Tips Cara Membuat Password (Kata Sandi) yang Lebih Kuat, Hacker Semakin Pintar!

password-yang-kuat
Ilustrasi dari digitaltrends.com

Bagaimana cara membuat password yang kuat?

Beberapa waktu yang lalu sempat heboh kabar tentang banyaknya akun email pengguna Yahoo yang dibajak, dan diambil alih orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, banyak juga kabar tentang pencurian akun media sosial seperti Facebook, dan Twitter. Kenapa akun mereka bisa diambil alih oleh pihak lain dengan mudah? Salah satu alasan kenapa akun email atau akun media sosial seseorang mudah dibajak adalah karena akun tersebut tidak dilindungi dengan sandi (password) yang kuat.

Bagi seseorang yang sering menggunakan email, media sosial, blog, atau akun lainnya di internet, membuat kata sandi yang kuat adalah sebuah keharusan. Kita tidak pernah tahu siapa saja pihak yang berniat buruk pada kita. Mungkin hanya orang iseng, atau bisa juga orang yang memang berniat jahat. Kehilangan akun bisa menjadi malapetaka, karena pembajak tadi bisa saja menggunakan akun kita untuk hal-hal yang tidak baik dan merugikan, terutama bagi orang-orang yang aktif menggunakan media internet.

Lalu bagaimana cara membuat kata sandi atau password yang kuat dan seberapa kuat password untuk akun kita di internet? Cara mengetahui kekuatan password bisa dengan menghitung jumlah karakter dan juga variasi dari karakter password yang kita ciptakan. Semakin panjang dan semakin bervariasi karakter sandi tersebut, maka akan semakin kuat perlindungan pada akun kita.

Artikel terkait: Cara Membuat Email

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga keamanan akun-akun kita di internet:

1. Jangan Menggunakan Password yang Sudah Umum

Seorang teman saya pernah meminta bantuan untuk memperbaiki kerusakan di dalam blog WordPress miliknya. Lalu dia memberikan username dan passwordnya pada saya. Waktu itu saya sangat kaget karena password WP login blognya sangat mudah dan rentan kena dibajak. Waktu itu dia pakai username “admin” dan passwordnya “123456789”. Langsung saya suruh ganti dengan username dan password baru yang tidak umum.

Sama halnya dengan akun email dan akun media sosial. Sebaiknya kita tidak menggunakan password yang sangat mudah ditebak dan rentan diambil alih orang lain.  Contoh password yang tidak kuat: password, 123456789, secret, nama.

Kalau saat ini Anda menggunakan model password seperti ini, maka sebaiknya segeralah menggantinya sebelum menjadi korban pembajakan. Memang password yang kuat tidak selalu menjamin keamanan akun kita, tapi setidaknya kita sudah memberikan pengamanan yang jauh lebih baik.

2. Menggunakan Simbol-simbol yang Unik Dalam Password

Salah satu cara untuk membuat password atau sandi akun Anda lebih kuat adalah dengan menggunakan simbol-simbol.

Contohnya:  |=(0_+)?  atau  !~(-_-“)~?  atau  *8(^_^)~!   dan masih banyak lagi, ini hanya contoh ya!

Gabungan simbol-simbol ini memang terlihat cukup sederhana, namun jauh lebih kuat dibandingkan dengan password yang sudah umum seperti di atas.

3. Menggunakan Angka dan Simbol

Cara lain untuk menciptakan password yang kuat dan mudah diingat adalah dengan menggabungkan angka dan simbol unik. Yang perlu kita ingat adalah menciptakan kombinasi angka dan simbol yang mudah diingat, misalnya membuat rumus perhitungan matematika.

Contohnya: 19+20=39 atau (10+10)x10=200 dan masih banyak lagi, ini hanya contoh.

4. Menggunakan Kombinasi Huruf, Angka, dan Simbol Dalam Password

Menurut saya ini adalah cara yang paling baik untuk membuat password yang lebih kuat. Biasanya password seperti ini tidak bisa ditembus oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab karena menggunakan variasi yang rumit.

Contohnya: Ber2$aTu7aN* (berdua satu tujuan) atau P4caRko3_C4nT!k (pacar ku cantik)

Kalau sepintas kita lihat seperti bahasa anak alay ya hehehe. Tapi password seperti ini adalah yang paling aman dan hampir tidak mungkin bisa dipecahkan oleh seorang pencuri.

Walaupun karakter yang kita ciptakan terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol, akan lebih baik bila password yang diciptakan itu memiliki sebuah arti agar lebih mudah untuk mengingatnya.

5. Menggunakan Password yang Berbeda Untuk Setiap Akun

Ada gunanya juga bila Anda membuat password yang berbeda untuk setiap akun di internet. Misalnya untuk akun twitter menggunakan password seperti poin 2 di atas, maka akun twitter bisa menggunakan password seperti poin 3, dan lain-lain, tergantung kebutuhan dan keingingan Anda.

Ini adalah upaya pencegahan ketika password salah satu akun di internet, misalnya Facebook diketahui si pencuri, akun Anda di tempat lain tidak bisa dibajak dengan password yang sama.

Lihat video tentang cara membuat password yang lebih kuat.

Marikxon

Seorang blogger, YouTuber, trader, dan pemilik blog Maxmanroe.com. Mulai mengenal bisnis online sejak tahun 2012 dan terus belajar tentang bisnis internet hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai trader dan penulis konten di Maxmanroe.com.

65 pemikiran pada “Tips Cara Membuat Password (Kata Sandi) yang Lebih Kuat, Hacker Semakin Pintar!”

  1. Membuat password yang kuat memang sangat dianjurkan. Bahkan ketika kita mendaftar sebuah akun online, maka situs tersebut akan memberitahukan kepada kita kalau password sangat lemah. Membuat password yang kuat pada umumnya adalah memiliki karakter yang panjang dan perpaduan antara, huruf besar, kecil dan kombinasi angka dan simbol. Terkadang password yang panjang akan membuat kita cepat lupa. Namun, saya memiliki saran untuk itu. Anda bisa menggunakan sebuah kalimat atau lirik lagu yang anda suka kemudian ambil setiap kata depan dari lirik tersebut. Tambahkan angka atau karakter yang sama pada setiap sela huruf. Contohnya A#B#C#D#[email protected]@[email protected]

    Terimakasih atas informasinya. Artikel ini sangat membantu banyak orang agar bisa lebih mengutamakan keamanan akun online yang di miliki.

    Balas
    • Kenapa sya mau buat akun Twiteer selalu gagal.
      dalam kolom website apa yang harus saya isi?

      Balas
  2. Kenapa yah, saya selalu merasa setiap tutorial membuat password yang kuat nampak konyol dan nggak masuk akal.

    Yup, benar bahwa kita bisa buat password yang susah ditebak dengan kombinasi kata acak, simbol, angka, huruf besar/kecil. Tapi kalau harus membuat password unik dengan semua syarat itu untuk setiap akun kita rasanya mumet juga! Apalagi kalau harus diganti secara rutin, waduh!

    Hmmm, tp kyknya bisa jadi bahan tulisan saya selanjutnya nih, makasih inspirasinya y.

    Balas
  3. Kalau password/PIN ATM yang hanya bisa terdiri angka dan cuma enam digit, biasanya disarankan untuk menggantinya secara berkala. Entah seminggu, sebulan, dan maksimal tiga bulan sekali.

    Balas
  4. Betul memang gan, tetapi yang jadi masalah kalau passwordnya kita buat beda-beda disetiap akun sering kelupaan gan, tapi kalau saya pribadi lebih suka satu password walaupun banyak email.
    oya’berikut ini tips lain dari ane mungkin bisa jadi referensi tambahan 5 tips membuat password yang aman saktiinfo.

    Balas
  5. KOK SAYA BUKA FACEBOOK KATA SANDI NYA SALAH MULU ,PADAHAL IYTU UDH BENER…..

    Balas
  6. Knp setelh pembaruan fb sya gk bs d bka pdahl kt sandi sdh bner tp sllu ada tlisn kt sandi salh, kt sndi lama, buat bru mlah ga2l trs. Gmn solusinya mas?

    Balas
  7. Gan saya sedang coba membuat akun blackberry baru. Tp tdk prnh brhasil membuat kata sandi.. Sll di tolak. Pdahal sya sudah pakai kombinasi… Tolong tipsnya, thankz

    Balas
  8. Thanks om,, saya bisanya menggunakan huruf kecil dan besar serta angka dan simbol. Dan itu menurut saya sudah kuat sekali.

    Balas
  9. mohon petunjuk mas, kalo kita memakai email yg berbeda beda dan so pasti password nya jg berbeda, apakah boleh, maksud saya, alamat email akun google berbeda dgn alamat email nya akun f.b, dan akun2 yg lain nya , dan jg yahoo, pertanyaan apakah bisa mas…. mohon balasan nya?? saya tunggu. terimakasih

    Balas
    • Saya coba ambil inti pertanyaannya “Apakah boleh alamat akun Google berbeda dengan alamat emailnya akun FB dan akun-akun yang lain”. Jawabannya BOLEH! Kita boleh saja memiliki beberapa akun email, misalnya Gmail untuk email utama dan Yahoo mail untuk email pendukung.

      Seperti saya misalnya, untuk akun Facebook saya menggunakan Yahoo mail, sedangkan akun lainnya seperti Twitter dan Social media lainnya saya menggunakan akun Gmail. Yang pasti jangan sampai lupa alamat email dan password nya :)

      Balas
  10. salam gan, memang bener mending mengamankan smua akun email kita sejak dini, kalau sudah terjadi hacking, pening dan galunya luar biasa. memang smua akun kita sering-sering ganti password yang ” alay” agar bisa memantau akun-akun kita. MEMBUAT LEBIH MUDAH DARI PADA MEMPERTAHANKAN. banyak orang yang bisa membuat, tapi tidak banyak orang yang bisa mempertahankan, krn berawal dari menyepelekkan dari hal yang kecil. Makasih gan, atas artikelnya.

    Balas
  11. sebenernya sudah dari dulu banyak yang share tentang tipe minimum kerumitan passwrd, saya pribadi sih simbol angka dan huruf syarat mutlak untuk sebuah password. salam kenal kang

    Balas
  12. Saya punya sedikit pertanyaan mas max. Apakah tidak bahaya pakai sandi yang super rumit seperti yang terakhir itu. ? Takutnya kalau sewaktu-waktu lupa akan sandinya, apalagi kalau itu untuk akun yang penting dan rawan seperti akun gmail. Apa tidak ada tips mudah untuk menghafalnya? Hehehe… Terimakasih!

    Balas
    • Ga bahaya menurut saya, password yang berbeda untuk tiap akun tujuannya untuk perlindungan lebih baik. Kalau saya sendiri tidak menghafal semua password mas, beberapa password saya simpan di file khusus :)

      Balas
  13. Mas boleh ksh saran gx yh sya udh berulang kali membuat facebook tpi buat pasword ny susah mulu tolong ajarin donk

    Balas
  14. gimana cara buat akun twitter nya ya mas broo? dah berulang kali kok ga bisa

    Balas
  15. gmana caranya biar bisa mengetahui bahasa-bahasa saat membuat akun twitter?

    Balas
  16. berulang kali (puluhan kali) membuat password mail di yahoo tetap gagal

    KATANYA ‘MASIH LEMAH’

    Gimana ya caranya, makanya sy cari info disini

    salam

    Balas
    • Buat password minimal 8 karakter, kombinasikan huruf besar/kecil dengan angka atau simbol. Misalnya: P3r6!keP4saR (pergi ke pasar), good luck :)

      Balas
  17. password yang mudah di ingat jangan sampai kita bingung sendiri dalam mengingat. akhirnya kita tidak bisa membuka yang harusnya kita buka. Memang mengandung risiko, tapi bagaimana lagi. habis saya mudah lupa. sering pusing kalau password nya lupa.

    Balas
  18. saya takut menggunakan password yang rumit, meskipun kuat, takut lupa. yang berakibat tidak bisa membuka akun kita sendiri.

    Balas
  19. Saya sselalu menjadi Alay untuk membuat password.
    Kalau boleh saya tambahkan, mungkin jangan buat password dengan nama-nama orang terdekat karena itu berpotensi terbobol oleh orang terdekat juga.

    Balas
  20. Yang nomor 4 itu kadang membuat banyak psssword yang lupa karena terlalu banyak akun yang saya miliki, akhirnya dibuat sama, :D

    Balas
  21. kalo password mendingan di-alay-in. jadi kombinasi antara angka sama huruf. kaya anak alay gitu. hehe

    Balas
  22. Terima kasih buat tipsnya ;). Nah masalahnya kalau buat password yang rumit, seringnya lupa :D. Kalau punya 1 email aja ya mungkin cepat hapal, klo punya 3 trus ada med. sosial trus ikutan bbrp fourm, jadi saya punya buku catatan disamping komputer, kalau lupa tinggal liat passwordnya ;).

    Balas
    • Hehehe bener Nel, kalau banyak akun memang bikin pusing sendiri kalau passwordnya beda-beda. Saya sendiri punya 3 password utama untuk akun-akun penting, dan semuanya rumit… ini saya hapal. Saya buat file khusus utk mencatat semua password tiap akun yang lainnya yang ga perlu dihapal.

      Contohnya: pass Paypal saya berbeda dengan pass email Paypal saya, buat jaga-jaga :P

      Balas

Tinggalkan Balasan