Tips Cara Membuat Password (Kata Sandi) Yang Lebih Kuat

password-yang-kuat

Ilustrasi dari digitaltrends.com

Beberapa waktu yang lalu sempat heboh kabar tentang banyaknya akun email pengguna Yahoo yang dibajak, dan diambil alih orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, banyak juga kabar tentang pencurian akun media sosial seperti Facebook, dan Twitter. Kenapa akun mereka bisa diambil alih oleh pihak lain dengan mudah? Salah satu alasan kenapa akun email atau akun media sosial seseorang mudah dibajak adalah karena akun tersebut tidak dilindungi dengan sandi (password) yang kuat.

Bagi seseorang yang sering menggunakan email, media sosial, blog, atau akun lainnya di internet, membuat kata sandi yang kuat adalah sebuah keharusan. Kita tidak pernah tahu siapa saja pihak yang berniat buruk pada kita. Mungkin hanya orang iseng, atau bisa juga orang yang memang berniat jahat. Kehilangan akun bisa menjadi malapetaka, karena pembajak tadi bisa saja menggunakan akun kita untuk hal-hal yang tidak baik dan merugikan, terutama bagi orang-orang yang aktif menggunakan media internet.

Lalu bagaimana cara membuat kata sandi atau password yang kuat dan seberapa kuat password untuk akun kita di internet? Cara mengetahui kekuatan password bisa dengan menghitung jumlah karakter dan juga variasi dari karakter password yang kita ciptakan. Semakin panjang dan semakin bervariasi karakter sandi tersebut, maka akan semakin kuat perlindungan pada akun kita.

Artikel terkait: Cara membuat akun email

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga keamanan akun-akun kita di internet:




1. Jangan Menggunakan Password Yang Sudah Umum

Seorang teman saya pernah meminta bantuan untuk memperbaiki kerusakan di dalam blog WordPress miliknya. Lalu dia memberikan username dan passwordnya pada saya. Waktu itu saya sangat kaget karena password WP login blognya sangat mudah dan rentan kena dibajak. Waktu itu dia pakai username “admin” dan passwordnya “123456789”. Langsung saya suruh ganti dengan username dan password baru yang tidak umum.

Sama halnya dengan akun email dan akun media sosial. Sebaiknya kita tidak menggunakan password yang sangat mudah ditebak dan rentan diambil alih orang lain.  Contoh password yang tidak kuat: password, 123456789, secret, nama. Kalau saat ini Anda menggunakan model password seperti ini, maka sebaiknya segeralah menggantinya sebelum menjadi korban pembajakan. Memang password yang kuat tidak selalu menjamin keamanan akun kita, tapi setidaknya kita sudah memberikan pengamanan yang baik pada akun kita.

2. Menggunakan Simbol-simbol Yang Unik Dalam Password

Salah satu cara untuk membuat password atau sandi akun Anda lebih kuat adalah dengan menggunakan simbol-simbol.




Contohnya:  |=(0_+)?  atau  !~(-_-“)~?  atau  *8(^_^)~!   dan masih banyak lagi, ini hanya contoh ya!

Gabungan simbol-simbol ini memang terlihat cukup sederhana, namun jauh lebih kuat dibandingkan dengan password yang sudah umum seperti di atas.

3. Menggunakan Angka dan Simbol

Cara lain untuk menciptakan password yang kuat dan mudah diingat adalah dengan menggabungkan angka dan simbol unik. Yang perlu kita ingat adalah menciptakan kombinasi angka dan simbol yang mudah diingat, misalnya membuat rumus perhitungan matematika.

Contohnya: 19+20=39 atau (10+10)x10=200 dan masih banyak lagi, ini hanya contoh.

4. Menggunakan Kombinasi Huruf, Angka, dan Simbol Dalam Password

Menurut saya ini adalah cara yang paling baik untuk membuat password yang lebih kuat. Biasanya password seperti ini tidak bisa ditembus oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab karena menggunakan variasi yang rumit.

Contohnya: Ber2$aTu7aN* (berdua satu tujuan) atau P4caRko3_C4nT!k (pacar ku cantik)

Kalau sepintas kita lihat seperti bahasa anak alay ya hehehe. Tapi password seperti ini adalah yang paling aman dan hampir tidak mungkin bisa dipecahkan oleh seorang pencuri. Walaupun karakter yang kita ciptakan terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol, akan lebih baik bila password yang diciptakan itu memiliki sebuah arti agar lebih mudah untuk mengingatnya.

5. Menggunakan Password Yang Berbeda Untuk Setiap Akun

Ada gunanya juga bila Anda membuat password yang berbeda untuk setiap akun di internet. Misalnya untuk akun twitter menggunakan password seperti poin 2 di atas, maka akun twitter bisa menggunakan password seperti poin 3, dan lain-lain, tergantung kebutuhan dan keingingan Anda. Ini adalah upaya pencegahan ketika password salah satu akun di internet, misalnya Facebook diketahui si pencuri, akun Anda di tempat lain tidak bisa dibajak dengan password yang sama.

Lihat video tentang cara membuat password yang lebih kuat.




52 total comments on this postSubmit yours
  1. Oh jadi itu kriteria password yang ideal. Sip, Min. Ijin ngopy sedikit. Hehehe. Dengan begini, ane ga bakal di hack ama temen ane.
    :D

  2. Betul memang gan, tetapi yang jadi masalah kalau passwordnya kita buat beda-beda disetiap akun sering kelupaan gan, tapi kalau saya pribadi lebih suka satu password walaupun banyak email.
    oya’berikut ini tips lain dari ane mungkin bisa jadi referensi tambahan 5 tips membuat password yang aman saktiinfo.

  3. AKU MAU BUAT KATA SANDI FB

  4. Oh, begitu ya gan, saya coba ah…!

  5. Kok saya bikin kata sandi line pelay gk bisa ya

  6. saya mau buat pasword.daftar

  7. Buat akun

  8. Saya Ingin punya fb

  9. KOK SAYA BUKA FACEBOOK KATA SANDI NYA SALAH MULU ,PADAHAL IYTU UDH BENER…..

    • Mungkinkah karena mba Melinda terlalu cantik?

      • Apa hubungannya gan. -___-“

  10. Knp setelh pembaruan fb sya gk bs d bka pdahl kt sandi sdh bner tp sllu ada tlisn kt sandi salh, kt sndi lama, buat bru mlah ga2l trs. Gmn solusinya mas?

  11. Gan saya sedang coba membuat akun blackberry baru. Tp tdk prnh brhasil membuat kata sandi.. Sll di tolak. Pdahal sya sudah pakai kombinasi… Tolong tipsnya, thankz

  12. Thanks om,, saya bisanya menggunakan huruf kecil dan besar serta angka dan simbol. Dan itu menurut saya sudah kuat sekali.

  13. Kurang paham

  14. Sulit lho

  15. saya ingin kata sandi saya bisa dibalikin

  16. Kok saya buat facebook gk bisa2 dan kata sandi ny salah itu gimana ya

  17. Gak gerti bost gimana???? tolong di bantu

  18. mohon petunjuk mas, kalo kita memakai email yg berbeda beda dan so pasti password nya jg berbeda, apakah boleh, maksud saya, alamat email akun google berbeda dgn alamat email nya akun f.b, dan akun2 yg lain nya , dan jg yahoo, pertanyaan apakah bisa mas…. mohon balasan nya?? saya tunggu. terimakasih

    • Saya coba ambil inti pertanyaannya “Apakah boleh alamat akun Google berbeda dengan alamat emailnya akun FB dan akun-akun yang lain”. Jawabannya BOLEH! Kita boleh saja memiliki beberapa akun email, misalnya Gmail untuk email utama dan Yahoo mail untuk email pendukung.

      Seperti saya misalnya, untuk akun Facebook saya menggunakan Yahoo mail, sedangkan akun lainnya seperti Twitter dan Social media lainnya saya menggunakan akun Gmail. Yang pasti jangan sampai lupa alamat email dan password nya :)

  19. salam gan, memang bener mending mengamankan smua akun email kita sejak dini, kalau sudah terjadi hacking, pening dan galunya luar biasa. memang smua akun kita sering-sering ganti password yang ” alay” agar bisa memantau akun-akun kita. MEMBUAT LEBIH MUDAH DARI PADA MEMPERTAHANKAN. banyak orang yang bisa membuat, tapi tidak banyak orang yang bisa mempertahankan, krn berawal dari menyepelekkan dari hal yang kecil. Makasih gan, atas artikelnya.

6 total pingbacks on this post
Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2017 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud