Beranda Social Media Cara Menjadwal Postingan Status Facebook Otomatis

Cara Menjadwal Postingan Status Facebook Otomatis

Cara Membuat Status Facebook Terjadwal
Ilustrasi dari soshable.com

Bagaimana cara membuat status Facebook terjadwal? Mungkin ini adalah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pengguna Facebook saat ini.

Hampir semua bisnis online mempunyai Facebook Fans Page, termasuk blog saya ini. Fans page Facebook sangat penting sebagai media untuk terus terhubung dengan orang lain secara online. Selain itu, fans page juga merupakan sebagai media promosi yang sangat efektif lho.

Karena itu, sangat penting untuk tetap mengupdate postingan status di Facebook Fans Page secara teratur. Masalahnya, kita tidak selalu bisa memposting status di Fans Page pada jam-jam yang efektif, mungkin karena kita sibuk dengan kegiatan lain, atau hal lain yang memang tidak memungkinkan kita untuk mengupdate status di Fans Page.

Beberapa aplikasi dari pihak ketiga menawarkan bantuan untuk melakukan postingan status ke berbagai platform media sosial secara teratur, dan tentunya pada waktu yang kita inginkan. Beberapa orang mungkin lebih memilih untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga tersebut, namun banyak juga yang lebih memilih untuk memposting langsung ke Facebook. Saya pribadi lebih suka memposting langsung ke Facebook karena ternyata Facebook juga sudah menyediakan fasilitas untuk menjadwalkan posting status.

Artikel terkait: Cara membuat Facebook Fans Page

Kita bisa menjadwalkan postingan status secara berkala dan akan diposting pada waktu yang kita inginkan. Tentunya fasilitas ini akan sangat membantu bagi mereka yang tidak selalu memiliki waktu untuk mengupdate halaman fans pagenya. Kita tinggal melakukan sedikit settingan pada halaman Facebook, maka postingan status akan terjadwal dengan baik.

Bagaimana Cara Membuat Status Facebook Terjadwal di Fan Page?

1. Langkah pertama adalah membuka halaman Fans Page Anda. Lalu klik pada bagian box update status.

2. Pada bagian sudut kiri box update status, kita akan melihat gambar mirip jam kecil. Klik pada jam kecil tersebut untuk memasukkan jadwal postingan yang akan Anda buat. Anda bisa memilih tahun, tanggal, jam, dan menit, kapan status tersebut akan ditayangkan di halaman Fans Page Facebook Anda. Lihat gambar di bawah.

status-facebook-terjadwal

3. Setelah selesai membuat setingan jadwal posting Status, Anda bisa meng-klik tombol “Schedule” yang ada pada bagian bawah kanan box. Lihat gambar di bawah:

status-facebook-page-terjadwal

4. Sesaat setelah Anda mengklik tombol “Schedule” akan muncul box pupup yang menunjukkan informasi tentang jadwal postingan status di Fans Page Anda. Anda bisa mengklik tombol “View Activity Log” untuk melihat aktifitas di dalam fans page Anda, bisa juga dengan mengklik tombol “Close” untuk menutup popup. Lihat gambar.

status-facebook-fans-page

Anda bisa menjadwalkan banyak postingan status sekaligus, baik itu dalam bentuk gambar ataupun teks, sesuai dengan yang Anda butuhkan. Facebook telah membuat pekerjaan untuk memposting status menjadi sangat mudah, efektif, dan menghemat waktu Anda. Status yang Anda buat bisa bermacam-macam, mungkin Anda hanya ingin mengucapkan selamat pagi pada fans Anda, atau ingin memberikan informasi, promosi produk, dan lainnya di halaman Facebook fans page Anda.

Demikianlah penjelasan tentang cara membuat status Facebook terjadwal. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk mengelola Facebook Fan Page dengan baik. Terimakasih sudah membaca artikel saya :)

37 KOMENTAR

  1. Irvan Hermawanto

    tetep manual ya om untuk posting ke halaman FB ini?

    • Membuat posting ke halaman FB bisa otomatis sebenarnya, bisa pakai plugin WP atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ke tiga, misalnya pakai situs dlvr.it

  2. Sepertinya fitur halaman facebooknya ada yang berubah, sehingga saya sulit untuk menentukan jadwal memposting

  3. Numpang tanya, Mas.
    Saya sudah jadwalkan seperti tips tadi. tapi kok malah terbitnya tida sesuai jadwal ya? Saya jadwalkan terbit jam 10, eh jam 8 pagi waktu saya habis nulis, gak lama menjadwalkan malah sudah nongol. gimana dong? mohon pencerahannya.

  4. bsia juga ni di jadikan alternatif untuk promosikan blog biar terjawal sesuai yang kita inginkan

  5. bayi anak jombang

    ternyata bisa di jadwalkan.. dari dulu saya terus update manual karena belum tau kalo ada jadwalnya… terimakasih akan saya coba step-stepnya

  6. Ternyata facebook pun bisa dijadwal postingannya :D

  7. Paket Wisata Murah Pangandaran

    terima kasih infonya, baru tau nih, mendukung berapa status yg bisa dijadwal ya..

  8. infonya sagat….membantu…jam update bisa kita tentukan….sangt membantu….trimsss

  9. Kalo mau nampilin RSS website ke fanspage secara otomatis tanpa kita harus update manual di fanspage, caranya gimana ?

  10. oh ternyata bisa lewat bisa lewat fan page langsung ya, selama ini pake aplikasi pihak tiga.. info yang berguna gan.. thx..

  11. Kalo setting untuk tanggal sebelumnya bisa ga min ??

    contohnya nih skrg tanggal kita 2 juni 2015,

    tapi pengennya kalo di liat postingan udah dilakukan pada tanggal 31 maret 2015

    cara nya gmn ya min ?

  12. Makasih buat ilmunya suhu, nubie mau tanya dong, agak oot seeh, kenapa setiap nubie posting di fp koq ga muncul di beranda temen yg udh like fp nubie ya, apa ada yg salah ??

  13. sip dah…berarti kita punya robot…promo…ni…baru ngeh…thnk infonya sangat bermampaat…sukses slalu karna ilmu…

  14. Wah jd nambah ilmu nih! Terima kasih mas untuk sharingnya.

  15. Terima kasih mas, artikel ini sangat membantu saya utk menghandle beberapa fanspage sekaligus.

  16. wah,mempermudah banget tutorialnya, jadi nggak usah susah-susah buka pc untuk update stauts.

  17. keren gan, ga usah pake software2 segala..

  18. cara yang bermanfaat banget, baru sempat membaca dari sini

  19. ternyata bisa ya di atur waktunya kl mau update,, seumpama kita nulisnya malam,, tapi kita ingin postingan itu muncul pagi, jadi seperti itu yah caranya..
    terimakasih max atas artikel yg anda tulis

  20. Mohon bantuannya pak di box status Fanpage saya tidak muncul gambar jam kecil

  21. makasih mas infonya, lagi muter-muter cari cara buat status terjadwal, akhirnya ketemu juga..

  22. udah lama main fb.. baru tau bisa buat status terjadwal… hahaha

  23. sudah bertahun-tahun memakai FB, baru tau saya kalau ada post bisa di atur sedemikian rupa.
    Terimakasih juga Pak…blog ini memberi inspirasi saya untuk membuat fans page, sebelumnya saya selalu ragu untuk membuat fans page.

  24. salam,
    tolong bantuanya pak, saya tidak bisa mengupdate status dan foto di fanspage saya, setelah sy buka settingan …muncul kotak untuk ketik status tp tidak tersimpan di fanspage melainkan ke beranda FB saya, trmksh byk

    • Buka fanspage nya dulu baru posting… Kalau posting di fans page, ga mungkin pindah ke timeline FB pribadi, kecuali kalau kita share.

  25. Ternyata bisa kayak gitu ya Pak? baru tau.. nyoba ah… terima kasih atas artikelnya berguna sekali.. :)

  26. baru tahu saya ternyata jadwal postnya bisa di atur kaya post di blog .

  27. Terima kasih pencerahaannya kak Max, Hidup lebih mudah dan teratur selama update info di FAN PAGE *di perhitungkan

    • Sama-sama Kharis, mudah-mudahan fans pagenya makin ramai likers nya hehehe

    • Tri Susanto Setiawan

      Terima kasih Max Manroe artikelnya. Tapi saya ingin menganti nama Fans Page kok tidak bisa ya. Apakah ada solusi? makasih

      • Kalau likes nya sudah banyak tidak bisa diganti nama Fans Page nya.

Tinggalkan Balasan