordPress dibandingkan dengan menjaga keamanan situs yang menggunakan CMS lain. Kenapa saya bilang begitu? Ada dua alasan kenapa lebih mudah menjaga keamanan situs WordPress. Yang pertama adalah karena kita bisa mengupdate software WordPres dan mendapatkan update kemananan terbaru dengan sangat mudah dibandingkan dengan CMS lain. Yang kedua, WordPress memiliki beberapa plugins untuk keamanan yang lebih serius dimana plugins ini dapat mengunci keamanan situs tersebut dengan sangat rapat. Drupal dan CMS lain tentu memiliki solusi kemanan juga, namun tidak ada satupun dari antara CMS ini yang dapat menandingi pilihan yang tersedia pada pengguna WordPress.

4. WordPress Dapat Digunakan Secara Gratis

Memang Drupal dan CMS lainnya juga dapat di download secara gratis dan diinstal di hosting Anda, namun mereka tidak seperti WordPress yang menyediakan hosting gratis seperti pada WordPress.com. Bila kita ingin membuat sebuah blog dan tidak ingin mengeluarkan biaya maka WordPress.com dapat memberikan solusi itu, yang dibutuhkan hanya waktu untuk mengerjakannya. Ini membuat WordPress digunakan oleh banyak orang dan membantu dalam pengembangan WordPress itu sendiri menjadi CMS yang lebih mutakhir dibanding yang lain.




5. WordPress Memiliki Komunitas Yang Luas

Mungkin bagi kebanyakan pengguna WordPress, komunitas yang luas yang dimiliki oleh WordPress Adalah sebuah keuntungan lainnya. Apakah Anda ingin menambahkan fitur baru pada situs WordPress Anda saat ini atau ingin mencari ide dari orang lain yang ahli tentang WordPress, Anda pasti akan selalu menemukan seseorang di komunitas WordPress yang mau membantu Anda.

Itulah 5 alasan utama saya kenapa blog maxmanroe.com menggunakan CMS WordPress. Anda punya tambahan lain atau pendapat yang berbeda? Silahkan kirimkan pendapat Anda melalui komentar di bawah.



124 total comments on this postSubmit yours
  1. kapok pakai blogger karena dulu blog ane dihapus si empu tanpa ngasih alasan apapun, ane kenal blogger 2009 dan saat itu mulai ngeblog, 2011 ane putuskan membeli domain TLD untuk blog ane, nulis content di sela2 waktu ngampus, kadang beli content dari forum luar kalau lagi males mengingat blognya bule. iklan cuma dari adcenter dan beberapa pop under, ehhh april 2017 ane bangun dari bubuk syantik syantik lanjut buka blog zzzzzzzzzzzztttt…. yah begitulah akhir dari blog ane, nyesek gak doyan makan, dompet biasa ditongkrongin soekarno hatta sekarang gantian oto iskandar dan sultan mahmud nemenin pattimura mancing di tidore :(

    saran buat temen2 blogger buruan pindah ke wordpress self-host aja, serius sakitnya tuh disini..

    • Alasan dihapus Google kenapa mas Vinz. Biasanya blogspot yang dihapus itu karena melanggar TOS dari Blogger.

  2. mas…bisakah migrasi seluruh isi blogspot saya ke wordpres?

  3. Sementara waktu saya make blogger dulu lah . nanti kalo ada recomendasi lain mungkin coba untuk menggunakan wordpres . soalnya ada yang bilang kalo untuk kualitas seo wordpres memang jagonya .

  4. terima kasih bang informasinya. emang sih wordpress lebih powerfull, dan sekarang ini banyak banget blogger yang pakai wordpress

  5. bang marikxon kenapa harus wordpress padahal kan juga ada blogspot.. mohon pencerahannya..

  6. bang.. saya dari blogspot nih, jika mau pindah ke WP bisa gak ya? lalu artikel yang sudah ada bakal hilang juga gak?
    terimakasih

    • Halo Ernest, ganti platform blog dari blogspot ke WordPress sebenarnya bisa. Tapi terus terang saya kurang paham caranya, belum pernah nyoba sendiri. Artikel yang lama tidak akan hilang, yang penting kita backup data dari blogspotnya sudah benar pasti prosesnya aman. Salah satu blog yang pernah berganti platform dari blogspot ke wordpress adalah blognya mas Sugeng (sugeng.id).

  7. saya masih bingung dengan wordpress, masih harus terus belajar tentang wordpress dulu. keinginan untuk migrasi dari blogger ke wordpress sangat besar namun masih harus banyak belajar dulu.

  8. Iya emang, wordpress lebih berwarna. Dilema mau pindah blogspot ke wordpress.

  9. Pengen belajar wordpress, tapi gag ngerti memulai darimana.

  10. Posting seperti ini yang bikin pengguna blogspot jadi galau.. salah satunya saya, dari dulu pake blogspot, jadi pengen beralih ke hosting premium dan pake WP.. Sepertinya saya harus memutuskan untuk segera beralih ke WP.. trims bang marikson…

  11. kalau boleh saya taw blog maxmanroe ini menggunakan template apa yah ??

  12. Ternyata begitu ea Om, mulai kemaren saya mikir2 mau pindah dari blogspot ke WP. Makasih ea Om infonya bermanfaat

  13. sangat membantu sekali mas infonya,
    mau nanya nie mas,kalo misalkan kita mau buka bisnis online dengan platform wordpress,apakah semuanya harus sebra premium .. misalnya penggunaan coustume template,hosting,domain,dll ??
    soalnya saya cuman pahamnnya blogger doank hehe , mohon bantuannya ya ?

  14. tengkyu ulasannyaa :)

  15. kalau sekarang masih setia dengan blogspot. tapi akhir2 ini sedang mencoba belajar platform wordpress

  16. Jadi kepingin belajar wordpress..

  17. Saya tadinya pengguna blogger, terus pada akhirnya pindah ke wordpress karena merasa lebih nyaman di wordpress :D

  18. WordPress emang mantap, pluginya banyak banget yang membantu..

  19. Kalau menurutku, diantara CMS yang lain WP lah yang paling josss dalam hal SEO nya kang.. salam kenal..

3 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud