Beranda Social Media Cara Mendaftar Akun Facebook dengan Mudah dan Cepat

Cara Mendaftar Akun Facebook dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Akun Facebook
Gambar Ilustrasi

Cara membuat akun Facebook sebenarnya cukup mudah. Kita bisa mendaftar Facebook melalui perangkat mobile ataupun dari komputer. Nah, di artikel ini saya membahas tentang cara membuat Facebook dari perangkat komputer/ laptop.

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat berbanding lurus dengan pertumbuhan pengguna situs media sosial. Salah satu media sosial yang saat ini digunakan oleh banyak orang adalah Facebook. Namun, walaupun pengguna Facebook semakin banyak, ternyata masih ada teman-teman yang belum begitu paham bagaimana cara membuat Facebook / FB.

Untuk memiliki akun Facebook tidak akan dipungut biaya alias GRATIS selamanya. Ok, buat teman-teman yang belum mengerti cara membuat akun Facebook / FB, berikut ini adalah cara mudah untuk mendaftar di Facebook. Oh ya, sebelumnya Anda harus memiliki akun email terlebih dahulu sebelum mendaftar di Facebook.

Bagi teman-teman yang kurang paham cara membuat email, silahkan membaca artikel saya sebelumnya, yaitu tentang cara membuat email baru.

I. Cara Membuat Akun Facebook

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka situs Facebook, silahkan klik link ini Facebook.com

2. Isi kolom yang sudah disediakan dengan data-data diri Anda, seperti:

  • Nama Depan: Isi dengan nama depan Anda
  • Nama Belakang: Isi dengan nama belakang Anda
  • Email Anda: Isi dengan alamat email Anda
  • Masukkan Ulang Email: Isi kembali dengan alamat email Anda
  • Kata Sandi Baru: Isi dengan kata sandi atau password yang Anda inginkan. Sebaiknya buat password yang mudah diingat tapi masih cukup kuat. Tips untuk membuat password yang kuat silahkan baca di artikel saya tentang cara membuat password yang lebih kuat.
  • Tanggal lahir: Pada bagian ini, pilihlah tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda.
  • Jangan lupa untuk memilih jenis kelamin
  • Lalu klik tombol “Mendaftar” yang ada di bagian bawah

Lihat tampilan halaman pendaftaran Facebook:

cara-daftar-facebook1

3. Akan muncul halaman berikutnya dimana kita diminta untuk mengisi informasi tambahan. Di halaman ini kita bisa melakukan beberapa hal yaitu;

  • Langkah 1: Mencari teman yang ada dalam daftar email kita yang sudah punya akun Facebook
  • Langkah 2: Mengisi nama sekolah, perguruan tinggi, tempat kerja, kota tempat tinggal, dan kota asal
  • Langkah 3: Mengunggah foto atau avatar

Namun, ketiga langkah ini bisa kita lewati atau diisi belakangan dengan menekan tombol “Lewati langkah ini” lalu menekan tombol “Simpan dan lanjutkan”. Lihat gambar di bawah ini;

cara-daftar-facebook2

Nanti akan muncul halaman baru dimana Anda diminta untuk melakukan konfirmasi melalui alamat email yang digunakan untuk mendaftar.

cara-daftar-facebook3

4. Buka email yang Anda gunakan untuk mendaftar di Facebook, lalu cari email dari Facebook. Buka email tersebut dan klik tombol yang bertuliskan “Konfirmasi Akun Anda”, nanti akan muncul halaman Facebook Anda yang baru. Sampai pada langkah ini Anda sudah berhasil mendaftar di Facebook dan sudah memiliki akun Facebook yang baru.

cara-membuat-fb

Artikel lain: Cara membuat Facebook Fans Page

II. Cara Membuat Settingan Dasar Pada Akun Facebook

Setelah berhasil memiliki akun Facebook, langkah selanjutnya adalah membuat pengaturan dasar yang sesuai dengan keinginan Anda. Diantaranya adalah menambahkan sampul/ cover Facebook, melengkapi bio, dan lain-lain. Tujuan melakukan pengaturan dasar ini adalah agar tampilan Facebook Anda terlihat lebih baik dari sebelumnya.

1. Memasang cover/ sampul: langkah pertama adalah masuk ke halaman utama akun Facebook Anda dengan cara meng-klik link nama Anda yang ada pada bagian atas kanan. Lihat gambar di bawah;

cara-daftar-facebook4

Langkah selanjutnya adalah meng-klik link yang bertuliskan “Tambahkan sampul” pada bagian kanan atas akun Facebook Anda. Lalu Anda bisa mengunggah gambar yang sesuai dengan keinginan Anda.

Bila cover/ sampul tidak sesuai dengan keinginan Anda bisa menggantinya dengan gambar yang lain. Lihat 2 gambar di bawah;

cara-daftar-facebook5

cara-daftar-facebook6

Untuk gambar cover akun Facebook Anda, bisa didapatkan melalui situs-situs penyedia cover Facebook secara gratis. Ada banyak situs yang menyediakan cover Facebook dengan desain yang menarik, dan Anda bisa mendapatkannya dengan gratis.

2. Pengaturan berikutnya adalah pengaturan akun. Pada halaman ini kita bisa mengganti nama atau menambahkan nama tengah, mengganti email, mengganti kata sandi/ password, dan mengganti bahasa. Lihat gambar di bawah

cara-daftar-facebook7

3. Pengaturan terakhir adalah pengaturan privacy. Pada halaman ini kita bisa mengatur siapa saja yang boleh melihat akun Facebook kita, siapa yang boleh mengirimkan pesan, dan lain-lain. Nanti Anda bisa mempelajarinya sendiri. Lihat gambar di bawah

cara-daftar-facebook8

Selain pengaturan yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa membuat pengaturan security atau keamanan akun Facebook Anda, melakukan verifikasi dengan mendaftarkan nomor telepon Anda, dan lain-lain. Yang penting kita ingat adalah untuk menjaga keamanan akun Facebook Anda, jangan memberikan password akun Facebook pada orang lain agar tidak dibajak orang lain dan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik.

Demikianlah penjelasan singkat cara membuat akun Facebook / FB baru. Mudah-mudahan artikel ini bisa membantu teman-teman yang belum mengerti cara daftar Facebook dan cara mengatur akun Facebook. Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan kirimkan melalui kolom komentar. Terimakasih sudah membaca artikel saya.

106 KOMENTAR

  1. Ari Kuncoro Mukti

    mas saya mau nanya, apakah membuat akun facebook tanpa e-mail itu bisa

  2. Facebook saya yg lama kena pishing , terus saya mau buat baru lagi, tapi website facebook.com setelah sy buka ternyata malah tidak bisa jadi saya harus buat dg cara yang bagaimana ?

  3. Smpe skrg ga bs buat akun fb baru. Parah bnget nih.

  4. Kalau cara yang sekarang, kalau mau buat fb lebih mudah kang. enggak perlu ribet kayak di atas itu. mungkin facebook sudah memperbaiki system nya kali ya.

  5. saya ingin membut facebook aja untuk jaga jaga

  6. Dulu sih memang mudah bikin akun fb, tapi sekarang saya udah dua kali bikin akun fb lagi eh…setiap 2-3 hari langsung tidak bisa di akses dan malah suruh cocokan gambar / foto teman anda. Mungkin setelah saya menyimak artikel disini, saya akan pikir-pikir lagi untuk membuat akun fb deeeh…
    Makasih atas informasinya…

  7. dulu gampang bnget buat fb , krang susah bnget buat fb baru , begitu banyak yg coment tntang susahn ya buat fb baru , tapi gag ada yg jawab ,

  8. dlu sya gmpang buat facebook smpe pnya dua akun mah aktf smpai skrg..kok nih mau buatin akun facebook abg sya mlah bcaan nya maf kami tdak dapat memproses pendaftaran anda..dri hp,laptop kga bsa jga jwban nya sma mllu.apakah ada peraturannya yg lain ya skrg? pliss share donk. ribet nih….udh di coba brkali2

  9. Dellia Nissabilla

    kok malah ada tulisan:
    “Maaf, kami tidak dapat memproses pendaftaran Anda”
    Caranya gimana sihh…. udah di isi lengkap, tapi ttp gg bisaaa

    • saya tidak bisa membuat facebook karena sulit dan ribet

  10. lengkap nih tutorialnya, saling berbagi ya om :)

  11. Haaaaa masa 2015 masih asa yg gak bisa daftar fb

  12. Tolongin aku cara bikin facebook dong, plisss….. udah lama nih aku pingin punya facebook :(

  13. unik. gambarnya di sembunyiin. :)

  14. Semua data yg di minta sudah di isi. Begitu di klik “mendaftar” yg muncul, Kami tidak mengenali alamat Email anda. Email saya Gmail.

  15. Komentarnya lucu-lucu mas :D
    Tapi gak tau nih kok kalau yang dicai cara daftar munculnya slalu ini terus (y)

  16. Aku ingin banget punya facebook tapi gak ada yg bisa buetin semuanya pelit kl gak ada yang bilang gmn caranya nanati aku usir cantikloh………hus hus sààaaaaaana*******(*

  17. Gmn y cara daftar facebook………?
    Bilangin gmn caranya klau ad yg tw jangan lupa inbox di fb yang bernama fifa khofifah y plicsh……….☆☆☆☆☆☆☆…….♡♡♡♡♡

  18. Iya , masak masih ada orang yang belum tahu cara daftar facebook

  19. Gimana sih malah ada tulisa maaf permintaan anda tidak bisa kami proses

  20. meltiana andrias putri

    Gmn sih…koq gx bs bkin akun facebook bru….!

  21. darapradithasyahra

    Gmna sih dh bkin fb eh mlah gk bsa,tolonk ksih cara’a yg sip donk’s!>:(

  22. sy tidak bs mendaftar akun facebook bru
    gmn caranya untuk mendaftar facebook baru???

  23. sitimuthmainnah

    udah ber’ulang kali , tapi nggak bisa juga buat fb ..
    pasti tulisannya ” maaf kami tidak dapat memproses pendaftaran anda ”
    gimana cara nya ????

    • udah berapa kali gua coba, masih aja yg muncul”maaf kamitidak bisa memproses pendaftaran anda”apa sih yang salah

  24. hamdah permatasari

    Ah susah banget sich dach berapa kali buat FB gak bisa mulu

Tinggalkan Balasan