Beranda WordPress 5 Alasan Mengapa Blog Saya Menggunakan WordPress

5 Alasan Mengapa Blog Saya Menggunakan WordPress

Sebelum blog ini dibuat, saya sempat berdiskusi dengan dengan beberapa teman tentang CMS apa yang paling cocok saya gunakan untuk membuat blog maxmanroe.com. Seorang teman menyarankan saya untuk menggunakan Joomla, seorang lagi menyarankan saya untuk menggunakan Drupal, dan yang lainnya menyarankan untuk menggunakan CMS WordPress. Saya sendiri lebih suka menggunakan CMS WordPress karena menurut saya lebih mudah dibanding platform lain, dan berikut ini adalah alasan utama mengapa blog saya menggunakan WordPress:

1. WordPress Sangat Mudah Dipelajari

Pada CMS lain mungkin memiliki lebih banyak pilihan dalam hal organisasi konten dan faktor lainnya, namun ketika kita berbicara tentang kemudahan dalam penggunaannya, WordPress adalah pilihan terbaik. Selama ini saya sudah membuat beberapa website baik itu web affiliasi amazon.com ataupun website berbentuk blog, Saya menyadari bahwa mempelajari tentang WordPress jauh lebih mudah dibanding CMS lain.

Saya pernah mencoba menggunakan Drupal dan Joomla, dan saya membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan settingan yang ternyata setelah selesai saya kerjakan hasilnya tidak seperti yang saya harapkan. Saya tidak mengatakan CMS tersebut kurang bagus, tapi faktanya adalah Drupal dan Joomlah tidak semudah menggunakan WordPress. Lebih tepatnya saya akan mengatakan bahwa Drupal dan Joomla adalah CMS untuk tingkat lanjut yaitu orang yang mengerti tentang coding.

2. WordPress Dapat Ditambahkan Fitur Baru Dengan Mudah

Sebenarnya CMS lain juga dapat ditambahkan fitur baru, namun tidak ada dari antara CMS itu yang memiliki plugins dan themes yang sangat user friendly seperti yang dimiliki oleh WordPress. Pada dashboard WordPress, saya dapat dengan mudah menambahkan fitur baru hanya dalam hitungan menit, atau bahkan dalam hitungan detik, sedangkan pada Drupal saya harus menghabiskan waktu lebih banyak waktu untuk mencari add-on – itupun kalau tersedia – lalu harus melakukan test-bug, mempelajarinya, dan banyak lagi, ini menghabiskan waktu dan kesabaran saya :P.

3. WordPress Relative Aman

Memang ada kemungkinan situs WordPress dapat di-hack orang, namun akan lebih mudah menjaga keamanan situs WordPress dibandingkan dengan menjaga keamanan situs yang menggunakan CMS lain. Kenapa saya bilang begitu? Ada dua alasan kenapa lebih mudah menjaga keamanan situs WordPress. Yang pertama adalah karena kita bisa mengupdate software WordPres dan mendapatkan update kemananan terbaru dengan sangat mudah dibandingkan dengan CMS lain. Yang kedua, WordPress memiliki beberapa plugins untuk keamanan yang lebih serius dimana plugins ini dapat mengunci keamanan situs tersebut dengan sangat rapat. Drupal dan CMS lain tentu memiliki solusi kemanan juga, namun tidak ada satupun dari antara CMS ini yang dapat menandingi pilihan yang tersedia pada pengguna WordPress.

4. WordPress Dapat Digunakan Secara Gratis

Memang Drupal dan CMS lainnya juga dapat di download secara gratis dan diinstal di hosting Anda, namun mereka tidak seperti WordPress yang menyediakan hosting gratis seperti pada WordPress.com. Bila kita ingin membuat sebuah blog dan tidak ingin mengeluarkan biaya maka WordPress.com dapat memberikan solusi itu, yang dibutuhkan hanya waktu untuk mengerjakannya. Ini membuat WordPress digunakan oleh banyak orang dan membantu dalam pengembangan WordPress itu sendiri menjadi CMS yang lebih mutakhir dibanding yang lain.

5. WordPress Memiliki Komunitas Yang Luas

Mungkin bagi kebanyakan pengguna WordPress, komunitas yang luas yang dimiliki oleh WordPress Adalah sebuah keuntungan lainnya. Apakah Anda ingin menambahkan fitur baru pada situs WordPress Anda saat ini atau ingin mencari ide dari orang lain yang ahli tentang WordPress, Anda pasti akan selalu menemukan seseorang di komunitas WordPress yang mau membantu Anda.

Itulah 5 alasan utama saya kenapa blog maxmanroe.com menggunakan CMS WordPress. Anda punya tambahan lain atau pendapat yang berbeda? Silahkan kirimkan pendapat Anda melalui komentar di bawah.

129 KOMENTAR

  1. Sempet kepikiran pengen pake wordpress, tapi belom berani migrasi dan masih nyaman pake blogger

  2. WordPress emang keren. Namun soal keamanan harus sedikit berusaha sendiri.. Hehehe. Kalau blogger, sudah jelas susah dijebol…

  3. kapok pakai blogger karena dulu blog ane dihapus si empu tanpa ngasih alasan apapun, ane kenal blogger 2009 dan saat itu mulai ngeblog, 2011 ane putuskan membeli domain TLD untuk blog ane, nulis content di sela2 waktu ngampus, kadang beli content dari forum luar kalau lagi males mengingat blognya bule. iklan cuma dari adcenter dan beberapa pop under, ehhh april 2017 ane bangun dari bubuk syantik syantik lanjut buka blog zzzzzzzzzzzztttt…. yah begitulah akhir dari blog ane, nyesek gak doyan makan, dompet biasa ditongkrongin soekarno hatta sekarang gantian oto iskandar dan sultan mahmud nemenin pattimura mancing di tidore :(

    saran buat temen2 blogger buruan pindah ke wordpress self-host aja, serius sakitnya tuh disini..

    • Alasan dihapus Google kenapa mas Vinz. Biasanya blogspot yang dihapus itu karena melanggar TOS dari Blogger.

  4. mas…bisakah migrasi seluruh isi blogspot saya ke wordpres?

  5. Sementara waktu saya make blogger dulu lah . nanti kalo ada recomendasi lain mungkin coba untuk menggunakan wordpres . soalnya ada yang bilang kalo untuk kualitas seo wordpres memang jagonya .

  6. terima kasih bang informasinya. emang sih wordpress lebih powerfull, dan sekarang ini banyak banget blogger yang pakai wordpress

  7. bang marikxon kenapa harus wordpress padahal kan juga ada blogspot.. mohon pencerahannya..

  8. bang.. saya dari blogspot nih, jika mau pindah ke WP bisa gak ya? lalu artikel yang sudah ada bakal hilang juga gak?
    terimakasih

    • Halo Ernest, ganti platform blog dari blogspot ke WordPress sebenarnya bisa. Tapi terus terang saya kurang paham caranya, belum pernah nyoba sendiri. Artikel yang lama tidak akan hilang, yang penting kita backup data dari blogspotnya sudah benar pasti prosesnya aman. Salah satu blog yang pernah berganti platform dari blogspot ke wordpress adalah blognya mas Sugeng (sugeng.id).

  9. saya masih bingung dengan wordpress, masih harus terus belajar tentang wordpress dulu. keinginan untuk migrasi dari blogger ke wordpress sangat besar namun masih harus banyak belajar dulu.

  10. Iya emang, wordpress lebih berwarna. Dilema mau pindah blogspot ke wordpress.

  11. Posting seperti ini yang bikin pengguna blogspot jadi galau.. salah satunya saya, dari dulu pake blogspot, jadi pengen beralih ke hosting premium dan pake WP.. Sepertinya saya harus memutuskan untuk segera beralih ke WP.. trims bang marikson…

  12. mohamad arif manan

    kalau boleh saya taw blog maxmanroe ini menggunakan template apa yah ??

  13. Ternyata begitu ea Om, mulai kemaren saya mikir2 mau pindah dari blogspot ke WP. Makasih ea Om infonya bermanfaat

  14. Alifathun Sidiq

    sangat membantu sekali mas infonya,
    mau nanya nie mas,kalo misalkan kita mau buka bisnis online dengan platform wordpress,apakah semuanya harus sebra premium .. misalnya penggunaan coustume template,hosting,domain,dll ??
    soalnya saya cuman pahamnnya blogger doank hehe , mohon bantuannya ya ?

  15. kalau sekarang masih setia dengan blogspot. tapi akhir2 ini sedang mencoba belajar platform wordpress

  16. Jadi kepingin belajar wordpress..

  17. Saya tadinya pengguna blogger, terus pada akhirnya pindah ke wordpress karena merasa lebih nyaman di wordpress :D

  18. WordPress emang mantap, pluginya banyak banget yang membantu..

  19. Kalau menurutku, diantara CMS yang lain WP lah yang paling josss dalam hal SEO nya kang.. salam kenal..

  20. iya, memang wordpress kayaknya lebih oke deh…

  21. Saya setuju kang, wordpress sangat user friendly untuk pemula seperti saya.

  22. Masih bingung saya gan…!!! saya nhe masih ragu-ragu untuk beralih ke wordpress, sudah 1 tahun saya bagun situs saya dengan blogger dan pengen sekali beralih ke wordpress… ttp account manager saya bilang klw blogger earningx lebih bagus daripada wordpress…!!!! jadi saya masih tetap di blogger sampai saat ini… klw saya beralih maka eraning saya akan down

    Butuh solusi lebih pasti nhe gan… tolonglah

  23. yup benar sekali…bebas pilih plugin apa saja untuk keamanan dan fitur adalah salah satu yang paling disenangi banyak pengguna WordPress dan kerenanya menjadi salah satu CMS terbaik di planet ini..he…

  24. bang, saya dari blogger nih, sudah costume domain ke .com, jika saya pindah ke WP apa domain yang saya beli harus diganti atau tetap?
    dan apa efeknya jika hijrah ke WP?
    terimakasih

    • Kalau sudah punya domain tentu ga perlu beli domain lagi dong. Saya belum pernah melakukan pergantian platform dari blogger.com ke WordPress, tapi dengan menggunakan WordPress nanti akan lebih banyak opsi untuk optimasi tampilan dan fitur web. Kalau mau tau lebih jelasnya, coba hubungi mas Sugeng, pemilik blog Sugeng.id, dia dulunya pakai platform blogger sekarang pakai WordPress.

  25. Saya saat ini juga menggunakan wordpress, karena memang wordpress merupakan platform yang paling ampuh dan mudah digunakan untuk saat ini.

  26. mas?? kalau wp memakai hosting gratisan gimana ya??
    soalnya saya baru belajar di wp,, jadi saya mencoba memakai yang gratisan semua.. kira2 mudah di tendang apa gak ya kalau pake host gratisan gini..

    terima kasih

  27. karena wordpress sangat mengikuti perkembangan ,

  28. WordPress memang is the best deh…

    Press release memang harusnya lewat wordpress..

  29. Saya masih gaptek mainin WordPress Mas..Harus banyak guguru dulu nih.

    Salam kenal ya Mas..

  30. pantas banyak blogger luar negeri lebih memilih wordpress untuk situs pribadinya, barangkali karena kelebihan yang dimiliki wordpress thanks atas sharingnya

  31. Menurut Ane kalau utk urusan SEO wp cukup baik. Tapi btw, kira2 bisa gak yang Gan templatenya diaplikasikan pada web interatktif. Misal saya punya situs *edit* sdh pakai script sendiri, nah kalao adopsi templeta wp ini apakah bisa membuat situs ikutan naik secara SEO nya ya Gan?

  32. Ketika saya pertama kali menggunakan wp,entah mengapa ketika saya daftar di google adsense hanya 1x..langsung di approve :D
    Beda dengan platform lain yang kadang2 sampai 3x baru di approve :D
    Itulah kesan2 manis memakai wp.
    Dalam 1 hari walaupun blog baru,ada saja pengunjung yang mampir :D
    Jetpack nya sangat membantu saya update post di sosmed..
    Untuk hosting saya rasa tidak masalah karena sekarang banyak hosting gratis berkeliaran di google :D dan saya bebas pindah rumah :D
    Terimakasih mas,artikelnya sangat bermanfaat.
    Mungkin saya akan belajar banyak dari blog2 wp..

  33. menurut saya menggunakan wordpress itu lebih keren dan lebih profesional

  34. memang saya sangat suka deng wp, sangat mudah di pakai dan di pahami, sebelumnya saya juga pernah pakai opencart, untuk buat toko online, tapi tetep wp lebih baik.

  35. wah keren mas artikelnya, saya jadi terharu :’) . soalnya disini saya pemula baru bisa bikin blog, soalnya udah lama mau bikin baru bisa kesampaian :), itu aja masih gak jelas blognya :D

  36. terimakasih atas infonya. saya jadi semakin yakin dengan wordpres karena saya pengguna pemula di sini. salam sukses.

  37. tambahan mas => kalo orang yang buat website di blogger, resiko bisa dihapus google. kalo worpdress malah tidak mas ^_^ .. awet tanpa bahan formalin tambahan untuk pengawet website wordpress :D

  38. Ka Manroe, mau tanya lagi nih (hehe jangan marah yah soalnya blog kk saya jadikan referensi2 untuk pengembangan blog saya habis bagus sih..

    1. Apakah ada cara untuk menampilkan LAST EDITED/REVISION dari setiap artikel yang telah kita posting? Soalnya di artikel2 saya banyak yang telah di revisi. Tapi hanya menampilkan tanggal pembaharuannya saja ka, tidak dengan isi revisi sebelumnya. Mungkin ada referensi plugin atau setingan khusus?

  39. hengki kristianto

    Kalau menurut saya untuk pemula lebih mudah menggunakan blogspot, Sedangkan wordpress bagi pemula akan kesulitan memahami settingan-settingannya, hanya kalau dari segi seo bagaimana Pak ? apakah wordpress bisa lebih baik atau cms yang lain ?
    Salam sukses

    • Kalau saya perhatikan, pemain blogspot banyak yang bertengger di page 1 untuk berbagai keywords. Saya ga bilang blogger.com lebih baik SEO nya, karena WordPress juga sangat baik dari sisi SEO on page nya. Tapi kalo kita bicara dari sisi tampilan website dan fitur tambahan yang ditawarkan oleh WordPress.org, blogspot masih kalah mas Hengki.

      Kekurangannya adalah untuk menggunakan script WordPress.org kita harus punya hosting sendiri dan punya pengetahuan dasar untuk setting blog WordPress. Tapi tentunya kalau mau jadi blogger pro harus mau keluar modal dikit dan mau belajar terus. Jadi, menurut saya pribadi untuk platform blogging masih lebih baik CMS WordPress mas hehehe…

  40. Semakin mantap pake wordpress, maklum saya pemula. he he.

  41. mau tanya, perbandingan wordpress dengan blogspot kira – kira bagus yang mana??? soalnya saya kebiasaan blogspot.

  42. Sedot WC Bandung

    nice post gan
    wordpress emng simple dan tidak bikin otak muter gan :D
    thanks yah info nya
    sukses terus gan

  43. Tips Blogger Pemula

    Kalau menurut ane kelebihan wordpress yang paling utama itu adalah keleluasaan untuk mengatur dan mendesain blog sesuai dengan yang kita inginkan.

    Selai itu ada fitur theme dan plugin yang hampir semaunya bisa di install dengan gratis.

  44. Rava Alfred Grinder

    mantap gan,saya coba pake worpre,bosen pake blogcpot

  45. kalo boleh tau, web maxmanroe ini nyewa hosting dimana? loadingnya cepat :)

  46. Sudah lama pakai blogcepot, akhirnya pingin juga pakai WP.
    Tapi masih belum terbiasa dengan WP.
    Kalau aku pake WP supaya aman saja… :)

    Artikelnya menarik bro…

  47. Wisata Pulau Tidung

    WordPress cocok untuk pemula. Dibandingkan dengan blogspot yang nampak kelihatan simple, namun penggunaanya ternyata jauh lebih sulit bila di bandingkan dengan wordpress.

  48. Pembesar Penis Vimax

    saya pake blogger web saya dihapus google -_- ,saya beralih aja ke wordpress,alhamdulilah udh 2 thn gk dihapus google ^_^… thanks infonya !

  49. Kredit Mobil Avanza

    Emmm…. Saya Masieh Memakai Blogger Gan,.Kayanya Lebih Mudah Blogger Untuk Setting2 Template Andd Post, kata2nya blogger gmpng diseokan ,kalo wordpress agak sedikit susah ya pak ?

  50. saya aja pake wordpress pak ^_^ ,jadi aman dan tidak dihapus google ^_^

  51. yang ke enam adalah wordpress seo friendly jadi mudah untuk dapat pejwan. apalagi banyak plugin yang sangat mendukung. dan tentunya gratis. :D

  52. Simple aja k, karena cocok dengan konsep blog yang akan dibuat :)
    Selain itu fiturnya banyak dan mudah dalam pengoperasian.

  53. Toko RUbik Online

    Iya mas, saya suka wordpress karna bisa dipasangin dgn hosting sendiri :) CMS yang bagus

  54. Pengalaman saya sebagai pengguna WordPress, emang WP simpel dan gampang, dan banyak partisipannya di seluruh dunia, jadi ketika kesulitan banyak yg share mengenai solusinya.

    Terima kasih artikelnya, sangat bermanfaat.

  55. Kelebihannya memang oke banget, tapi ada kekurangan lainnya, gak bisa pasang script iklan, jadinya memang WP lebih cocok bagi pengguna blog yang ingin curhat, menuangkan ide pikiran, kembali ke tujuan semua orang nge-blog, bukan untuk jualan, kalau untuk jualan WP gak cocok, kecuali pake GA, itupun dipotong fifty fity keuntungannya dengan WP. Coba kalau friendly juga buat jualan, rasanya WP akan jadi pilihan utama buat earning online he..he..he..

    artikelnya bagus om :)

    • Wah kamu salah banget, justru WP bisa dipasang script iklan apapun. WordPress juga bs dibuat untuk berbagai jenis website, mulai dari blog pribadi, blog bisnis, website toko online, web profile perusahaan/ pribadi, dan lain-lain. Komentar kamu harusnya dipikirkan dulu mas, jangan asal-asalan hehehe.

      • Ahmad Pram Prayogo Pangestu

        Mungkin yang di maksudkan mas ini blog WP yang di hosting di wordpress.com :)

  56. Bener gan.. nggak kena ancaman penghapusan kayak di blogger

  57. Saya juga pengguna wordpress, dan kelima alasan yang di tuliskan di atas saya sangat setuju. Itu juga alasan kenapa saya menggunakan wordpress terutama untuk alasan yang no.1 hehehehe. Maklum gan pengguna pemula, jadi nyari yang mudah untuk digunakan…

  58. Wisata Pulau Tidung

    Yang pasti, wordpress emang simple.

  59. Wisata Pulau Tidung

    Menurut saya, karna wordpress emang simple dan gampang.

    • Yup, WordPress memang jauh lebih mudah dibandingkan dengan platform lain. Selain itu, dengan WP kita bisa membuat website/ blog yang lebih terlihat bagus dibanding dengan platform lainnya. Udah gitu SEO friendly pula. Kalau soal blogging platform, WordPress belum terkalahkan :)

  60. Sekarang banyak yang menggunakan blogspot. Tidak ada salahnya untuk mencoba wordpress

  61. Rahmad Bahari Djava

    sayalagi belajar pake WP gan, soalnya blogspot saya ngk bisa diakses. kerana ketika dibuka sitenya langsung mengarah ke domain lain, padahal ane ngk pernah ngubah domainnya. Jika agan taw solusinya mhn share gan ilmunya.. ini site ane http://rahmadbahari.blogspot.com silahkan dicekkan gan..

  62. bagus artikelnya, meskipun saya masih pake blogspot, tp akhir2 ini emang menarik untuk memulai belajar wp
    :) thx

  63. Saya juga pakek wp gan,, sangat mudah untuk menggunakannya, gak bikin pusing, terus kalau soal SEO, wah hebat.
    nice infonya.

  64. sejak saya serius bikin blog atau bisnis online selalu pake wp, bikin via blogger aja hanya untuk buat backlink saja…. karena wordpress banyak plugin gratisnya dan sangat support

  65. alasan yang bagus lae, tapi saya rasa semua jugasama hanya tinggal para penggunanya aja soal selera heheheh. maju trus wordpress :)

  66. terima kasih atas sarannya mengenai plugins untuk keamanan mas

  67. Yang Tjahjosriono

    iya, betul. saya juga selalu menggunakan wordpress baik yang dotorg maupun dotcom sejak 6 tahun yang lalu.

  68. sy pake blogger bos.. hehehehehe

  69. awal mula pake blogcepot, terus joomla, sekarang wordpress, dari ke 3 nya wp yang paling gampang gan, sekarang mau lanjut icip2 drupal

  70. Tentang keamanan dari hacker plugin apa tu mas yang bisa membantu hal ini. karena saya sering kena halaman Homenya di hack dengan berubah tampilan.

    • Coba pake beberapa plugins ini:
      1. WordPress Firewall
      2. Better WP Security / BulletProof Security Plugin
      3. Limit Login Attempts Plugin
      4. WP Security Scan Plugin

      Menurut saya itu sudah cukup

  71. Saya memilih menggunakan WordPress karena mudah penggunaannya. :)

  72. WordPress Dapat Digunakan Secara Gratis – untuk gratisan tanpa ribet, wordpress.com bisa jadi pilihanya. Namun, bila ingin mencicipi yang self-hosting juga bisa gratisan diunduh di wordpress.org & pakai hosting-domain gratisan pula yang banyak jenisnya bisa dicari di internet :P

    wordpress joss pokoknya :D

  73. Drupal More Cool

    iya gan sama-sama, sorry kalo komennya terlalu egois…
    Tapi kita akui, untuk urusan blog-ngeblog, WP gak tertandingi….
    Cuma bicara untuk pembelajaran jangka panjang, apalagi buat para Web Developer, silahkan dipelajari Drupal, karena dijamin akan banyak hal mengejutkan yang belum pernah kita temukan….

    Pisss…

    • Nah dari judul artikel ini sebenarnnya sudah menjelaskan bahwa isi konten tentang kelebihan WordPress utk blog hehehe. Tapi komen dan masukan nya bagus sekali lho, membuat saya tertantang untuk mencoba Drupal pada project website saya selanjutnya. :)

  74. Drupal More Cool

    Ikut komen ya…

    Poin 1 – WordPress Sangat Mudah Dipelajari
    Ya, memang kita akui, untuk pengguna sangat awam+ newby, WP emang lebih user friendly, tp itu sebetulnya hal relatif. Mungkin karena core WP sudah terbundling dengan WYSIWYG editor + media dan segala plugin tambahan penunjang, hal itu yg membuat seolah WP gampang.
    Di drupal, core yang ada adalah betul-betul core, sehingga pengguna awam mau tak mau harus menginstal module tambahan. Tp, tujuan drupal sebenernya mulia, karena ketika hanya core yg ditawarkan, maka performalah yg di dapat. Dan senjatanya adalah, drupal core memiliki CCK, yg mampu mmbuat custom content hingga seperti WP default. Core zip WP 5MB, Core Drupal 3MB jelas, semakin sedikit script, semakin sedikit pula bug, dan semakin sedikit pula lobang yg bisa ditrobos hacker, maka semakin sedikit pula perbaikan oleh administrator.

    Poin 2 – WordPress Dapat Ditambahkan Fitur Baru Dengan Mudah
    Sekali lagi ini relatif, mungkin pak maxmonroe hanya melihat dari sudut pandang user newby saja, yang hanya melihat thema langsung jadi dan plugin langsung jadi. Perlu diketahui, bagi pengguna awam, justru banyak modul drupal yg ada di WP berbayar, di Drupal ada 20ribu lebih Free sebut saja seperti WProbots untuk afiliasi amazon, bahkan kita bisa mengembangkannya tanpa kenal namanya bajakan, karena di drupal emang ga ada bajakan. Untuk themes, perlu dipahami. Mungkin pengguna awam selalu menitikberatkan kpd themes. Di drupal hal yg paling utama adalah sistem. Bagi pengguna awam, sistem drupal dapat dikembangkan menjadi ‘hal yg tidak mungkin dilakukan WP’ seperti dg penggunaan modul VIEWS + CCK, pengguna awam dapat membuat sistem informasi akademik dg modul tadi, dan modul tadi pun dapat diatur menjadi frontpage sesuka hati kita. Utk pengguna master, drupal adalah keajaiban, karena dg drupal mereka bisa menggunakannya sbg framework, skaligus CMS. Tentu, skali lg adalah efisiensi waktu yg di dapat mampu membuat portal sangat kaya fitur.

    3. WordPress Relative Aman
    Ya, relative aman tp klo drupal dijamin sangat aman. WP sma dg Joomla, securitynya tentu kalah jauh sama drupal. Saya pribadi belum pernah mendengar website Drupal kena hack, apalagi hacker Indonesia, saya belum pernah denger, yg ada Joomla, klo WP apalagi, segudang. Knp Drupal sangat aman? karena itu terletak di Core kami yg minimalis, sedikit script, membuat sedikit bug, dan sedikit perbaikan, tp besar fitur. Klo urusan ini Joomla yg kasian, corenya gede bgt, menjadi berat dan rentan.

    4. WordPress Dapat Digunakan Secara Gratis
    Drupal juga punya kok yaitu di Drupalgardens.com, ah tapi di wordpress kebanyakan komersialnya ketimbang opensource-nya. Di wordpress.com apalagi, pasang iklan pun gak boleh… wkekekek. Dan plugin, saya sangat heran dg plugin WP, katanya opensource tp kenapa gak selalu gratis. Ke askismet, padahal di drupal kita bisa mendapatkan plugin berfungsi sejenis dg free. Oh iya, drupal tidak mengunakan nama plugin, kita menyebutnya module, karena memang fungsinya tak sebatas pelengkap seperti plugin.

    5. WordPress Memiliki Komunitas Yang Luas
    Ya, kita akui di Indonesia pengguna WP emang bejibun. Tp perlu diketahui, bahwa anggota komunitas drupal di Indonesia biar sedikit adalah mantan2 mastah framework konvensional, mantan mastah CMS WPJoomla, mantan2 mastah yg bete develop web dg coding manual yg bikin lama. Itu tentu menguntungkan buat saya sbg newbi, karena saya bisa nanya segala hal.

    6. WP SEO friendly, SEO drupal bisa bekerja lebih baik jika dibutuhkan.

    7. Drupal = Slow, ya tp itu terjadi klo modul yg dipakai kbanyakan. Tp jgn khawatir, Core drupal punya System caching, yg berguna meningkatkan performa, dan ngirit bendwitch hosting. apakah WP punya…???

    Sekian dan terima kasih….

    • Wah ada komentar dari drupal.or.id, terimakasih banyak mas/ mba atas komentarnya yang sangat informative.

      Mungkin buat mas/mba drupal memang lebih OK karena beberapa kelebihannya, tapi menurut pengalaman dulu, saya sulit menggunakannya yang akhir nya membuat saya memilih CMS lain – waktu itu saya masih newbie :lol: .

      Selain itu, waktu saya pertama kali belajar membuat blog, yang paling banyak tutorialnya di internet adalah Tutor WordPress. Setiap kali saya search di google, informasi tentang cara membuat blog adalah tentang WordPress dan blog WordPress. Dan saya perhatikan blog dan website yang sering ada di halaman utama adalah yang menggunakan CMS WordPress. Kalau dibilang artikel ini dilihat dari sudut pandang seorang newbie, ya memang begitu. Mungkin saya kurang paham lebih jauh tentang Drupal karena waktu itu menurut saya Drupal sangat sulit (karena masih newbie) dan setelah menggunakan WP ternyata jauh lebih mudah.

      Setelah ada komentar dari drupal.or.id ini mungkin untuk website berikutnya, saya akan mencoba membuktikan kelebihan-kelebihan Drupal dari WordPress seperti yang disebutkan oleh mba/mas di sini.

      Sekali lagi terimakasih atas komentar dan masukan yang sangat baik dari Anda. Sukses selalu :)

  75. Kebobolannya gimana mas? Kalo wordpress nya yang dibobol kemungkinannya sangat kecil. Mungkin ada yang tau password WP sampean, atau dari hostingnya.

    Nah kalo WP nya sendiri sebenarnya selalu menambal bugs yang ada dan selalu update, kalo ada update WP terbaru ya sebaiknya mas bro juga update WP dari dashboardnya. Gitu juga dengan plugins, mesti selalu diupdate karena hacker bisa masuk dari beberapa folder di blog kita, contohnya plugins.

    Beberapa upaya untuk menjaga keamanan blog wp;
    1. instal plugins utk security (wp security, atau Better security),
    2. ubah permission di wpconfig menjadi 644
    3. Gunakan password yg kuat
    4. Jangan memakai themes bajakan dan plugins bajakan

    • Pengalaman menggunakan WordPress selama 3 tahun hingga sekarang:
      – security pakai Akismet, SpamFree dan BulletProof Security dan permission folder dan file sesuai dengan yg dianjurkan BulletProof Security
      – password kombinasi huruf besar, kecil, angka, simbol secara acak sampai sekitar 15 karakter (super kuat deh) baik di WordPress, database sampai control panel hosting…dan berbeda-beda passwordnya
      – plugin asli dari wordpress repository semua
      – theme dibuat dengan _s theme dengan hanya mengedit css dan menambah sidebar, menambah menu, dsb…
      – tidak pernah telat update
      hasilnya:
      1. beberapa bulan setelah installasi terkena seperti ini: seluruh posting disisipi banyak teks yg saya tidak pernah menulisnya berisi link iklan ke situs porno barat (istilahnya apa saya tidak tahu)…
      2. beberapa bulan yang lalu beberapa file WordPress tersisipi script yang entah darimana dan untuk apa saya tidak tahu…
      kira-kira bagian mana ya yang membuat bisa terbobol seperti itu…

      • Bisa jadi itu karena salah satu plugins bajakan yang mas pake, atau themes bajakan

  76. Saya setuju sekai dengan pendapat Anda, wordpress memang pilihan terbaik. Salah satu blog dummy kami berada di posisi pertama. Meskipun hanya memiliki 14 posting tapi semua artikel bisa menyebar kemana mana dengan posisi bagus, bahkan sudah mulai mengancam posisi blog utama kami yang disubmit di comment ini. Padahal backlinknya hanya sepuluh dan kurang berkualitas karena berasal dari sesama blog dummy kami yang lain.

    • Luara biasa, blog bisnis nya khusus untuk bayi ya. Jumlah backlinks tidak terlalu pengaruh menurut saya, yang paling pengaruh itu
      1. On page SEO seperti kualitas konten, struktur website, kecepatan load.
      2. Off page SEO, kualitas sumber backlinks.

      Kalau backlinks nya berkualitas dan jumlahnya banyak, ya lebih bagus lagi. Good luck buat bisnisnya :)

  77. Belajar Photoshop

    yang saiia suka dari WP.. thread comment nya kang.. pingin punya kek bginian di tempat saiia .. tapi saiia nya gag ngerti utak atik blog :(

  78. Walaupun saya sudah memakai WP selama 2 tahun, tapi karena kesulitan maintenance, akhirnya saya pindah blog ke tumblr. Tapi WP memang saat ini masih tetap menjadi CMS yang bisa diandalkan dan memang sangaaaatt mudah dipelajari.

  79. kalau saya tetap suka blogspot mas..
    hehe semua tergantung kebutuhan sih , intinya sama aja. yang penting punya blog :D

    • Seep mantep, yang penting paham seluk beluknya. Kalo saya, asli mumet kalo disuruh setting layout blogspot…. bisa seharian dan belum tentu hasilnya memuaskan hehehe.

  80. Icahbanjarmasin

    Bener banget bang,malah untuk dari segi DALAM PENERAPAN SEO wordpress memang lebih bangus dari BLOGSPOT tapi bukan berarti blogspot tidak SEO karena masing2 ada kekurangan dan kelebihannya…heee

  81. iya mas! menurut saya wordpress tu bener-bener user friendly.
    belajar pun mudah, dan gak pernah berasa ribet..

    • Pernah coba pake CMS lain ga mas? Kalo untuk blog WordPress memang ga ada lawan lah, tapi kalo untuk website dengan organisasi konten yang lebih rumit kayaknya WordPress belum bisa ngalahin Drupal.

      • saya masih belum masuk jauh kedunia perwebsitean mas :)
        berapa kali ganti blog masih berkisar di WordPress.

  82. saya dari awal pake wordpress mas.. dan 5 alasan diataslah yang membuat saya tetap betah n nyaman dengan wordpress

  83. Sejak awal ngeblog saya gunakan wp karena user friendly, pernah bbrp kali coba blogspot butuh waktu lama untuk memahami fitu2nya jadi accountnya saya hapus. Skrng saya punya domain sendiri wp.com sih kepikiran mau .org kuatir di hack orang malah nanti repot ga bisa nge-blog lagi :D.

    • Iya, blogspot agak susah konfigurasi nya menurut saya… atau memang saya aja yg kurang paham hehehe. Kalo wordpress aman kog dari hacker, ada banyak cara dan juga plugins yg bisa menahan hackers. Tapi kalo hackers nya kelas “dunia” ya mungkin masih bisa jebol jg.

  84. kalau saya pakai wordpress alasannya karena blog kesayangan saya di blogspot di hack orang mas, daripada domain saya nganggur mending pindah mesin, awalnya pakai hosting gratisan dan Alhamdulillah saya di tawari sebuah perusahaan web hosting, saya menggunakan hostingnya dengan syarat cukup pasang baner, jadilah blog saya migrasi ke wp

    • Wah kena hack ya webnya. Sebenarnya saya dulu pernah coba pake BlogSp*t tapi untuk kustomisasi nya menurut saya tidak semudah WordPress. Oh ya, jangan lupa install plugins untuk keamanan blog WordPress nya biar ga kena hack orang :)

      • ini blog saya blogspot yang kena hack rizky2009 dot blogspot dot com,plugin wp kira2apa mas yang paling bagus u/ keamanan wp ?

  85. ya mas ane setuju, walaupun ni ane pke blogspot, pertama dulu ane pengguna wordpress semua terasa mudah menggunakannya, taunya dulu cuman mata duitan alhasil pindah trus ane hapus wordpresnya, sekarang nyesel deh (padahal ranknya bagus :D). sekarang jalani apa yang ada aja :D.

    • Oh dulu pake wordpress to hehehe. Tp blog musik nya yang di blogspot lumayan bagus juga tuh :)

  86. Oh itu, yang saya maksud adalah komunitas pengguna WordPress yang banyak mas hehehe. Kalo orang yg masih awam tentang blogging memang kebanyakan lebih kenal Blogger dibanding WP.

  87. Kalo saya sih karena udah nyaman aja dengan wordpress.
    Sebelumnya sempat pake blogger.
    Tapi rasanya kurang puas :D
    Dan enaknya, banyak plugins kalo di wordpress :D
    Tapi hati2 juga sih, jangan semua plugins dipake juga :D

    • Yup, wordpress memang user friendly. Kalo plugins tentunya sebaiknya menggunakan yg dibutuhkan aja dan jangan pake plugins yang fungsinya sama.

  88. WP memang menyenangkan menurut saya juga :)

  89. Sejak awal kenal blog juga sy sudah jatuh hati sama wp :)

  90. Dulu wordpress adalah sarapan sehari hari. Tp sekarang keamanan udah meningkat. Sulit nyari bug buat masuk. :v

      • Maksudnya di hack sob. Hahaha

      • Dia hacker mas, sarapan sehari-hari maksudnya tiap hari hack wp, tpi sekarang berbeda jauh.. keamanan meningkat drastis.

  91. Sependapat Mas, WordPress memang mudah dan praktis digunakan,bahkan orang yang tidak jago untuk script dan kode bisa menggunakan WordPress karena biasanya perlu sedikit pemahan dan pengenalan untuk menggunakan WordPress ini.

Tinggalkan Balasan