Cara Mematikan Fitur Auto Update Aplikasi Pada Android

Cara-Mematikan-Fitur-Update-Aplikasi-Otomatis-Pada-Android

Fitur auto update pada salah satu fitur pada aplikasi Google Play Store. Secara default, android akan men-enable fitur auto update sehingga setiap ada versi terbaru dari aplikasi atau game yang terinstall pada smartphone maka #aplikasi atau game tersebut akan secara otomatis terupdate jika smartphone terhubung dengan internet.

Bagi sebagian orang mungkin hal ini bukanlah masalah besar, namun sebagian orang mengalami masalah terkait dengan ter-enable-nya fitur auto update pada google play store. Masalah yang sering dialami misalnya saja baterai yang cepat habis atau yang paling parah, penggunaan pulsa internet yang jebol karena fitur auto update tidak memandang apakah internet yang digunakan bersumber dari WiFi atau paket data.

Untuk update aplikasi dan game yang berukuran kecil mungkin memang tidak masalah karena hanya memakan sedikit bagian dari paket data, namun bagaimana jika game yang update adalah game berukuran besar seperti Asphalt 8 yang total datanya bisa mencapai 1,8GB? Bisakah anda bayangkan data 2GB anda habis dalam semalam hanya karena fitur auto update. Tentunya anda tidak ingin hal seperti itu terjadi bukan?

Memang, secara default setting update pada Google Play Store adalah auto-update. Namun tentu saja, pengguna masih bisa menggantinya asalkan tahu langkah-langkahnya. Sebagai catatan, cara dibawah ini berlaku untuk Google Play Store dengan nomor versi 5.0 keatas. Untuk aplikasi Play Store dengan nomor versi dibawahnya, bisa menyesuaikan karena selisih antara versi 5.0 keatas dengan versi dibawahnya tidak terlalu jauh. Dalam hal menu, hanya selisih pada penambahan beberapa menu dan urutannya.

Artikel lain: Cara Menjadikan Android Sebagai Pengganti Speaker Komputer

Baiklah, mari kita langsung menuju tutorial. Seperti apa cara mematikan auto update Google Play Store? Silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini:




1. Silahkan hubungkan smartphone atau tablet android Anda (selanjutnya akan disebut perangkat) pada internet, kemudian buka aplikasi Google Play Store.

2. Di halaman depan Google Play Store, silahkan lakukkan tap pada tombol baris menu yang berbentuk 3 baris horizontal yang terletak pada pojok kiri atas play store. Setelah anda melakukkan tap, maka daftar menu akan terbuka. Silahkan pilih Settings.
android 1

3. Daftar menu dalam Settings akan muncul, dari sini silahkan lakukkan tap pada Auto-update apps.
android 2

4. 3 pilihan untuk update aplikasi akan muncul yaitu Do-not auto-update apps untuk tidak melakukkan update secara otomatis, Auto-update apps at anytime. Data charges may apply untuk melakukkan update aplikasi saat ada aplikasi versi terbaru dan tanpa memandang paket data yang digunakan, serta Auto update apps over wifi only untuk melakukkan update aplikasi hanya saat perangkat android terhubung dengan jaringan WiFi.
android 3

5. Karena disini kita membahas tentang mematikan fitur auto update, silahkan pilih opsi pertama: Do-not auto-update apps untuk tidak melakukkan update secara otomatis. Setelah Anda memilih opsi tersebut, maka di bawah opsi Auto-Update Apps akan terdapat tulisan Do-not auto-update apps yang menunjukkan bahwa opsi tersebut telah aktif.
android 4




6. Dari sini kita sudah berhasil mematikan fitur auto-update di Google Play Store. Namun Anda juga bisa memberikan auto-update untuk aplikasi tertentu, caranya adalah dengan membuka aplikasi yang ingin anda enable/disable auto updatenya kemudian klik pada pojok kanan atas.

Opsi auto update akan muncul (hanya 1 opsi) dan Anda tinggal memilih untuk mencentang (nyalakan auto update) atau menghilangkan centang (mematikan auto update).
android 5

Baca juga: 5 Tips Mengoptimalkan Smartphone Android Untuk Aktivitas Bisnis

Caranya cukup mudah bukan? Jika ingin mengganti opsinya, Anda bisa memilih yang manapun yang Anda mau. Saya pribadi lebih memilih opsi auto-update yang kedua yaitu saat saya terhubung dengan jarinagn Wifi. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan dibawah, terima kasih sudah membaca.



7 total comments on this postSubmit yours
  1. udah tak matikan semua updateannya.ribut plus habisin memori aja update melulu tiap waktu muak.oh ya gan mau tanya kl gk diupdate gk ngerusak aplikasinya y?

  2. Mantep, tutorialnya lengkap banget nih, sangat menginspirasi. Thanks mas.

  3. Mas bisa kasi tutorial cara mencancel update versi android yang sudah terlanjur di klik update gak?

    • ngga bs, hrs hapus app, utk versi app yg lama tinggal cari di gugel tambahkan kata lama/lawas

  4. berhasil gan :D

  5. Thanks mas atas solusinya :D

  6. Memang sangat mengesalkan jika aplikasi update otomatis, apa lagi kuota sudah nipis . ini bisa gawat jika update otomatisnya tidak kepantau bisa ludes kuota wkwk

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud