Cara Menjadikan Android Sebagai Pengganti Speaker Komputer

Android-Sebagai-Pengganti-Speaker-Komputer

Mungkin Anda pernah mengalami masalah saat speaker komputer sedang rusak dan tidak bisa digunakan, atau saat menggunakan laptop speaker Anda sedang mengalami beberapa masalah sampai akhirnya tidak berfungsi. Tahukah anda bahwa ada solusi untuk mengatasi hal ini, yaitu anda cukup menggunakan smartphone atau tablet #android.

Android? Kita kan sedang bicara soal speaker, kenapa larinya ke android? Yap, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Anda bisa mengandalkan android Anda saat sedang mengalami masalah dengan speaker komputer atau built in speaker laptop, anda bisa menjadikan perangkat android anda baik itu smartphone maupun tablet sebagai speaker eksternal untuk menggantikan speaker Anda sementara waktu.

Penjelasan singkatnya, perangkat android Anda akan berfungsi sebagai output suara saat anda sedang membuka file musik atau video di perangkat komputer dengan jaringan Wifi sebagai media penghubungnya. Tak peduli seberapa jauh jarak antara perangkat PC dengan perangkat android, selama keduanya saling terhubung melalui Wifi maka suara akan tetap terdengar.

Dalam menjadikan android sebagai speaker eksternal atau wireless speaker, kita akan membutuhkan sebuah aplikasi bernama SoundWire yang dibuat oleh GeorgiaLabs. SoundWire sendiri adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk “mengirim” suara secara wireless dari PC atau laptop ke perangkat android yang terinstall aplikasi Soundwire. Sistem operasi yang didukung oleh Soundwire tidak hanya terbatas pada windows, tapi juga Linux.

Syarat dari penggunaan Soundwire adalah kedua perangkat yaitu PC sebagai server dan android sebagai receiver harus tersambung dalam satu jaringan wifi yang sama. Selain itu perangkat PC harus menginstall software Soundwire yang akan berfungsi sebagai server. Sebelum memulai ke tutorial pemasangan dan setting, silahkan siapkan 2 perangkat beserta softwarenya.

Artikel lain: Cara Transfer File Antara PC dan Android Melalui WiFi




Aplikasi dan Software Yang Diperlukan

1. Untuk perangkat Android, silahkan install aplikasi Soundwire dari google play store melalui link ini

2. Untuk perangkat PC, silahkan download dan install SoundWire Server melalui link ini

Setelah anda menginstall aplikasi yang dibutuhkan pada masing-masing perangkat, silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini:

1. Dengan mengasumsikan aplikasi sudah terinstall, silahkan hubungkan perangkat PC atau laptop sebagai server dan perangkat android sebagai receiver pada satu jaringan wifi yang sama.

2. Silahkan buka Soundwire Server pada PC anda, maka anda akan mendapati tampilannya seperti pada gambar dibawah ini:
soundwire_1

Terlihat pada gambar diatas, disana ada beberapa settings yang bisa Anda pilih atau sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya saja, anda bisa memilih perangkat output pada Input Select dan merekam suara dengan tombol record yang tersedia. Untuk mengatur suara, anda bisa menggunakan 3 pilihan yaitu melalui tombol volume yang terdapat pada android, volume pada windows/linux, atau melalui audio output pada Soundwire server.

Jendela Soundwire server masih menunjukkan keterangan Disconnected yang berarti antara android dan PC masih belum terhubung. Pada tahap ini, fokuskan diri anda pada bagian Server Address : 192.168.0.10

3. Silahkan buka aplikasi Soundwire pada perangkat android Anda, maka anda akan mendapati tampilan seperti pada gambar dibawah ini (Server address masih kosong):
app_soundwire_1

4. Masukkan Server address yang tercantum pada Soundwire server di PC pada aplikasi soundwire, setelah itu tap pada logo Soundwire yang terletak diatas form server sampai warna logo menjadi orange.
app_soundwire_2

5. Setelah itu cek pada Soundwire server maka anda akan mendapati bahwa statusnya sudah berubah dari Disconnected (warna merah) menjadi Connected (warna hijau).




soundwire_2

6. Dari sini wireless speaker Anda sudah siap, anda tinggal menyalakan musik atau membuka video maka audionya akan keluar melalui android. Berikut ini adalah tampilan soundwire server saat aktif:

soundwire_3

Sebagai catatan, pengoperasian Soundwire tidak membutuhkan koneksi #internet namun cukup dengan tersambung pada jaringan wifi yang sama. Dengan kata lain, anda bisa menggunakan tethering android tanpa harus tersambung dengan internet. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pada kotak komentar. Sekian untuk tutorial kali ini, dan terima kasih sudah membaca.



18 total comments on this postSubmit yours
  1. working..thank u so much maxmanroe brother

  2. Kalo laptopnya make wifi lain buat buka youtube , suaranya keluar gk ?

  3. Kok aku ga bisa yaa gan timbul bacaan wifi not connectes

  4. Makasih broo…artikel sangat membantu banget akhirnya gua bisa dengar suara video tanpa harus ada speaker :) (y)

  5. Keren bang ! Makasih, sangat membantu.. :D

  6. Aku kok ga bisa y, setiap aku pencet konek pasti wifi tidak ditemukan, tolong dong gan gmn cara nya

  7. Makasih, guna bgt hihi

  8. kok delay ya??cara biar gk delay gmn gan

  9. Kudu wifi ya? Gak bisa pake usb?

  10. Gan kalo android udah di jadikan speaker pc,internet pc terputus ga.??

  11. ane kasih saran, kalo biar gk delay, pergi ke pengaturan Soundwire dihp kalian , lalu ada tulisan “audio buffer size” lalu kalian pilih yg 8k :D

  12. keren nih buat jaga2 kalo speaker mati :D

  13. mantab nih, bisa digunakan kalo lagi maen di warnet :D

  14. Kok alamat servernya unknow?

  15. mantep gan,ijin copas

  16. pc to android succes gan ….. :D
    klo dari android to android gmna ya gan?

  17. Kok delay ya?
    Gmn.biar.gak.delay?

  18. Bisa atau tidak jika menghubungkan dari android

Submit your comment

Please enter your name

Your name is required

Please enter a valid email address

An email address is required

Please enter your message

© 2018 Maxmanroe.com - All Rights Reserved. Server by GoCloud