Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri dari Cpanel

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri dari Cpanel

Artikel ini dibuat karena ada pertanyaan dari seorang pembaca Maxmanroe.com yang menanyakan bagaimana cara membuat email dengan domain sendiri, misalnya [email protected] Memiliki email dengan domain sendiri adalah hal yang sangat penting bagi seorang pebisnis karena alamat emailnya akan terlihat lebih profesional. Selain itu, trust si pelanggan juga akan semakin tinggi jika kita menggunakan email dengan nama domain sendiri, atau sering disebut dengan email custom domain.

Memang penggunaan email untuk bisnis dengan memakai fasilitasi gratisan dari Google Mail, Yahoo Mail, dan Microsoft Mail, cukup banyak dilakukan oleh para pebisnis. Namun, menurut Maxmanroe.com akan lebih baik lagi bila kita menggunakan nama domain sendiri di dalam alamat email kita. Walaupun sebenarnya cara membuat email dengan domain sendiri itu tidak sulit, beberapa teman ternyata belum mengerti caranya.

Berikut ini adalah cara membuat email dengan menggunakan domain sendiri yang dapat kita lakukan melalui cPanel hosting kita:

1. Langkah pertama tentunya kita harus login ke dalam cPanel.

2. Setelah login ke cPanel, perhatikan bagian Mail. Di sana kita akan melihat ada banyak sekali menu untuk opsi Mail, karena kita ingin membuat alamat email baru maka klik menu Email Accounts. Lihat gambar berikut,

email-custom-domain1

Artikel lain: Cara Membuat Email di Gmail, Yahoo mail, dan Microsoft mail

2. Pada halaman berikutnya kita akan diminta untuk mengisi formulir untuk data email yang akan kita buat.
  • Pada kolom email isi dengan alamat email yang kita inginkan, misalnya kita ingin membuat email [email protected] maka kolom tersebut cukup diisi dengan kata hubungi.
  • Pada bagian password isi dengan password untuk email Anda, dan isi juga bagian Password (again) dengan password yang sama. Sebaiknya gunakan password yang cukup kuat untuk email Anda.
  • Pada bagian Mailbox Quota, kita bisa mengatur besarnya kapasitas email yang bisa ditampung. Sebaiknya Quota nya disesuaikan dengan kebutuhan dan juga besarnya kapasitas hosting Anda.
  • Lalu klik tombol Create Account, nanti akan muncul notifikasi “Account Created” yang berarti akun email Anda telah berhasil dibuat.

Lihat gambar
email-custom-domain2

Artikel terkait: Tips Membuat Password Yang Lebih Kuat

Pada tahap ini Anda telah berhasil membuat akun email dengan nama domain sendiri di cPanel. Langkah selanjutnya adalah cara masuk ke dalam akun email Anda tadi.

4. Untuk mengakses akun email yang sudah dibuat, Anda harus membuka URL tertentu di browser Anda. Akses URL NamaDomain.com/webmail, misalnya . Lalu masukkan user name dan password yang telah Anda buat sebelumnya, lalu klik login. Lihat gambar berikut,

email-custom-domain3

5. Untuk penggunaan WebMail, setelah login kita bisa membaca dan mengirimkan email dengan 3 pilihan, yaitu dengan menggunakan Horde, RoundCube, dan SquirellMail. Ketiganya sama saja, silahkan menggunakan fasilitas yang paling Anda suka. Lihat gambar,

email-custom-domain4

Di atas tadi adalah cara membuat email dengan domain sendiri dari cPanel hosting kita, ternyata caranya sangat mudah ya. Mudah-mudahan tutorial singkat ini bermanfaat bagi Anda.

28 KOMENTAR

  1. Saya mau tanya bang max gimana caranya agar email yang kita kirim atau hapus di android di buka di webmail juga ada ada?

  2. deka firhansyah

    Terima kasih mas atas tutorialnya sangat membantu sekali

  3. saya sudah nyoba mas tapi kok email gak masuh ya.. sudah dikirim tapi di inbox ga ada

  4. Mohamad Arif Manan

    gimana cara login ke cpanel nya mas ??

  5. kalo untuk email dari hosting ada security nya sendiri apa enggak mas?

  6. Terima kasih banyak bro.. akhirnya punya e-mail dengan nama domain .. tadinya sempet bingung juga.. maklum newbie akut

  7. membuat email dengan domain sendiri tentu lebih terlihat profesional, apalagi bagi yagn mempunyai usaha yang sering berkirim email. tapi ini tentu pasti berbayar.

  8. Alamat website cpanelnya apa ya mas? Saya nggak ngerti cara loginnya

  9. www.mysejarah.com

    Makasih gan, ane dah berhasil membuat email dengan domain sendiri. Di 1and1

  10. balinet holiday travel

    kalau mau login lewat gmail gimana caranya ya mas..? soalnya pernah saya lihat waktu mau login mereka pakai email domain sendiri, cuma loginnya itu lewat gmail?
    mohon pencerahaanya om?

    • Itu aplikasi berbayar pak, kita mendaftarkan domain ke Gmail dan bisa login menggunakan emain domain melalui gmail. Nanti akan saya buatkan artikelnya

      • Ada juga yang gratis.
        Saya punya beberapa domain yg terdaftar pada Google Apps versi gratis (bukan TRIAL … bukan ALIAS). Bisa menampung 10 – 50 users.
        Domain tersebut (primary domain), bisa diganti dengan Domain yang kita daftarkan sekarang.
        Saya bermaksud menawarkan domain Saya yang sudah terdaftar di GA untuk diambil-alih dan diganti dengan Domain Anda sendiri.
        Saya bisa bantu agar Domain Anda menjadi PRIMAY DOMAIN.
        Sekali lagi …. BUKAN TRIAL … BUKAN ALIAS.
        Dijamin LEGAL karena menggunakan prosedur & tools dari google
        GRATIS selama Google tidak mengubah kebijaksanannya.

        FIY : GA versi sekarang bertarif US$ 5 per User.

  11. ini tutor judulnya membuat email di cpanel, trus kok langkah pertamanya harus login di cpanel bukannya kalau login itu berarti kita sadah memiliki akun cpanel.

    muter-muter

    • Emang bisa ya membuat email dengan domain sendiri tanpa harus login ke cPanel? Mohon bimbingannya master, tutorial ini untuk para newbie :)

    • ini mksdnya kita sebagai admin ingin buat email dengan domain web kita gan,, tar klo udh jadi baru masuk lewat webmail.domainkita.com.. (y)

  12. gan itu buatnya di windows xp ya?
    kok ane cari2 fiturnya di seven ga ada

    • Ini tutorial cara bikin email dengan domain sendiri mas, ga ada hubungannya dengan windows XP atau Windows7 :)

  13. mantap sob,,
    yuups,,menurut saya,Domain sendiri adalah langkah pertama untuk menunjukkan keseriusan kita eksis di internet.
    apalagi terkait dengan uang dan professionalisme kerja, domain sendiri adalah sebuah keharusan.

  14. ini sangat berpengaruh dengan kapasitas hosting nya ya

  15. Mas klo boleh tw, sperti contoh yg ada di tutor diatas..

    Hosting ny pake hosting apa?
    Soalny sy lg cari refrensi, kykny sy hrs coba kyk hosting yg mas pake..

    Ditunggu jwbn ny..
    Slm kenal.. :)

    • Biasanya hosting dengan cPanel pasti mudah membuat email seperti tutorial di atas. Beberapa hosting yang bisa dipertimbangkan, Masterweb.com, Dapurhosting.com, Hawkhost.com, dan lainnya. Kalau saya menggunakan VPS dari Gignode.com

  16. Blogger Borneo udah pernah nyoba pake cara ini, cuma sepertinya sangat berpengaruh dengan kapasitas hosting ya. Habis itu terkadang ada email2 yang ngga masuk inbox, jadi agak ragu untuk menggunakannya. Fiuhhhh…

    • Bener mas, spesifikasi hosting kita berpengaruh juga. Sebaiknya jangan gunakan email bisnis untuk mendaftar di berbagai layanan karena akan ada email terus menerus dari orang lain. Mendingan gunakan email bisnis nya untuk keperluan menghubungi klien atau pelanggan saja. :)

  17. Saya sudah pernah mencoba menggunakan email dari domain sendiri, trus waktu itu entah kenapa kapasitas hosting saya begitu tinggi, waktu dicek email rupanya email yg ngga jelas semua masuk :(

    • Hati-hati mas menggunakan email dengan domain sendiri, jangan digunakan untuk mendaftar di sembarang website… bisa dikirim banyak email SPAM ke inbox nya. Tentukan juga besar Quota email kita biar ga makan terlalu banyak resource :)

Tinggalkan Balasan